Sunday, May 29, 2016

Cara Mengatasi Masalah Lukisan Yang Tidak Realis

Apa kabar Sahabat Kreatif!!!

Semoga semakin kreatif berdasarkan artikel-artikel saya. Sebelumnya saya ingin bertanya. Pernah gak kamu pernah merasa hasil gambar yang kamu lukis itu gak nampak hidup dan masih belum real?

Pasti pernah kan? Kita sama, aku juga pernah mengalami hal seperti itu kok sampai sekarang pun masih sering mengalami hal seperti itu dan siapapun pernah ku rasa, namanya aja belajar jadi ya harus melalui banyak kegagalan dulu. Sehingga kita bisa termotivasi tuk belajar lagi untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.  

Seperti yang kita tahu bahwa seni itu pekerjaan yang  halus, menggambar yang realistis tentunya membutuhkan tangan dan pikiran yang santai, tapi dengan setiap langkah-langkah kecil setiap hari pasti bisa.

Namun banyak juga sih orang berhenti berkarya ketika melihat hasil karyanya nampak seperti kurang dan kurang dari realitas, karena keraguan akan kemampuan diri yang bisa dikembangkan dan mereka mulai menyalahkan diri sendiri. Mungkin kita belum membuat cukup jauh untuk mengalami "Gambar mati" dan baru memulai aja kita udah mulai Anda bingung? Ini adalah siklus menyedihkan, sayangnya untuk begitu banyak, menyebabkan menyebutnya berhenti.

Jika kita merasa diri Anda dalam posisi ini, aku ingin mengundang kamu untuk mengambil langkah mundur dan mengevaluasi kembali mengapa kita terjebak dalam siklus ini dan putus asa.

Aku bukan psikolog. Dan aku pasti bukan pembaca pikiran, Tapi aku punya firasat kuat bahwa aku tahu persis di mana akar masalahnya terletak. Paling sering, apa yang kutemukan adalah bahwa kita mengalami perjuangan ini ketika kita tidak memiliki dasar yang kuat. Gak peduli apakah itu menggambar, memainkan alat musik, atau memecahkan masalah matematika yang kompleks:

Intinya, tanpa pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar, itu hampir tak terelakkan bahwa kita akan "menabrak dinding" hehe seperti itulah istilahnya. Di beberapa titik! aku tidak mengatakan ini untuk membuatmu merasa putus asa sebaliknya datang ke kesimpulan ini adalah kunci untuk pertumbuhan sebagai seorang seniman! Sekarang kita tahu di mana masalahnya terletak, Anda dapat mengatasi itu di kepala kita, dan di sanalah saya dapat membantumu. kita bisa mengatakan gejala ini sebagai "kekurangan yang mendasar" oleh karena itu lagi-lagi saya katakan dari posting sebelumnya tentang langkah-langkah dasar.

Itu sebabnya saya merasa yakin bahwa jika kita dapat mengambil langkah mundur dan meninjau (atau belajar untuk pertama kalinya) prinsip-prinsip penting menguasai mereka dan kita akan melihat perubahan positif pada gambar kita nantinya, terlepas dari pengalaman dan tingkat keterampilan kita! Dan Itu juga sebabnya saya melakukan apa yang saya lakukan! Saya ingin melihat kita sama-sama berhasil dalam menggambar dan tidak ada cara yang lebih baik yang saya tahu untuk keluar dari liang dan secara dramatis meningkatkan keterampilan menggambar kita daripada untuk menguasai dasar-dasarnya.

Semoga bermanfaat
Salam Kreatif!!!

Huslein Slash

Friday, May 27, 2016

Alasan Mengapa Orang tidak Belajar Menggambar

Apakah Anda tahu alasan mengapa orang tidak belajar seni?

Tampaknya cukup konyol ketika Anda berpikir tentang hal itu.

Ada jutaan orang di luar sana yang belum mengikuti impian mereka menjadi artis atau seniman professional hanya karena seseorang telah berbohong kepada mereka. Dan mereka percaya pada kebohongan ini berarti perbedaan antara menjadi seorang seniman sukses dan seseorang yang terkunci atau menutup diri dari impian yang mereka capai.

