Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

29 April 2016

Tips Menggambar Wajah Realis

Apakah anda ingin mengembangkan bakat menggambar realis dengan pensil?

  Menggambar adalah semua bicara tentang pengamatan. Ini tentang bagaimana kita memahami apa yang kita lihat dan membuat tertarik untuk mencoba menggambar objek tersebut. Tapi jika kita tidak tahu apa yang harus dilakukan, alat apa aja yang harus dipersiapkan, bagaimana hasilnya nanti?. Namun pada dasarnya menggambar bisa menggunakan pensil apa aja selama menurut kita itu bagus dan nyaman kita gunakan untuk menggambar. Yang terpenting kita tahu bahwa beda pensil juga akan berpengaruh dengan hasil yang kita buat nantinya. Oleh karena itu, kalau kita ingin mengembangkan bakat menggambarmu dan bisa menggambar se detail mungkin sesuai objek yang kita inginkan maka hal pertama yang harus kamu lakukan ialah belajar mengamati objek, skala, bentuk, dan cara. Kalau tidak, menggambar detail dan akurat akan menjadi sangat sulit. Sebagai contoh yang paling sesuai ialah menggambar wajah. Inilah sebabnya mengapa kita perlu memahami proporsi wajah umum, merancang strategi untuk menangani tekstur, dan menggabungkan metodologi untuk memastikan ketepatan bentuk dan kelihatan asli seperti gambar aslinya. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini asal kita tidak pernah untuk menyerah, selalu ingin mencoba meskipun sering gagal karena segala sesuatu itu tidak ada yang instan tapi harus melalui dulu beberapa proses, kegagalan dan keringat

Hal yang harus kita miliki jika ingin melakukan sesuatu bidang yang kita inginkan ialah :

1.  Niat
         Niat adalah hal dasar yang harus kita punya dalam melakukan sesuatu. Seberapa besar niat kita untuk belajar sampai bisa. Karena tanpa niat apapun yang kita lakukan pasti akan sia-si

2.  Tujuan
         Tujuan disini ialah apa yang ingin kita capai setelah kita bisa nantinya. dalam segi menggambar, pasti sebelum tertarik untuk belajar, sudah lebih dulu memperhatikan karya orang lain yang luar biasa. Setiap kita pasti juga mempunyai Idola masing-masing. dan sekarang kita berpikir mengapa mereka bisa menggambar hebat seperti itu. Ingat orang hebat itu tidak instan, mungkin mereka juga pernah merasa seperti yang kita rasakan sekarang ini dan tentunya mereka juga sudah pernah menjalani proses seperti kita hanya saja mereka lebih dulu. Tidak ada yang tidak mungkin, tanamkan di pikiran kita bahwa kita pasti bisa menggambar seperti mereka. Selain itu masih banyak lagi tujuan orang belajar menggambar di antaranya ingin menjadi orang terkenal, menjadikan profesi untuk mendapatkan penghasilan dan ada yang sekedar hobi dan bahkan ada pula hanya untuk menarik perhatian seseorang.

3.  Kemauan
        Kemauan itu merupakan sesuatu yang sangat penting. orang cerdas bahkan bisa dikalahkan sama orang yang mau belajar. Rasa penasaran lah yang membuat kita ingin mencoba dan mencoba lagi, setiap ada waktu luang cobalah mengambil kertas dan pensil dan mulailah menggambar. Terkadang saya juga bingung ketika tidak ada ide untuk menggambar namun setelah mendapat saran dari guru saya akhirnya saya mengerti ketika kita tidak tau untuk menggambar apa, coba perhatikan di sekitarmu, objek apa yang paling menarik. dan jika ingin menggambar wajah, cobalah gambar orang-orang terdekat seperti keluarga, teman atau terserah siapa aja yang kamu inginkan. atau mulailah keluarin hp kamu dan buka galeri foto dan gambar salah satunya.

4. Semangat
    Bayangkan ketika badan kita kurang sehat, baik itu pikiran pasti kita agak malas melakukan apapun apalagi untuk menggambar. Itu akan membuatmu semakin lelah dan hasil gambar kitapun tak seperti yang kita harapkan. Oleh karena itu sebelum menggambar pastikan kesehatan badan dan pikiran kita tidak sedang bermasalah. 

