Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

22 May 2016

Langkah awal menjadi artis atau seniman

Salam Kreatif !!!

Sebelumnya saya sudah menjelaskan sedikit cara untuk menjadi seorang artist pada artikel sebelumnya. Pada hari ini saya akan melanjutkannya tentang pembahasan tersebut yaitu mengenai langkah awal yang harus kita lakukan untuk menjadi artis.

Ini adalah fakta yang sebenarnya, beberapa orang tidak tahu atau tidak mencari tahu sehingga mereka akan gagal, Tapi kamu tidak perlu takut lagi setelah memahami ini nantinya.!
Langsung saja, saya akan menjelaskan apa yang perlu kita tahu untuk mendapatkan hasil terbaik dan bisa menjadi seniman besar. Yang kita lakukan adalah berusaha dan jangan bermimpi besar jika tidak mau berusaha untuk mewujudkannya. seperti kata pepatah arab "Man jadda wajjada" yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkannya.
Sekarang coba kita bayangkan bahwa kita adalah seorang balita, Aku tahu, itu sangat susah, tapi sama-sama kita renungkan kembali dasar kita!
Dari lahir, kita hanyalah seorang bayi yang tidak bisa melakukan apa apa selain menangis . Namun, hari demi hari kita sudah melalui beberapa perubahan yang cukup signifikan. Belajar bagaimana menyeimbangkan kepala kita sendiri, menemukan sensasi bagaimana berguling atau telungkup, dan kemudian kita sudah mulai bisa merangkak, selanjutnya berdiri walaupun masih goyah. Semua ini adalah proses anak-anak (secara harfiah) dan persiapan untuk hari ini. Lalu akhirnya, Anda secara resmi siap untuk menggabungkan semua ketrampilan belajar dan hati-hati disiapkan dengan kemampuan kelompok otot untuk mencapai sesuatu yang luar biasa. Dan hari ini. Kita Akan Berjalan!
Baiklah Sahabat Kreatif, pelan-pelan dan akan baik-baik saja, itu memang sedikit dramatis, tapi aku ingin kamu melihat sesuatu yang sederhana. Intinya tak satu pun dari kita terlahir langsung bisa berjalan!. Semua itu haruslah melalui proses-proses seperti yang saya katakana di atas. Jadi, mengapa begitu banyak orang bercita-cita untuk menggambar. Mereka mengambil peralatan menggambar seperti pensil, kertas untuk menggambar dan berharap untuk mendapatkan hasil yang baik untuk pertama kalinya? Bagaimana dengan dasar-dasar? Bagaimana prinsip-prinsip dasar yang untuk membangun semua keterampilan kita seperti berguling, merangkak, dan berdiri? Saya harap sahabat mengerti maksudku seperti apa. Artinya segala sesuatu itu tidaklah spontanitas tapi kita perlu proses dan langkah-langkah awal untuk melakukan sesuatu.
Di zaman yang canggih seperti ini dengan  internet dan berbagai di sosial media, kita bisa memanfaatkannya untuk mencari informasi bagaimana mengembangkan keterampilan kita untuk belajar menjadi lebih baik dan  seni besar dapat dikonsumsi dengan cepat dan dengan kerakusan besar! Itu apabila kita punya keinginan untuk belajar menjadi lebih baik. Kita bisa menonton youtube, belajar dari website-website, mencari tutorial dan sebagainya. Semua itu mudah kita akses di internet. Oleh karena itu manfaatkan internet untuk perkembangan kita.
Dua tahun yang lalu saya hanyalah orang biasa yang hanya bisa melihat hasil karya orang lain hingga akhirnya dapat anugrah dari yang maha kuasa untuk mencoba dari dasar seperti anak TK. Saya pertama kali banyak belajar dari internet sebelum saya menemukan orang yang bisa menjadi pembimbing untuk perkembangan kemampuan menggambar saya. Sudah terlalu banyak proses yang saya jalani hingga hari ini.
Sayangnya, bagi kebanyakan orang terlalu banyak hal yang dilupakan dan terlalu cepat menyerah untuk melakukan sesuatu sehingga mereka hanya bisa berdiri tanpa bisa berjalan. Padahal sebelum berjalan ada proses-proses terlebih dahulu yang harus dilewatinya seperti menciptakan karya seni yang paling sederhana sebelum mencoba karya yang besar. Jangan pernah bermimpi menciptakan karya besar sebelum mengetahui cara atau dasarnya.oleh karena itu lihatlah ke belakang bagaimana kita bisa sampai seperti sekarang ini.
Buanglah jauh-jauh anggapan bahwa seniman itu dilahirkan, bukan diciptakan! Kita yang memilih kita menjadi apa. Mereka juga akan memberitahu kamu bahwa itu adalah kerja keras, dedikasi, dan penguasaan dasar-dasar yang membawa mereka ke pencapaian mereka sekarang. Makanya belajar dasar dulu atau belajar tahap-tahap sebelum bisa berjalan seperti konsep yang pertama tadi. Jatuh beberapa kali waktu belajar itu biasa namun kita akan rasakan kepuasaan saat kita sudah bisa berlari artinya perjuangan kita belajar tidak sia-sia. Artinya gagal bukan berarti akhir dari segalanya.

0 comments:

Post a Comment