Pada beberapa titik dalam hidup mereka, seseorang disajikan dengan gagasan bodoh bahwa seni adalah hanya untuk beberapa orang yang beruntung saja. Mereka yang lahir dengan kebohongan ini telah beredar selama beberapa generasi, dan telah mencegah jutaan seniman potensial berbakat yang menciptakan karya yang bernilai seni yang tinggi! Dan di di samping itu, kita telah tahu bahwa kita semakin tua untuk mendapatkan sedikit kesempatan kita untuk mencapai mimpi tersebut.

Bahkan, itu seperti kepercayaan populer bahwa kita bahkan telah menciptakan istilah untuk itu. "Anda tidak bisa mengajar anjing tua trik baru."

Tapi kabar baiknya, Perkembangan terbaru dalam ilmu pengetahuan dan psikologi sama-sama telah terbukti ini hanya tidak benar. Kita telah menemukan bahwa pikiran adalah jauh lebih kuat daripada yang kita bayangkan. kita memiliki kemampuan alami yang tumbuh secara harfiah dan pikiran-terlepas dari usia kita! Otak kita hidup, tumbuh, organ yang mampu memperoleh keterampilan dan bakat-bakat baru.artinya walaupun kita sudah tua, bukan mustahil kita masih bisa mempelajari hal-hal baru yang belum tercapai.

Jadi apa artinya ini bagi kita?

Ini berarti bahwa, meskipun pendapat populer atau apa yang telah kita ketahui, kita masih bisat menjadi seorang seniman. Hanya saja kita perlu mengikuti langkah-langkah yang benar untuk menambahkan kemampuan yang dibutuhkan ke dalam otak kita.

Bagaimana cara kita melakukannya?

Membuka keterampilan menggambar kita. Tenang aja Ini bukan seperti jenis latihan yang Anda lakukan di gym. (Yang satu ini bisa menjadi jauh lebih menyenangkan.) Namun, seperti latihan fisik membantu otot Anda mendapatkan lebih kuat dan tumbuh lebih besar, ini semacam latihan sederhana telah terbukti untuk membantu otak kita tumbuh lebih kuat, lebih tajam, dan, bila dilakukan dengan benar, akan memberikan bakat-bakat baru yang Anda pikir Anda tidak pernah bisa dicapai.
Jadi, apa jenis "latihan" dapat banyak membantu kita?

Kuncinya adalah untuk mengambil langkah-langkah kecil dan untuk fokus pada satu langkah pada satu waktu. kita harus melalui aktivitas untuk setiap langkah sampai menjadi nyaman, dan kemudian beralih ke tindakan sederhana berikutnya. Sangat penting bahwa setiap langkah dalam proses dibangun di atas langkah sebelum. Otak kita harus dapat menghubungkan konsep baru dengan bagian dari otak Anda yang telah dikembangkan pada langkah sebelumnya.

Ini berarti proses yang harus kita ikuti dan dirancang untuk memberikan langkah-langkah kecil dengan latihan yang membangun satu sama lain sehingga otak kita mampu memproses secara efisien. Jika informasi yang tidak dalam format yang dapat kita mengambil tindakan, itu tidak akan menempel, dan kita tidak akan mendapatkan keterampilan yang diinginkan.

Belajar untuk memainkan alat musik adalah contoh yang bagus dari prinsip ini dalam tindakan. Kita mulai belajar untuk memainkan skala. Pada saat itu skala ini tampak kasar dan monoton, tapi apa yang tidak Anda sadari adalah bahwa otak kita tumbuh melalui pengulangan ini. Dalam waktu, skala ini menjadi seluruh lagu.

Ini sama dengan keterampilan yang dipelajari seperti menggambar. Ketika Anda bergerak melalui setiap langkah yang kita diberikan dan mengambil tindakan di atasnya, kita terhubung dengan semua hal-hal lain yang kita tahu berhubungan dan membantu otak kita mengembangkan keterampilan menggambar Anda.