5. Doa
     Doa adalah kunci segalanya, maka jangan lupa berdoa kepada Allah yang Maha memberi petunjuk. minta petunjuk kepadaNya.

       Di atas saya telah membahas sedikit saran bagaimana mengembangkan bakat menggambar realis. Namun tidak hanya itu aja yang harus kita punya. Tetapi kembali lagi pada diri kita sendiri, coba untuk memahami bagaimana diri kita sudahkah kita mengerti dan seberapa hebat kah kemampuan kita. Kita boleh saja berusaha untuk menjadi yang terbaik, tetapi jangan pernah berpikir kitalah yang terbaik.  Karena setinggi-tingginya gunung pasti ada yang lebih tinggi lagi.

         Baiklah karena kita bicara tentang diri sendiri, mari kita intropeksi diri lebih dalam lagi tentang kemampuan menggambar yang sudah kita geluti. 

      Tanyakan pada diri kita sendiri
          Muncul beberapa pertanyaan yang harus kita jawab!
  1. Apakah kamu tahu pentingnya struktur yang mendasari wajah dan kepala dan bagaimana hasil dari  apa yang kita gambar?
  2. Apakah kamu tahu proporsi dasar wajah dan bagaimana kamu dapat menerapkan perbedaan teori proporsional gambar dengan apa yang kita kerjakan?
  3. Apakah kamu tahu bagaimana wajah dan kepala dapat dipisahkan ke beberapa bagian khusus yang memudahkanmu untuk membuat shading (arsiran)?
  4. Apakah Anda ingin menggambar mata yang super realistis dari kedua pandangan frontal dan profil?
  5. Ingin menggambar hidung realistis dengan hanya beberapa, garis mudah, imbang dan arsirannya yang strategis?
  6. Ingin menangkap bentuk tekstur kulit yang realistis?
  7. Apakah Anda tahu rahasia untuk menggambar mulut dan gigi yang realistis?
  8. Ingin belajar bagaimana untuk menciptakan bentuk rambut yang realistis?
  9. Apakah Anda tahu rahasia tata letak yang digunakan oleh seniman potret dan ilustrator yang memastikan akurasi dengan setiap gambar?
  10. Apakah Anda yakin bahwa Anda harus "berbakat" untuk mendapatkan hasil yang profesional?

Sketsa Wajah Realis Dengan Pensil

Berikut adalah lukisan pensil terbaruku

Benedict Cumberbatch on Paper
size A3 Linen Paper
Teknik : Arsir dan Dusel

Alat dan Bahan : Pensil Faber Castell (HB, 2B, 5B, 8B) pensil mekanik, kapas, serbuk arang

Profil Benedict Cumberbatch Beserta Filmnya

            Tidak sah rasanya bila tidak memperkenalkan sosok aktor dalam lukisan ini, bagi yang belum tau profilnya saya akan menjelaskan sedikit. siapa yang tidak kenal dengan sosok aktor tampan dan tinggi satu ini. Salah satu perannya yang paling bergengsi ialah ketika memerankan Sherlock Holmes (2010). Dalam film itu dia berperan sebagai seorang detektif dengan intelektual tinggi yang mampu memecahkan berbagai kasus yang besar yang tidak mampu dipecahkan oleh orang lain. Setelah sukses di film seri pertama, namanya semakin terkenal sehingga dia masih dipercayakan memerankan tokoh Sherlock di film seri berikutnya. 

