Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

20 May 2016

Cara Menggambar Sketsa Wajah Realis dengan Bantuan Android Step by Step

Salam Kreatif!!!

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa saya akan memberikan tips yang bermanfaat. hari ini saya akan membagi tips bagaimana cara menggambar wajah realis dengan memanfaatkan teknologi yang ada sekarang ini.

Perkembangan Teknologi jaman sekarang telah mempermudah kita melakukan sesuatu. Baik di bidang kesehatan, industri, bisnis dan sebagainya. Salah satu teknologi tersebut ialah Android. Penggunaan Android sangat pesat bahkan mengalahkan penggunaan komputer. Hampir semua orang sudah memiliki android untuk mengakses internet, sosial media, untuk kemudahan bisnis, dan fotografi serta kesenian. Namun kebanyakan dari kita cuma memanfaatkannya untuk hal biasa saja tanpa terpikir memanfaatkannya untuk melakukan pekerjaan kreatif. Oleh karena itu hari ini saya akan memberikan tips bagaimana memanfaatkan android untuk menggambar wajah realis.

Menurut pengalaman saya, Sebelum saya memiliki sebuah android, saya merasa kesulitan untuk menggambar karena cuma melihat foto hasil cetakan. saya mencari cara bagaimana mempercepat kinerja saya dalam menggambar dan akhirnya membeli sebuah android. Selain itu juga mempermudah saya mengakses informasi dan mempromosikan hasil karya saya. Mengapa saya memilih android? Karena mudah dibawa kemana aja, ringan dan bisa memperbesar ukuran foto yang akan saya gambar. Namun tidak hanya android, komputer, laptop juga sama fungsinya.
Langsung saja bagi yang memiliki hobi menggambar atau yang ingin belajar menggambar. Mari kita praktekkan bagaimana Menggambar step by step dengan memanfaatkan android atau laptop. Terlebih dahulu pilihlah satu foto di galeri anda yang tertarik untuk digambar. Apabila sudah ada silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.



Tahap 1. Persiapkan Peralatan

Seperti biasa sebelum menggambar pastinya kita siapkan peralatan untuk menggambar seperti : kertas, pensil mulai dari HB sampai 8B atau sesuai tingkat kehitaman yang kita inginkan, penghapus dan peralatan lainnya.
Tahap 2. Membuat Sketsa Dasar
Sama halnya dengan menggambar biasa, pertama membuka file foto ukuran yang ingin saya gambar kemudian saya membuat sketsa kasar wajah dari atas sampai bawah. Usahakan untuk sketsa dasar jangan membuat garis terlalu gelap. Jadi sahabat bisa menggunakan pensil HB  karena tidak terlalu gelap dan tidak terlau terang. Langkah ini sangat penting dalam memperoleh hasil yang baik. Jika garis yang sahabat buat tidak mirip orang, maka hasil  akhir sahabat juga tidak akan  baik. Oleh karena itu luangkan waktu sahabat hingga  mendapatkan bentuk dan proporsi yang benar. Tidak perlu terburu-buru kalau ingin hasilnya lebih bagus. saya biasanya membuat sketsa dasar bahkan bisa sampai satu jam.


