Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

09 May 2016

Cara Melihat Dengan Sudut Pandang Baru dan Manfaat dari Perjalanan (Traveling)

Selamat malam sahabat kreatif. Semoga selalu menjadi pembaca yang setia. Kali ini saya akan share tentang cara mengambil manfaat dari hobi kebanyakan orang saat ini yaitu jalan-jalan sambal foto-foto ke tempat-tempat yang menarik.

Baiklah langsung saja, seperti yang kita lihat sekarang ini, salah satu hobi yang sangat banyak digemari oleh orang-orang ialah jalan-jalan yang dikenal dengan istilah inggrisnya “traveling” yang tidak mengenal usia. Kebanyakan dari kita setiap hari libur sudah pasti kita butuh jalan-jalan (traveling) untuk menghabiskan masa liburan ke tempat-tempat yang mereka ingin kunjungi. Baik itu di pantai, di gunung ataupun di tempat-tempat bersejarah. Tujuannya pun bermacam-macam ada sebagian sekedar refreshing untuk menghilangkan rasa penat, menghabiskan waktu bersama kekasih, keluarga dan ada juga cuma sekedar pelepas rasa bosan dan foto-foto.

Untuk yang suka jalan-jalan, cobalah jangan hanya sebatas jalan-jalan dan waktu terbuang sia-sia. Karena kita kaji sebenarnya ada manfaat yang bisa kita ambil dari perjalanan kita tersebut. Untuk memetik hikmah dari perjalanan, yaitu terlebih dahulu kita harus berpikir dan bertindak sebagai penjelajah, bukan sebagai turis atau wisatawan pada umumnya. Para penjelajah berusaha memahami hati dan jiwa tempat yang mereka kunjungi. Sedangkan para wisatawan hanya melihat-lihat permukaannya saja.

           Berikut ada empat saran bagaimana jalan-jalan sebagai penjelajah.

1.  Memperdalam Suatu Pengalaman, Bukan Memperbanyak Jumlah Tempat yang Dikunjungi.
    
    Jika kita mencari sudut pandang baru atau manfaat dari jalan-jalan, cam kan bahwa nilai sebuah perjalanan tidaklah terletak pada kuantitas tempat yang kita kunjungi, melainkan pada kualitasnya. Jangan mencontohkan wisatawan yang melakukan touring 5 provinsi dalam 1 minggu. Menurut saya itu sangat melelahkan dan membingungkan karena terlalu banyak sensasi yang didapat. Hal itu cuma bisa membebankan kita karena tubuh kita butuh istirahat juga kan?

Oleh karena itu, jika melakukan perjalanan ke suatu tempat cobalah untuk menetap dalam beberapa hari bahkan 1 atau 2 minggu saja jika ingin mendapatkan sudut pandang baru, pengalaman, inspirasi dan sebagainya. Dengan begitu, disana kita bisa meresapi lebih banyak detail tentang suasana tempat, keindahan panorama bahkan gaya hidup, kebudayaannya (jika suatu daerah yang kita kunjungi).

2.  Selami Tempat Tersebut Hingga Tuntas.

Sebelum kita berangkat terlebih dahulu cari informasi dan petunjuk tentang tempat tujuan kita dengan tuntas. Jelajahi tempat-tempat tersembunyi yang bahkan kebanyakan orang belum mengetahuinya, bukan hanya tempat yang sering dikunjungi banyak wisata pada umumnya. Karena tempat yang belum sering dikunjungi itu lebih menarik dan sensasinya luar biasa ketimbang tempat yang sudah biasa.

Kalaupun kita ke tempat yang banyak wisatawannya, cobalah memilih untuk terpisah dan mencari tempat yang perlu diselami lagi seperti asal usul, tahun terbentuk dan ciri khasnya dan usahakan untuk bertanya kepada warga setempat mengenai tempat tersebut sehingga kita bisa memiliki wawasan lebih dari orang-orang yang hanya bisa menikmati tempat itu saja.

3.   Gali Informasi Langsung dari Sumbernya

Jika kita jalan-jalan karena suatu alasan seperti berkunjung ke rumah saudara yang jauh dari tempat tinggal kita atau pesta teman sekolah kita. Pastikankan bahwa kita berkesempatan untuk mengenal lebih jauh lagi tentang penduduk asli daerah tersebut. Seperti yang saya jelaskan di atas tadi, cara terbaik adalah dengan melakukan obrolan ringan dengan warga setempat misalnya petani, nelayan, penjaga toko atau orang-orang lain yang kita jumpai selama disana. Orang-orang tersebut merupakan sumber yang kaya akan informasi tentang kebudayaan, gaya hidup, adat istiadat dan kehidupan sosial serta bisa memberikan kita nasehat yang bermanfaat dan banyak hal yang bisa kita ambil.
Kadang-kadang, mereka ini sangat terkesan dengan sikap bersahabat dan terbuka yang kita tunjukkan daripada hanya diam, takut bertanya dan sok gengsi. Sehingga tanpa segan-segan akan menunjukkan berbagai tempat, lingkungan, dan pemandangan yang tidak umum, yang jarang dilihat turis-turis lain. Oleh karena itu gunakan akal sehat dan sopan santun kita.

4.   Ajukan Pertanyaan Atau Soal Yang Sulit Sehingga Kita Terdorong Untuk Belajar

Jangan sesekali membuat perbandingan yang dengan sendirinya membuktikan bahwa kebudayaan dan adat istiadat kita lebih baik ataupun unggul. Akan tetapi kita harus mencari sendiri dan membuktikan bahwa prasangka kita salah. Untuk itu tantanglah sudut pandang kita dengan mempertanyakan asumsi kita selama ini tentang hidup seperti:
  • ·         Bagaimana suasana tempat ini secara keseluruhan?
  • ·        Apa yang membuat penduduk daerah ini merasa gembira dan apa yang membuat mereka sedih?
  • ·         Bagaimana sikap penduduk mengenai pekerjaan?
  • ·         Bagaimana kehidupan bermasyarakat di daerah ini?
  • ·         Bagaimana adat perkawinan di daerah ini
  • ·         Dan sebagainya

Mengenai cara mendapatkan sudut pandang dan manfaat dari perjalanan sudah saya kupas satu persatu, bagaimana pendapat sahabat kreatif? Adakah cara yang lebih baik yang bisa dilakukan?

Setiap manusia tentunya selalu punya pendapat yang berbeda tetapi tetap saja mereka bisa menerima pendapat orang lain jika lebih tepat darinya. Dan termasuk cara menyelesaikan masalah. Mungkin itu saja sedikit saran dari postingan saya hari ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Salam Kreatif !!!

Huslein Slash

0 comments:

Post a Comment