               Benedict Lahir di Inggris pada 19 juli 1996, dia merupakan putra dari aktor Timothy carlton dan ibunya seorang Aktris bernama Wanda Ventham. Ibunya pernah melarang dirinya untuk turun kedunia akting karena terasa begitu kuno bila harus mengikuti jejak orang tuanya, namun dia tetap mempertahankan keinginannya untuk berakting hingga bisa menjadi aktor yang sukses sampai sampai sekarang. 
        Setelah sukses menjadi Sherlock, dia kemudian berperan sebagai Doctor Strange (2016). Film ini sangat terkenal sekarang ini karna perannya yang luar biasa, dia menjadi seorang Doctor ahli saraf yang sangat profesional, tapi karakternya sangat arogan, angkuh dan egois. Setelah dia mengalami kecelakaan yang membuat ia lumpuh karena jaringan sarafnya rusak. Meski telah mencoba berobat di rumah sakit manapun dan menghabiskan semua uangnya untuk mendapatkan pengobatan, lumpuhnya tetap tidak bisa disembuhkan sehingga dia ingat dengan seorang pasien yang pernah ditolaknya. Dari pasiennya dia dapat informasi bahwa dia harus berobat di suatu tempat yang sangat jauh. Disana dia bertemu dengan seorang ahli sihir yang bisa melakukan apapun, guru tersebut menampakkan suatu fenomena yang belum pernah dilihatnya selama dia hidup dan tidak masuk akal karna dia seorang yang sangat fanatik dengan ilmu pengetahuan. Master itu bahkan tidak menyembuhkannya dia hanya melatih untuk menguasai ilmu magic. Lama-kelamaan dia mulai terobsesi dengan magic dan mempelajarinya lewat buku-buku sihir yang ada diperpustakaan. Akhirnya dia menguasai sebuah ilmu sihir dan bisa mengendalikan waktu dan bisa berteleportasi. Dari sifatnya yang angkuh dan somboh tadi, dia mulai berubah dan mempunyai misi menyelamatkan dunia dari kehancuran yang dilakukan oleh sihir hitam.

"when The rain splash your body"
size A3 Drawing Book
Teknik : Arsir dan Dusel

Alat dan Bahan : Pensil Faber Castell (HB, 2B, 5B, 8B) pensil mekanik, kapas, serbuk arang

mohon kritik dan sarannya


RPP Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum 2013

                                                                                                                                                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                     : SMP ISLAM IBNU KHALDUN
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester         : VII/Genap
KD 3.6                     : Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama benda (label) dan daftar barang(list)
Alokasi Waktu          : 4 pertemuan (8 JP)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI.1.  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.  : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3.    : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.  : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

Kompetensi Dasar
Indikator
1.1      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
1.1.1    Mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris dan manfaatnya.
2.1     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.1.1 Menyelesaikan tugas        bahasa inggris tepat waktu
2.1.2 Menyelesaikan tugas yang menjadi bagiannya dalamkerja kelompok
2.1.3 Datang tepat waktu pada saat mengerjakan tugas kelompok di luar jam pelajaran.
2.2      Menunjukan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengsn guru dan teman
2.2.1    Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi tentang teks label nama (label) dan daftar barang (list).
2.2.2    Menunjukkan perilaku disiplin , percayadiri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komu- nikasi tentang teks label nama (label) dan daftar barang(list).
3.6     Memahami fungsi sosial, struktur teksdan unsur kebahasaan dari teks label nama, dan daftar barang sesuaidengankonteks penggunaannya

3.6.1    Siswa dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks label nama(label) dan daftar barang (list)
3.6.2    Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang terdapat disekitar mereka dalam bahasa inggris.
3.6.3    Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis hewan yang dijumpainya.
3.6.4    Siswa dapat memberi label atau daftar barang sesuai dengan kategorinya.
4.7      Menyusun teks tulis label nama dan daftar barang dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks danunsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.7.1    Siswa dapat menyusun teks label (label) dan daftar barang (list)
4.7.2    Siswa dapat menuliskan kembali nama benda atau barang yang telah dipelajari.

 C.       MATERI PEMBELAJARAN
             1 .      MATERI REGULER
Teks tulis label nama (label) dan daftar barang
a.    Fungsi sosial
Mengenalkan, mengidentifikasi, menginventarisasi.
b.    Struktur teks
Nama benda, dengan atau tanpa jumlah
c.    Unsur kebahasaan
·      Artikel, kata benda plural
·      Angka Kardinal, 1 s.d 100, one, two, three,….one hundred
·      Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapih
·      Ucapan: tekanan kata, intonasi ketika mempresentasikan secara lisan
d.   Topik
·     Benda–benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, peduli, pola hidup sehat dan ramah lingkungan.