Tahap 3. Mulai dari bagian atas atau Rambut.
Pertama-tama screenshot dulu foto di androidmu bagian rambutnya, kemudian silahkan perbesar ukuran gambarnya, Sahabat bisa sesuaikan dengan ukuran kertas misalkan ukuran A4 atau A3. mengapa kita mulai dari rambut karena memudahkan kita bekerja dari atas, jadi nanti tidak perlu lagi berulang-ulang. Jadi saya mulai dari atas ke bawah, kiri ke kanan. Namun tidak harus seperti saya karena setiap orang pasti mempunyai cara tersendiri dari mana dia harus memulainya. sekarang perhatikan rambut pada gambar lihat secara detail kemana arah rambutnya dan bagaimana tingkat gelap terangnya. Oleh karena itu saya langsung menarik garis rambut dengan pensil 2B, dan 4B dan menggunakan pensil mekanik untuk mendapatkan hasil yang lebih halus.
Tahap 4. Dahi atau kening
Setelah kita selesai dengan rambut, sekarang kita menuju kebawah rambut yaitu dahi atau kening. sama seperti di atas. screenshot lagi khusus untuk area tersebut sehingga memudahkan kita untuk menggambar detail persis seperti gambar aslinya. Perhatikan dimana letak gelap dan dimana yang lebih terang. kita bisa mengedit foto dalam bentuk hitam putih supaya lebih mudah. Seperti di gambar aslinya, dahinya tidak terlalu gelap ataupun terang jadi saya mengarsinya dengan menggunakan pensil mekanik HB 0.05 mm karena lebih halus. Ingat ketika mengarsir jangan ditekan tapi buatlah sapuan-sapuan halus di atas kertas tersebut, lakukan pelan-pelan hingga menutupi semua area. Jika kita menekan maka takutnya kita kehilangan bentuk dan tetap bergaris walaupun kita sudah menghapusnya.
Screenshot_2016-05-19-18-30-35.png
Tahap 5. Alis dan Lingkaran mata.
Selanjutnya kita turun lagi ke bawah yaitu bagian alis. screenshot lagi di area tersebut. lihat dsan perhatikan bagaimana bentuk alisnya dan tingkat kegelapannya, arsir secara teratur kita bisa memulai sebelah kanan atau sebelah kiri duluan. bandingkan dengan gambar aslinya sampai benar-benar cocok. Kemudian turun lagi di area lingkaran mata atau kantong mata atas dan bawah. sesuaikan dengan kegelapannya, perhatikan bentuk matanya jangan sampai menarik garis miring karena akan sangat berpengaruh terhadap kemiripannya. ikuti arsirannya sesuai dengan arah garis yaitu dari bawah ke atas. apabila sudah selesai yang satunya maka beralih ke mata satunya lagi dengan cara yang sama. Disini saya menggunakan pensil 2B saja karna saya pikir cocok.
Tahap 6. Bola Mata

Masih di bagian mata yaitu menghitamkan bola mata. ini yang harus diperhatikan kemana arah pandangan objek tersebut. apabila kita keliru menarik garis sedikit saja itu akan berpengaruh terhadap hasilnya jadi harus hati-hati. Jangan menekan sehingga garisnya tidak tampak. mulai Arsir bagian pinggiran bola mata dengan pensil 2B dan 4B dibagian pupil mata. terus bandingkan dengan gambar aslinya. kemudian dibagian pinggir mata arsir dengan menggunakan pensil HB agar tidak nampak terlalu putih.

Tahap 7. Hidung
Sekarang kita menuju ke bagian hidung. Untuk membuat hidung kehilahan mancung dan real. pertama arsir bagian sampingnya dengan arsiran miring dari bawah ke atas. kita lihat di bagian tengahnya lebih terang jadi buat usahakan untuk tidak mengarsir bagian tengah hidung, itu bisa terakhir kita sesuaikan. jika ingin cepat kita bisa menggosok pakek jari atau kapas. lakukan perlahan sampai sampai sama dengan bentuk aslinya, perhatikan gelap terang. yang paling penting perhatikan jarak hidung, lebarnya dan panjangnya hidung. Buat lobang hidungnya dan arsir yang lebih gelap dari batang hidung.

Tahap 8. Pipi sebelah kiri dan Pipi sebelah  Kanan


Untuk menggambar bentuk pipi saya awali pipi yang sebelah kanan. saya membuatnya dengan hati-hati sehingga pipi tidak telihat datar, jadi terlebih dahulu saya menghitamkan bagian pinggiran pipi dan menarik garis sesuai dengan gambar. mulai dengan batas hidung dan juga untuk tulang pipinya. setelah selesai dengan pipi kiri barulah saya menuju pipi kanan. Dengan cara yang sama, tetapi seperti yang kita lihat bahwa pipi kanan lebih gelap  dan juga lebih ramping daripada pipi kiri jadi saya menambahkan kegelapannya dibandingkan dengan pipi kiri. saya menggunakan pensil HB untuk mengarsir pipi baru ditambah dengan pensil 2B untuk yang lebih gelap.



