Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

17 May 2016

Langkah-langkah Menemukan Ide Membuat Kerajinan Tangan

Selamat Malam Sahabat Kreatif! Semoga Allah selalu memberi kesehatan dan pikiran yang lebih kreatif sehingga bisa terus berkarya dan mendapatkankan ide yang lebih kreatif. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips ataupun cara menemukan ide membuat barang kerajinan tangan.

Kadang kita berpikir mengapa orang-orang bisa membuat benda kerajinan sendiri, darimana mereka dapat ide kreatif sehingga bisa membuat benda-benda unik, menarik dan indah tanpa terpikirkan oleh kita. Hal tersebut sudah termasuk motivasi bagi kita karena penasaran, sebaiknya cobalah jangan hanya penasaran saja, tetapi juga harus punya keinginan untuk  membuatnya kerajinan seperti mereka.

Terus bagaimana kita mendapatkan ide membuat suatu benda kerajinan, sebenarnya sangat mudah untuk mendapatkan ide tersebut yaitu dengan cara mengamati lingkungan sekitar kita, apa yang bisa kita buat dan benda apa yang kita butuhkan untuk mengerjakannya. Seperti tumpukan kayu yang tidak terpakai, sampah plastik, ranting-ranting pohon dan sebagainya. Semua benda itu bisa kita olah menjadi sebuah kerajinan tangan. Misalnya kayu bekas bisa kita manfaatkan untuk membuat bingkai foto sendiri, rak buku atau rak sepatu, gantungan kunci, boneka kayu minimalis. Semua itu tergantung kemauan dan waktu untuk kita mengerjakannya.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan ide kreatif yaitu dengan cara mengunjungi toko-toko souvenir, konveksi, pameran kerajinan kreatif atau pun galeri seni. Jika sudah menemukan ide apa yang kita buat, ide tersebut tidak harus dari diri sendiri tapi bisa melalui dari apa yang telah dibuat oleh orang lain sebagai pembelajaran dasar kita. ataupun kita bisa memadukannya dan merombaknya dengan ide dan cara kita sendiri, dan itu lebih bagus daripada mencontohi sama persis seperti mereka. Jika sudah menemukan apa yang kita buat, segeralah persiapkan peralatan yang dibutuhkan. seni dan kreativitas merupakan suatu kebebasan kita berekreasi tanpa ada aturan yang mengharuskan kita menggunakan peralatan dan media yang kita pakai. Namun kitalah yang menentukannya sendiri apa yang paling bagus untuk kita dan cara apa yang kita rasa sesuai dengan kita.

Oleh karena itu, sebelum membuat barang kerajinan ada beberapa langkah yang terlebih dahulu kita lakukan yaitu sebagai berikut:
  • Tentukan Barang yang akan dibuat

Langkah pertama ialah menentukan barang apa yang kita buat nantinya akan menjadi sebuah barang kerajinan tangan yang bagus dan bernilai.
  • Tentukan waktu yang tepat

Untuk memudahkan kita membuat barang kerajinan tangan langkah selanjutnya ialah menentukan waktu. Sesuaikan waktu luang kita kapan barang tersebut akan kita buat dan kira-kira kapan kerajinan kita tersebut akan terselesaikan. Kebanyakan orang enggan membuat kerajinan ialah kerena keterbatasan waktu yang mereka miliki, terasa sia-sia karena banyak hal lain yang bisa dilakukan sehingga kurang punya waktu khusus untuk membuat barang kerajinan dan mereka lebih suka membeli karya orang lain. Padahal dengan karya sendiri kita lebih puas memakainya dan tidak peduli dengan kualitas barang tersebut.
  • Tentukan Proses Pengerjaan

Apabila barang dan waktu sudah ditentukan, selanjutnya tentukan tahapan-tahapan pengerjaannya, bagaimana cara membuatnya, mengkombinasikannya secara tahap per tahap atau berurutan.
  • Persiapkan Peralatan apa yang diperlukan

Kemudian langkah selanjutnya ialah mempersiapkan peralatan dan bahan yang dipersiapkan untuk membuat kerajinan yang tadi sudah kita tentukan. Tanpa alat dan bahan kita pastinya tidak bisa membuat apapun.
  • Cari tempat belajar membuat kerajinan tangan.

Selanjutnya apabila sudah kita siapkan semua peralatan yang kita butuhkan, segera tentukan suatu tempat yang cocok dan nyaman untuk membuat barang kerajinan tersebut tanpa ada gangguan jika kita ingin bekerja secara tenang.
  • Temukan orang yang pernah membuat kerajinan seperti yang ingin kita buat

Apabila kita belum terlalu mengerti bagaimana membuat suatu barang kerajinan, maka carilah tempat dimana kita bisa belajar, yang sudah berpengalaman, yang sesuai dengan kerajinan yang kita butuhkan. Bergurulahlah dan minta bimbingannya baik itu teman kita, atau orang yang sudah mahir di bidang tersebut. Jangan takut untuk bertanya  karena dengan kekuatan bertanya kita bisa menemukan apa yang kita cari. Seperti kata pepatah “malu bertanya, maka akan sesat di jalan”. Itu mengajarkan kita untuk jangan takut atau malu bertanya.

Itulah beberapa langkah jika kita ingin membuat suatu barang kerajinan tangan. oleh karena itu paksalah otak kita untuk berpikir secara kreatif sehingga akan banyak ide yang dihasilkan.

Bagaimana pendapat Sahabat Kreatif? Apakah artikel ini bermanfaat? jika iya, silahkan dicoba dan langsung bereksperimen dan ciptakan karya sendiri daripada kita terus memakai atau memuji karya orang lain. Tidak salah untuk mencobanya bisa jadi kita lebih hebat daripada mereka, tergantung ketekunan kita dan jiwa kreatif kita untuk berekreasi.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!!!

Salam Kreatif!!!

Huslein Slash


0 comments:

Post a Comment