             2.      MATERI REMEDIAL
a.    Unsur Kebahasaan
b.    Tata Bahasa teks label
            3.      MATERI PENGAYAAN
a.    Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan nama benda (label) dan daftar barang(list)

D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
·        Nama-nama benda /daftar barang yang ada di dalam kelas.
1.   Kegiatan Pendahuluan (10)
a.    Guru memberisalam (greeting).
b.    Guru memeriksakehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
d.    Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan.
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.

           2.      Kegiatan inti (60 Menit)
a.    Mengamati
1.    Siswa membaca/mendengar berbagai nama-nama benda /daftar barang yang ada di dalam kelas sesuai dengan pengelompokannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktural teks dan unsur kebahasaannya.
2.    Siswa meniru/menyalin beberapa nama benda /daftar barang yang ada di dalam kelas atau benda-benda dalam tas siswa.
b.    Menanya
1.    Dengan bimbingan dan arahan guru siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antar ucapan, tekanan kata, intonasi dari nama-nama benda yang ada di dalam kelas dan di dalam tas.
2.    Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang fungsi sosial, ungkapan dan struktur teks, unsur kebahasaan, serta format penulisan/penyampaian dari berbagai sumber.
c.    Mengeksplorasi
·     Siswa membaca/ mendengar /menuliskan label nama (label) dan daftar barang (list) yang ada di dalam kelas dan di dalam tas dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.
d.    Mengasosiasi
1.  Dalam kerja kelompok atau individu siswa menganalisis teks dengan memperhatikan fungsi sosial,ungkapan dan struktur teks, unsur kebahasaan, serta format penulisan dari jenis teks yang sudah di pelajari.
2. Siswa memperoleh balikan/feedback dari guru dan teman tentang setiap yang disampaikan dalam kerja kelompok atau individu.
e.   Mengokomunikasikan
1.    Siswa memperolah balikan dari guru dan teman tentang karya yang di hasilkan/ pesan yang di tangkap dan dll.
2.    Siswa memperhatikan jawaban yang disampaikan oleh temannya dan memberikan masukan mengenai jawaban temannya.

3.         Penutup (10 menit)
a.    Guru bersama-sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
b.    Guru melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah di laksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.    Guru memberikan tugas,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

PERTEMUAN KEDUA
·        Nama-nama benda atau barang  di dalam rumah
           1.      Kegiatan Pendahuluan
a.    Guru member salam (greeting).
b.    Guru memeriksakehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
d.    Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional.
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.      Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai,

            2.      Kegiatan inti (60 Menit)
a.   Mengamati 
1.  Siswa membaca/mendengar berbagai nama-nama benda atau barang  di dalam rumah sesuai dengan pengelompokannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktural teks dan unsur kebahasaannya.
2.    Siswa meniru/menyalin beberapa nama benda/daftar barang yang ada di ruang keluarga dan ruang makan.
b.   Menanya
1.    Dengan bimbingan dan arahan guru siswa mempertanyakan antara lain perbedaan nama benda  atau daftar barang yang ada di dalam rumah, ruang keluarga dan ruang makan.
2.    Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang fungsi sosial , ungkapan dan srtuktur teks, unsur kebahasaan, serta format penulisan/ penyampaian dari berbagai sumber.
c.    Mengeksplorasi
·      Siswa membaca/ mendengar /menuliskan label nama (label) dan daftar barang (list) yang ada di dalam rumah, ruang keluarga,ruang makan,ruang dapur dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (There is….There are…)
d.   Mengasosiasi
1.    Dalam kerja kelompok atau individu siswa menganalisis teks dengan memperhatikan fungsi sosial,ungkapan dan struktur teks, unsur kebahasaan, serta format peulisan dari jenis teks yang sudah di pelajari.
2.    Siswa memperoleh balikan /feedback dari guru dan teman tentang setiap yang di a sampaikan dalam kerja kelompok atau individu.
e.   Mengokomunikasikan
1.    Siswa memperolah balikan dari guru dan teman tentang karya yang di hasilkan/pesan yang di tangkap dan dll.
2.    Siswa memperhatikan jawaban yang disampaikan oleh temannya dan memberikan masukan mengenai jawaban temannya.

