Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

03 May 2016

Cara Membangun Jaringan Relasi


    Meskipun banyak orang mengaku mengenali pentingnya bersosialisai dengan orang lain, bergabung dengan komunitas kecil atau organisasi dan membangun realsi, tetepi hanya sedikit yang benar-benar termotivasi untuk melakukan hal tersebut. Karena sebagian boring merasa kesulitan akibat rasa malu atau segan, sedangkan sebagian lain tidak cukup keberanian untuk mendekati orang orang asing atau orang-orang baru, atau orang yang mereka anggap lebih penting meskipun mengeluti hobi atau bidang sama. Banyak orang tidak menyukai kegiatan membangun jaringan relasi karena mereka merasa sedang memanfaatkan orang lain. Padahal coba kita piker, kita tidak bisa hidup sendiri apa saja yang kita lakukan pasti membutuhkan bantuan orang lain. Namun belajar mengambil manfaat dari pengetahuan orang lain dan membuat komitmen untuk memanfaatkan hubungan merupakan bagian penting dari meniti hidup yang lebih baik.
    
Meningkatkan ketrampilan membangun jaringan relasi bias membantu kita mengatasi kesulitan. Membangun jaringan relasi adalah ketrampilan yang bias dipelajari. Seperti berbicara di depan umum.

        Ada beberapa langkah yang perlu kita ketahui sebagai pembangun relasi yang lebih handal

1. Berinteraksilah lebih dahulu
         Ambil inisiatif untuk bertemu orang lain yang sebelumnya belum pernah berinteraksi dengan kita. Apabila memiliki rasa takut ditolak, ingatlah bahwa hal terburuk yang bisa terjadi saat mencoba berhubungan dengan orang yang kurang bersimpati adalah penolakan halus.

2. Olah hubungan anda
            Apabila kita sudah menemukan orang-orang baru yang kita jumpai tadi, coba lah memberikan identitas kita dan sebaliknya minta identitas mereka seperti nomor Hp, alamat Email, pin BB agar kita bisa berhubungan kembali dengan orang-orang yang pernah kita temui sembari membangun jaringan relasi. Lalu, tentukan jajni bertemu untuk sekedar minum kopi atau makan.

3. Tetap lakukan kontak dalam situasi apapun
       Perkuat hubungan secara terus-menerus baik melalui telpon, sms, chat ataupun dengan mengirimi email kepadanya. Berikan informasi yang menurut anda menarik bagi kenalan baru. Ajak lah mereka buntuk ikut dalam acara khusus yang kita berdua sukai. Seperti hobi yang mungkin sama

4. Jadilah pembangun relasi bagi orang lain
       Maksudnya disini kita bisa saja memperkenalkan orang lain kepada kenalan kita untuk menambah keakraban kita dan saling mengenal satu sama lain. Jadikan diri kita sebagai pembuka pintu yang bermanfaat yang mampu menolong orang lain menemukan orang yang mereka cari.

0 comments:

Post a Comment