Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

20 May 2016

Pengertian Intuisi dan Bagaimana Proses Munculnya Intuisi

Selamat malam Sahabat Kreatif! Ide kreatif bisa muncul melalui intuisi, orang-orang besar juga menggunakan intuisi untuk memunculkan ide kreatif mereka sehingga bisa menciptakan suatu karya yang luar biasa.


Apa itu Intuisi?
Mungkin di antara kita sering mendengar istilah intuisi atau pernah mengalami intuisi. Namun sedikit orang yang tahu apa itu intuisi dan dari mana datangnya intuisi. Intuisi ialah salah satu hasil kerja otak kanan. Intuisi disebut juga kepercayaan akan naluri atau logika yang yang muncul secara tiba-tiba. Lalu, apa yang di maksud dengan intuisi itu?


Di bawah ini ada beberapa pengertian Intuisi yang telah dirangkum oleh Penney pirece, yaitu sebagai berikut:
  • Intuisi adalah mengetahui yang ingin kita ketahui, tanpa melalui proses belajar atau informasi yang masuk ke otak kita. Intuisi bisa juga berarti suatu gagasan atau keinginan terhadap sesuatu yang muncul secara tiba-tiba, tanpa kita ketahui penyebabnya.
  • Intuisi adalah pengetahuan alami yang muncul dari perasaan dan kata hati kita
  • Intuisi adalah pengetahuan yang bersifat alami dan kemunculannya seperti sebuah keajaiban,tiba-tiba muncul begitu saja.Intuisi tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengannya pertanyaan dan jawaban muncul secara bersamaan, dan kita merasa yakin bahwa pengetahuan itu benar.
  • Intuisi adalah tindakan, gagasan, atau pemahaman yang tiba-tiba muncul, tanpa melalui proses rasional.


Terus, Bagaimana sih bentuk dan pesan Intuitif itu muncul? Saya sering mengalami intuisi. Ketika itu saya merasa bisa melihat yang akan terjadi maupun yang sedang terjadi, semua mengalir begitu saja di pikiran saya tanpa mengetahui dari mana datangnya. Orang awam pasti mengira kalau kita memiliki kekuatan gaib seperti ilmu tenung. Padahal itu bukan Ilmu gaib tapi munculnya dari otak kita, sesuai dengan proses kehidupan yang kita alami seperti pengalaman dan pengetahuan kita yang sudah-sudah.


Baiklah kita akan menjawab pertanyaan dari mana pesan intuitif muncul. Menurut Dr Lynn B. Robinson, kita menerima pesan intuitif melalui berbagai cara.
diantaranya:
  • Melalui Pikiran. Pesan Intuitif bisa muncul melalui pikiran kita. Hal-hal yang muncul dalam pikiran kita pastinya sesuatu yang khusus atau berupa penjelasan mengenai situasi yang rumit. Misalnya bisa berupa dugaan akan sesuatu, mimpi, simbol, gambaran masa depan, suara, emosi, bau, easa, atau kesadaran tertentu dari suatu peristiwa.
  • Melalui Tubuh. Selain melalui pikiran, pesan intuitif juga bisa muncul melalui tubuh kita. Misalnya saat kita mengalami atau merasakan perubahan energi, perubahan perasaan atau reaksi pada otot-otot kita. Hal seperti itu berarti Intuisi kita sedang bekerja.


Sekarang kita sudah tahu pengertian dan bagaimana datangnya intuisi. Namun muncul pertanyaan pentingkah intuisi itu? Mengapa Intuisi itu penting?


Sebagai contoh mari kita lihat perkembangan zaman. Pada saat ini, dalam bidang apapun semua terasa begitu cepat perubahan yang terjadi sehingga masa depan menjadi sulit diperkirakan bagaimana tingkat kemajuannya. Menurut Lynn Robinson, dalam keadaan seperti ini sangat efektif bila intuisi yang bekerja. Intuisi membantu kita untuk menghadapi keadaan yang tidak menentu, yang nampak penuh rintangan dan tantangan.


Dari pengamatan, orang yang menggunakan intuisi memiliki kemungkinan besar berhasil dalam hidupnya. Sebab, dengan intuisi ide-ide kreatif akan terungkap, situasi menjadi penuh humor, kemampuan memecahkan masalah menjadi meningkat, mudah meraih tujuan, dan dapat bergaul dengan orang secara lebih efektif.


Menurut Dr. Ray, ada lima hal mengenai intuisi yang perlu diperhatikan.
  1. Intuisi harus terus dikembangkan. Kita semua memiliki kemampuan intuitif yang unik. intuisi adalah salah satu potensi yang kiat miliki dan perlu dengan sengaja kita kembangkan
  2. Intuisi dan rasionalitas adalah dua hal yang saling melengkapi. Kombinasi antara alasan, pengalaman, informasi, dan intuisi merupakan kekuatan yang dahsyat.
  3. Intuisi bukanlah sesuatu yang emosional. Intuisi menuntut perhatian yang jernih terhadap berbagai pilihan
  4. Intuisi menuntut tindakan. Intuisi adalah salah satu kunci kesuksesan dalam berbagai bidang, termasuk dalam urusan bisnis. Namun, hal ini memerlukan latihan panjang, terutama bagi yang tidak terbiasa menggunakannya
  5. Dengan intusi, kita akan terbebas dari kesalahan, apalagi bila intuisi tersebut disertai dengan alasan yang logis.


Cukup disini dulu penjelasan tentang Intuisi, dari mana munculnya intuisi dan sebagainya. Ke depan kita akan membahas bagaimana cara melatih agar Intuitif.


Semoga Bermanfaat dan terima kasih
Salam Kreatif

Huslein Slash

0 comments:

Post a Comment