            3.    Penutup (10 menit)
a.    Guru bersama-sama dengan siswamembuat rangkuman/simpulan pelajaran
b.  Guru melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah di laksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
d. Guru memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

PERTEMUAN KETIGA
·        Nama-nama benda atau barang  di garasi, kebun, kamar mandi
           1.      Kegiatan Pendahuluan
a.    Guru member salam (greeting).
b.    Guru memeriksakehadiran siswa.
c.  Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
d.    Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional.
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.  Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.

           2.      Kegiatan inti (60 Menit)
a.    Mengamati  
1.    Siswa membaca/mendengar berbagai nama-nama benda atau barang  di garasi, kebun, kamar mandi sesuai dengan pengelompokannya dengan memperhatikan fungsi social , struktural teks dan unsurkebahasaannya.
2.    Siswa meniru /menyalin beberapa nama benda/daftar barang yang ada di garasi, kebun dan kamar mandi.
b.    Menanya
1.   Dengan bimbingan dan arahan guru siswa mempertanyakan antara lain perbedaan nama benda  atau daftar barang yang ada di garasi, kebun, kamar mandi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.
2.   Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang fungsi sosial, ungkapan dan srtuktur teks, unsur kebahasaan, serta format penulisan/ penyampaian dari berbagai sumber.
c.    Mengeksplorasi
·     Siswa membaca/mendengar/menuliskan label nama (label) dan daftar barang (list) yang ada di garasi, kebun dan kamar mandi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (There is….There are…)
d.    Mengasosiasi
1.  Dalam kerja kelompok atau individu, siswa menganalisis teks dengan memperhatikan fungsi social,ungkapan dan struktur teks, unsur kebahasaan, serta format peulisan dari jenis teks yang sudah di pelajari.
2. Siswa memperoleh balikan/feedback dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok
e.    Mengokomunikasikan
1.    Siswa memperolah balikan dari guru dan teman tentang karya yang di hasilkan/  pesan yang di tangkap dan dll.
2.    Siswa memperhatikan jawaban yang disampaikan oleh temannya dan memberikan masukan mengenai jawaban temannya.

            3.    Penutup (10 menit)
a.    Guru bersama-sama  dengan siswa dan/ sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran
b.  Guru melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah di laksanakan secara konsisten dan terprogram
c.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
d. Guru memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
e.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya

       PERTEMUAN KEEMPAT
·        Nama-nama binatang yang terdapat disekitar
           1.      Kegiatan Pendahuluan
a.    Guru member salam (greeting).
b.    Guru memeriksakehadiran siswa.
c.  Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
d.   Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan  lokal,  nasional  dan internasional.
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.  Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.

            2.      Kegiatan inti (60 Menit)
a.    Mengamati  
1.    Siswa mengamati beberapa gambar tentang orang yang sedang melakukan kegiatan, dan nama-nama binatang yang terdapat di halaman belakang.
2.  Siswa menjawab/menyalin dibuku latihan tentang dimana mereka melakukan kegiatan tersebut dan menemukan kecocokan nama binatang sesuai gambar.
b.    Menanya
1. Dengan bimbingan dan arahan guru siswa mempertanyakan antara lain bagaimana menyatakan tempat seseorang yang melakukan kegiatan, menulis kalimat sesuai gambar dan perbedaan nama benda  atau daftar barang dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.
2.  Siswa memperoleh pengetahuan tambahan tentang fungsi sosial, ungkapan dan srtuktur teks, unsur kebahasaan, serta format penulisan/ penyampaian dari berbagai sumber.
c.    Mengeksplorasi
·  Siswa membaca/mendengar/menjawabsemua pertanyaan yang terdapat dibuku paket dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.
d.    Mengasosiasi
1.  Dalam kerja kelompok atau individu siswa menganalisis teks dengan memperhatikan fungsi sosial,ungkapan dan struktur teks, unsur kebahasaan, serta format peulisan dari jenis teks yang sudah di pelajari.
2. Siswa memperoleh balikan /feedback dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok atau individu.
e.    Mengokomunikasikan
1.   Siswa memperolah balikan dari guru dan teman tentang karya yang di hasilkan/  pesan yang di tangkap dan dll
2. Siswa memperhatikan jawaban yang disampaikan oleh temannya dan memberikan masukan mengenai jawaban temannya.