Karena ini semua berarti bahwa kita dapat memperoleh keterampilan menggambar yang jauh melampaui apa yang pernah kita bayangkan!

Betul. Menggambar adalah keterampilan benar-benar dipelajari! Tidak peduli apa yang  mungkin kita percaya di masa lalu, kita benar-benar bisa mendapatkan di mana kita ingin pergi. Oleh karena itu kita harus mempelajarinya langkah demi langkah untuk menghasilkan karya yang luar biasa yang tak pernah terpikirkan kita akan mampu membuatnya.

Wednesday, May 25, 2016

Tips Untuk Mengatasi Kegalauan Dalam Menggambar!

Setiap orang atau pun seniman pasti pernah merasakan buntu tidak tahu menggambar apa. Ada saat-saat ketika otak kita hanya membeku dan kita mendapati diri kita dengan sebatang pensil di tangan sambil menatap lembaran kertas kosong murni kertas putih mencoba untuk memulai menggambar sesuatu. Kita berharap ada sesuatu ide yang muncul di kepala kita untuk menggambar sebuah objek, tetapi kita tidak bisa menemukannya dan kita hanya tidak tahu apa yang menarik untuk digambar!

Bahkan, hampir merasa seperti semakin lama kita duduk di sana semakin memaksa ide untuk keluar dan mencoba untuk memulai proyek gambar kita di hari itu, semakin kita memaksa otak kita untuk berpikir dan menolak untuk mengalah. Hal ini bisa membuat kita frustrasi, dan membuat kita merasa benar-benar tidak kreatif, produktif dan kurang inspirasi.

Terus jika sudah begitu apa yang harus kita lakukan?

Untungnya, ada beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk meringankan beban atau pun rasa frustrasi kita, dan mencari beberapa renungan.

Pertama, biarkan saja!

Hal pertama yang harus kita lakukan ialah untuk sejenak lupakan saja tentang gambar kita selama lima menit. Kita bisa meletakkan pensil dulu ke bawah, dan menjauh dari kertas dan melakukan sesuatu yang lain, seperti membuat minuman panas, membaca koran, menonton televisi atau hanya sesuatu yang lain! Hanya berhenti berusaha untuk memaksa pikiran kita.

Ini akan membantu kita untuk bersantai dan untuk membersihkan pikiran yang menyumbat pikiran kita, sehingga ketika kita memutuskan untuk mengatasi masalah ini dalam paragraf berikutnya kita akan dapat fokus jelas apa yang akan keluar ide di pikiran kita. Otak kan butuh istirahat juga jadi jangan terlalu dipaksakan, relaks aja dan tenangkan dulu pikiran kita.

Tanyakan Pada diri Sendiri

Tahap kedua yang harus kita lakukan ialah tanyakan pada diri sendiri mengapa kita ingin menggambar sesuatu. Tidak lebih berpikir pertanyaan; hanya memberikan diri satu jawaban tumpul sederhana dengan cepat, misalnya:
" Saya bosan!"
atau
"Saya ingin menghasilkan sebuah karya!"
atau
"Saya harus memenuhi batas waktu!"
Semua jawaban cepat yang akan memandu otak kita menemukan ide kreatif.

Perhatikan di sekitar kita

Jika tahap satu dan dua belum membantu, dan kita masih juga belum menyerah untuk menemukan ide, cara lainnya ialah lihat di sekitar kita apa objek yang paling menarik untuk memulai proyek gambar kita. Ini ialah salah satu motivasi dari pembimbing saya yang selalu ku ingat sampai sekarang. Beliau pernah berkata “jika kamu tidak punya ide untuk menggambar sesuatu lihatlah sekelilingmu dan lukis apa yang kamu lihat yang menurutmu tertarik untuk menggambarnya” kalau dipikir-pikir sih benar apa katanya karena otak kita tidak selalu menemukan sebuah ide dan ada saat-saat pikiran kita mulai buntu.