Tahap 9. Batas Antara Hidung dan Bibir


      Kemudian setelah marilah kita menuju ke tahap selanjutnya yaitu kita bermain di batas antara hidung dan bibir. Pertama lihat gambar yang sudah kita sediakan, di bagian itu mulailah dari lengkungannya. kemudian barulah kita hitamkan daerah tersebut. disitu juga terdapat bayangan hidung jadi diharapkan untuk lebih hati-hati. dan seperti yang kita lihat disitu juga terdapat kumis tipis. oleh karena itu untuk membuat kumis kita gunakan pensil mekanik biar kehilangan lebih halus. silahkan arsir dari dari tengah ke samping dan kebawah  dengan tarikan miring.


Tahap 10 bibir


Masih dengan cara yang sama, sekarng kita menuju ke bibir. bibir ialah suatu objek yang sangat sensitif sama halnya dengan mata dan hidung karena are bibir itu lembut sehingga harus lebih hati-hati, jangan membuat garis-garis kasar yang sulit untuk dihapus. untuk itu mulailah dari bibir atas, arsirnya pun tidak seenak hati tapi gunakan teknik menariknya dari bawah ke atas karena bawah lebih gelap dan juga bagian atas bibir terdapat warna terang. itu lah perjuangan kita membuat bibir. saya selalu merasa kesulitan di bagian bibir. Jangan mengarsirnya secara horizontal tapi harus secara vertikal dan membuat sedikit bergulung. Sesuaikan juga ukurannya bibir atasnya, panjang bibir dan bentuknya. setelah selesai barulah kita menuju ke bibir bagian bawah. pertama arsir bagian gelapnya yaitu di samping-samping bibir. disitu agak masuk ke dalam sedikit dan lebih gelap. untuk bibir bawah caranya kebalikan dari bibir atas yaitu dengan cara dari atas ke bawah (vertikal) dengan sedikit arsiran menggulung. gelapkan bagian samping kiri ndan samping kanan bibir dan bagian tengahnya dengan arsiran tipis saja. oleh karena itu gunakan pensil HB dan 2B untuk daerah bibir.

Tahap 11. Rahang kiri dan Kanan
Baiklah sekarang saatnya kita bermain di area rahang. sesuaikan bentuk rahang, baik itu lengkukannya dan juga kegelapannya usahakan untuk tidak menarik garis miring karena akan mengubah proporsi wajah, oleh karena itu kita harus mengukur jarak antara bibir dan rahang, dan jarak telinga dengan rahang hingga sesuai dengan gambar aslinya.






Tahap 12. Dagu
Kemudian ayo kita bermain di area dagu. juga berpengaruh sama halnya dengan rahang. kalo bisa gunakan pengukur untuk mengukur jarang batas hidung ke dagu atau jarak bibir ke dagu. pada gambar bisa kita lihat ada sedikit janggut tipis kita mulai mengarsir bagian bawah terlebih dahulu dengan cara mengikuti arah dagu yaitu dari atas ke bawah dengan sedikit miring. gunakan pensil mekanik untuk membuat jenggutnya.

Tahap 13. Telinga
Apabila sudah selesai, saya selalu menggambar terakhir itu ialah telinga karna posisinya paling luar sehingga tidak terlalu buru-buru untuk membuatnya. perhatikan kegelapan dari telinga, bayangannya, dan lekukan telinga tersebut.

Tahap 14. leher
Perhatikan gambar, disitu lehernya lebih gelap dari yang lain dan juga terdapat bayangan gelap. oleh kerena itu gunakan pensil 4B untuk menghitamkan leher. lekukannya juga harus sesuai begitu juga dengan tulang leher.

Tahap 15. Baju.
Untuk membuat baju yang paling penting ialah bagaimana kita membuat lipatan baju sehingga tidak kehilatan bergaris. Ini adalah tahap terakhir membuat baju sebenarnya gak ngaruh dengan miripnya wajah. Namun apabila kita ingin membuat yang realis silahkan saja. itu cuma pelengkap. tidak harus sama juga tidak apa-apa. tetapi kalo mau membuat detail apa salahnya.


          Lakukan step by step cara dengan  androidmu, selain cara ini kamu juga perlu mencoba beberapa teknik lainnya yaitu:
Menggambar dengan teknik Grid
Menggambar tanpa menggunakan Sketsa
Menggambar dengan teknik pointilism

0 comments:

Post a Comment