            3.    Penutup (10 menit)
a.    Guru bersama-sama dengan siswamembuat rangkuman/simpulan pelajaran
b.  Guru melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah di laksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

  E.   PENILAIAN
1.    Jenis/teknik penilaian
a.    Jenis Penilaian: Autentic assessment
b.    Teknik Penilaian:
1.    Sikap                 : Non Tes
2.    Pengetahuan       : Tes tulis dan Tes Lisan 
3.    Ketrampilan        : Tes

2.    Bentuk instrumen dan instrumen
a.    Lembar Observasi
b.    Daftar pertanyaan
c.    Unjuk Kerja

3.    Pedoman penskoran
a.    Aspek Sikap
No.
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor
1.
Jujur
·      Sangat sering menunjukkan sikap jujur
·      Sering menunjukkan sikap jujur
·      Beberapa kali menunjukkan sikap jujur
·      Pernah menunjukkan sikap   jujur
·      Tidak pernah menunjukkan sikap jujur
5
4
3
2
1
2.
Disiplin
·      Sangat sering menunjukkan sikap disiplin.
·      Sering menunjukkan sikap disiplin
·      Beberapa kali menunjukkan sikap disiplin
·      Pernah menunjukkan sikap   disiplin
·      Tidak pernah menunjukkan sikap disiplin
5
4
3
2
1
3.
Percaya diri
·      Sangat sering menunjukkan sikap percaya diri
·      Sering menunjukkan sikap percaya diri
·      Beberapa kali menunjukkan sikap percaya diri
·      Pernah menunjukkan sikap   percaya diri
·      Tidak pernah menunjukkan sikap percaya diri
5
4
3
2
1
4.
Kerja sama
·      Sangat sering menunjukkan sikap kerja sama
·      Sering menunjukkan sikap kerja sama
·      Beberapa kali menunjukkan sikap kerja sama
·      Pernah menunjukkan sikap   kerja sama
·      Tidak pernah menunjukkan sikap kerja sama
5
4
3
2
1

b.    Aspek Pengetahuan
No.
Aspek yang dinilai
Kriteria
Perolehan skor


1.


Tujuan
Komunikatif
·    Sangat Memahami
·    Memahami
·    Cukup Memahami
·    Kurang Memahami
·    Tidak Memahami
5
4
3
2
1
2.
Keruntutan
Teks
· Struktur teks yang digunakan  sangat runtut
· Struktur teks yang digunakan  runtut
· Struktur teks yang digunakan  cukup runtut
· Struktur teks yang digunakan  kurang runtut
· Struktur teks yang digunakan  tidak runtut
5

4
3

2

1
3
Pilihan Kosa kata
·    Sangat variatif dan tepat
·    Variatif dan tepat
·    Cukup variatif dan tepat
·    Kurang variatif dan tepat
·    Tidak variatif dan tepat
5
4
3
2
1
4
Pilihan Tata Bahasa
·    Pilihan tata bahasa sangat tepat
·    Pilihan tata bahasa tepat
·    Pilihan tata bahasa cukup tepat
·    Pilihan tata bahasa kurang tepat
·    Pilihan tata bahasa tidak tepat
5
4
3
2
1

c.       Aspek Keterampilan (Writing Skill)

