Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

01 June 2016

Perbedaan Seni dan Desain

Hello Sahabat Kreatif!!!
Banyak orang mengatakan arti kata seni dan desain adalah  sama. Namun sebenarnya seni dan desain itu berbeda satu sama lainnya meskipun untuk membuat keduanya membutuhkan jiwa kreatif. Di kesempatan kali ini saya akan mengatakan bahwa saya tidak setuju dengan pendapat tersebut yang menyatakan desain adalah seni.


Seni vs Desain


Apabila kita lihat dari kata-katanya, seni dan desain merupakan dua Bahasa yang berbeda. Tetapi, mungkin seorang desainer bisa mengatakan  'bahasa rupa' (membuat seni), dan seniman dapat berbicara 'bahasa desain' (melakukan desain). Tidak ada konteks yang dapat mendefenisikan  batas yang jelas antara keduanya, dan tentu ada banyak daerah dengan pendapat yang berbeda dan banyak persimpangan tentang pengertian keduanya. Metodologi dan teknik tidak bisa menetapkan batas-batas satu dengan yang lain.


Memang kalau kita lihat dari fungsi dan penempatannya, keduanya sama-sama merupakan tindakan kreatif. Karena hanya orang kreatiflah yang mampu membuat seni dan mampu membuat desain yang menarik dan indah.


Jika kita berpikir tentang seni dan desain sebagai bahasa yang berbeda dan melihat kosakata masing-masing, desain sangat terbatas dibandingkan dengan seni. Ini lebih memfokuskan pada bagaimana mengekspresikan nya terbatas, kesejahteraan berfokus kosakata (kecantikan, kesuksesan, kebahagiaan) dengan cara baru.


Sementara itu, seni itu menetapkan untuk menemukan ide yang perlu diungkapkan. Tidak ada batas atau tabu, dan materi pelajaran yang bahkan tidak perlu memiliki arti khusus.
Saya tidak mengatakan bahwa pendapat saya tentang perbedaannya itu benar, karena setiap orang berhak menetapkan pendapatnya masing-masing dan tidak ada masalah selama ia mampu menjelaskan alasan atas pemikirannya.  Pada kenyataan yang kita lihat, seorang seni setidaknya bisa membuat desain, dan seorang desainer belum tentu bisa membuat seni.


Baiklah untuk lebih jelasnya marilah kita lihat perbedaannya, di bawah ini saya akan menjelaskan perbedaan antara seni dan desain.


Perbedaan Desain vs Seni
NO
DESAIN
SENI
1
Desain Memecahkan masalah
Seni itu Meningkatkan pertanyaan
2
Desain konklusif
Seni merupakan sebuah debat terbuka
3
Desain adalah seorang aktor yang mengikuti naskah
Seni ialah mereka menulis dan menafsirkan ceritanya sendiri tanpa ada naskah yang diikuti
4
Desain adalah memikirkan mencari solusi
Seni adalah Bahasa jiwa
5
Desain membutuhkan penerimaan kolektif
Seni hanya membutuhkan persetujuan batin
6
Desain adalah tindakan empati
Seni ialah suatu tindakan kebebasan

Mungkin hanya itu dulu perbedaan yang bisa diungkapkan. Dan jika ada yang masih mempunyai perbedaan antara keduanya, silahkan teman-teman tulis di kolom komentarnya agar sama-sama kita mencari perbedaannya.

0 comments:

Post a Comment