Jalan-jalan
       
Bisa jadi kita tidak bisa menemukan ide lantaran kita stress. Jika itu terjadi coba lah keluar dari dunia sempit kita dan mulai berjalan kemana pun yang kita inginkan. Sekedar mencari inspirasi dan ide. Ini bukan sekedar jalan-jalan tapi dengan tujuan mencari inspirasi dan observasi dengan begitu tak jarang kita mendapatkan ide melalui perjalanan dan biasanya kita menemukan ide dengan melihat sesuatu dan detailnya juga kita perhatikan. Apabila sudah dapat kembalilah dan pegang kembali pensil dan kertas yang tadi kita simpan.

Cuma itu dulu saran dari saya. Mungkin teman-teman ada yang ingin menambahkan silahkan dikomen aja.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba
Salam Kreatif!!!

Huslein Slash

Cara Belajar Menggambar Bagi Pemula

Hello Sahabat Kreatif!!

Hari ini saya akan berbagi bagaimana teknik menggambar bagi pemula dan yang harus diikuti agar kemampuan kita meningkat dari hari ke hari sampai menjadi master .

Sebenarnya sangat banyak cara atau teknik bagaimana menggambar wajah Step By Step. Tutorial Menggambar ini merupakan tantangan baru bagi kita, dan kita memiliki sedikit pengalaman bagaimana gambar wajah itu. Saya telah mengumpulkan teknik menggambar dengan pensil. Teknik ini sangat pendek dan sederhana. Ada beberapa latihan bagi kita untuk berlatih sebelum mempelajari lebih jauh ke dalam langkah demi langkah tutorial menggambar. Latihan-latihan ini sangat mendasar, mudah untuk mengikuti dan dapat dicapai dalam waktu singkat. Bahkan tidak lebih dari setengah jam.
Tapi setiap latihan sangat penting, dan saya sarankan jika anda serius tentang belajar menggambar wajah dengan pensil. kita tidak hanya menyelesaikan masing-masing, tetapi kita berlatih masing-masing berulang-ulang sampai kita telah menemukan suatu cara untuk menarik bahwa kita merasa nyaman dengan dengan cara atau teknik tersebut.
Menemukan Teknik sendiri bagaimana cara menggambar

Setiap dari kita tentunya memiliki cara mereka sendiri dalam melakukan sesuatu. Begitu juga dengan menggambar semua orang mempunyai cara tersendiri bagaimana cara memulainya. Kita semua akan tahu metode yang bertentangan bagaimana melakukan sesuatu dengan teknik-teknik tertentu, dan aturan yang berbeda untuk mematuhi dan apa yang harus dan tidak boleh dilakukan.
Yang benar adalah meskipun, tidak ada aturan. Hanya pengalaman kita sendiri praktek yang baiklah yang menentukan cara yang nyaman dan mudah dipelajari. Apa yang mungkin saya sarankan bekerja untuk saya, hanya waktu yang mungkin menemukan perbedaan cara yang lebih nyaman untuk melakukan untuk diri sendiri.
Jadi,  Apa Pelajaran Pertama ...?
Jadilah Diri Sendiri.
Tentu, teknik menggambar dengan pensil akan menunjukkan kepada kita adalah tempat yang sangat baik untuk memulai, dan keterampilan yang kita akan gunakan tidak peduli bagaimana kita mengembangkan metode dalam pembelajarannya untuk menarik tantangan kita. Tapi, seperti yang kita lakukan mendapatkan kepercayaan, jangan takut untuk mencoba cara kita sendiri. Tidak ada benar atau salah, dan ini adalah satu-satunya cara kita akan benar-benar belajar gaya kita sendiri bagaimana menggambar wajah dengan pensil.

Dan, jangan biarkan siapa pun yang memberitahu kita "yang kita lakukan itu salah!". Karena tidak ada yang salah dalam menggambar bagaimanapun bentuknya. Tidak ada Artist, atau siapa saja yang tahu lebih baik daripada orang lain. Hanya seniman yang berbeda dengan metode yang berbeda! untuk itu kita harus menjadi diri sendiri dan menggambar dengan cara yang sesuai dengan kenyamanan kita.