No.
Aspek yang dinilai
Kriteria
Perolehan skor
1.
Keaslian penulisan
·    Sangat Original
·    Original
·    Cukup Original
·    Kurang Original
·    Tidak Original
5
4
3
2
1
2
Kesesuain isi dengan judul
·    Isi sangat sesuai dengan judul
·    Isi sesuai dengan judul
·    Isi cukup sesuai dengan judul
·    Isi kurang sesuai dengan judul
·    Isi tidak sesuai dengan judul
5
4
3
2
1
3
Keruntutan Teks
·    Keruntutan teks sangat tepat
·    Keruntutan teks tepat
·    Keruntutan teks cukup tepat
·    Keruntutan teks kurang tepat
·    Keruntutan teks tidak tepat
5
4
3
2
1
4
Pilihan kosa kata
·    Pilihan kosa kata sangat tepat
·    Pilihan kosa kata tepat
·    Pilihan kosa kata cukup tepat
·    Pilihan kosa kata kurang tepat
·    Pilihan kosa kata tidak tepat
5
4
3
2
1
5
Pilihan Tata Bahasa
·    Pilihan tata bahasa sangat tepat
·    Pilihan tata bahasa tepat
·    Pilihan tata bahasa cukup tepat
·    Pilihan tata bahasa kurang tepat
·    Pilihan tata bahasa tidak tepat
5
4
3
2
1
6
Penulisan kosa kata
·    Penulisan kosa kata sangat tepat
·    Penulisan kosa kata tepat
·    Penulisan kosa kata cukup tepat
·    Penulisan kosa kata kurang tepat
·    Penulisan kosa kata tidak tepat
5
4
3
2
1
7
Kerapihan tulisan
·    Tulisan rapih dan mudah terbaca
·    Tulisan tidak rapih tetapi mudah terbaca
·    Tulisan rapih tetapi mudah terbaca
·    Tulisan tidak rapih dan sulit terbaca
5
4

3

2

d.      Aspek Keterampilan (Speaking Skill)

No.
Aspek yang dinilai
Kriteria
Perolehan skor
1.
Pengucapan (pronunciation)
·    Hampir sempurna
·    Ada beberapa kesalahan namun tidak menggangu makna
·    Ada beberapa kesalahan dan menggangu makna
·    Banyak kesalahan dan menggangu makna
·    Terlalu banyak kesalahan dan menggangu makna
5
4

3

2

1
2.
Intonasi (intonation)
·    Hampir sempurna
·    Ada beberapa kesalahan namun tidak menggangu makna
·    Ada beberapa kesalahan dan menggangu makna
·    Banyak kesalahan dan menggangu makna
·    Terlalu banyak kesalahan dan menggangu makna
5
4

3

2

1
3.
Kelancaran (fluency)
·    Sangat lancer
·    Lancar
·    Cukup lancar
·    Kurang lancar
·    Tidak lancar
5
4
3
2
1
4.
Ketelitian
·    Sangat teliti
·    Teliti
·    Cukup teliti
·    Kurang teliti
·    Tidak teliti
5
4
3
2
1

 F.        METODE PEMBELAJARAN
·      Scientific Approach, Problem Based Learning.

G.      MEDIA PEMBELAJARAN
·      Gambar, white board, board marker, label nama dan daftar barang

H.      SUMBER BELAJAR
·      Buku paket siswa ‘When English Rings a Bell’.


Menyetujui;
Guru Pamong



Miksalmina, S.Pd.i


Banda Aceh, 3 April 2016
Guru Praktikan



Huslaini
NPM. 1111080060



Mengetahui;
Kepala Sekolah
SMP Islam Ibnu Khaldun



Fakhri
NIP. 19580213 1981031 005










INSTRUMEN PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Bahan ajar
Bentuk
Instrumen
Mengetahui fungsi sosial dari teks label nama dan daftar barang dengan memperhatikan fungsi sosial, stukstur teks dan juga aspek kebahasaan yang benar sesuai konteks.


 Book
-when engglish rings the bells hal : 77
- bright hal : 108


Tulisan
  Instrumen I
Look at the following pictures,, label items with the correct words.
Description: C:\Users\DEWI\Downloads\download (10).jpg Description: C:\Users\DEWI\Downloads\download (11).jpg

Description: C:\Users\DEWI\Downloads\download (13).jpg

Description: C:\Users\DEWI\Downloads\images (18).jpg

 






Siswa dapat mengidentifikasi makna dan unsur kebahasaan pada teks label nama (label) dan daftar barang (list), sesuai dengan konteks penggunaannya.



Tulisan

Write down 5  items of  countable and ancountable.
Siswa mampu membaca nyaring dan memindai teks label nama dan daftar barang, untuk memperoleh informasi dan makna dari teks tersebut.


Lisan
Instruct your friend by using the sentences of  label and list text which had you write ! Pay attention to pause and intonation !
























































KEY ANSWER:

1 - shopkeeper
   - cashier
   - supermarket
   - Price tag
2.
no
countable
uncountable
1
Kite
Sugar
2
Book
Money
3
Dest
Oil
4
Apple
Ink
5
Paper
Water