Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

19 February 2017

Cara Mudah Menggambar Dengan Teknik Grid dan Bantuan Aplikasi Android

Salam Kreatif !


        Sebelumnya aku ingin mengucapkan terima kasih kepada pembaca semoga apa yang ku posting bermanfaat bagi semuanya. Dalam postingan kali ini aku akan memberikan sedikit trik bagaimana cara memudahkan kamu untuk menggambar dengan proporsi yang tepat.


        Aku mulai menggambar sekitar tiga tahun yang lalu secara otodidak, mencari di berbagai artikel, video youtube dan bertanya pada seniman-seniman yang ku jumpai. Aku bukanlah orang yang punya bakat menggambar dari kecil, aku belajar bidang ini secara tiba-tiba karena aku sangat senang melihat hasil lukisan hingga memotivasiku untuk mencoba belajar menggambar. Awalnya memang terasa susah dan kurang memuaskan, semua gambar yang ku buat sangat jauh dengan gambar aslinya dan hampir saja aku frustasi bagaimana cara menggambar. Namun aku percaya bahwa bakat itu omong kosong, bakat yang sebenarnya ialah kemauan tanpa pernah menyerah. Oleh karena itu aku yakin aku pasti bisa walaupun melewati proses berapapun lamanya.


        Mulai saat itu aku terus mencoba setiap harinya untuk menggambar sebisaku karena aku memang belum punya basic dalam menggambar, tiap hari juga gambarku selalu jadi bahan ejekan teman-teman. Untungnya aku tidak putus aja hingga sekarang aku hampir mahir dalam menggambar, dari situlah aku ambil kesimpulan betapa pentingnya proses, bukan hasil karena guru yang paling berharga ialah pengalaman.


        Berdasarkan pengalaman yang sudah kulewati, aku telah mencoba berbagai teknik menggambar dengan proporsi yang benar mulai dari tidak menggunakan alat bantu hingga yang membutuhkan alat bantu. Dan 3 bulan yang lalu aku mencoba dengan teknik baru yaitu teknik GRID. Menurutku teknik grid merupakan teknik yang paling mudah untuk menemukan proporsi yang sesuai. Aku sudah lama mengenal teknik ini hanya saja aku tidak mencobanya. Ternyata waktu mencoba teknik ini aku langsung menyukainya ini benar-benar membantuku untuk mendapatkan kedetailan sebuah gambar dan menggambar terasa mudah Cuma mengikuti kolom-kolom grid yang sudah kita sesuaikan skala. Sudah beberapa gambar sudah saya buat semuanya terlihat mengesankan.


        Lalu bagaimana cara membuat Grid Drawing?


        Membuat Grid mungkin membutuhkan waktu yang lumayan lama karena kita menggunakan perhitungan Skala foto dengan ukuran gambar yang akan kita buat jadi terlebih dahulu kita menghitung dulu skalanya sesuai dengan berapa banyak kolom yang sudah kita buat pada foto. Pasti membingungkan apalagi kalo tidak bisa metematika.


        Namun jangan kuatir saya akan memberikan solusi bagaimana membuat grid dengan mudah yang bisa langsung kita buat sesuai keinginan. Caranya yaitu dengan bantuan aplikasi. Bagi kamu penggunakan android bisa langsung install aplikasi  di Play Store yang bernama Grid Drawing Maker.  Dengan aplikasi tersebut kamu bisa membuat grid dengan mudah, kamu langsung bisa upload foto dan buat grid dengan fitur yang sudah disediakan kemudian simpan foto yang sudah dibuat grid atau langsung bisa lihat dengan aplikasi tersebut.
Berikut adalah contoh Foto yang yang sudah saya buat grid dan hasil gambarnya

17817_gridImage.pngCaptureghdhsrj.PNG


48874_gridImage.pngIMG20170217003122.jpg



Aku membuat String art juga menggunakan Grid, meskipun ukurannya 60x 80 cm
32904_gridImage.pngIMG_20170130_164512.JPG
27633_gridImage.pngkhkll.PNG
yeah begitulah trick bagaimana cara menggambar dengan teknik grid. Mohon maaf bila terdapat kesalahan, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu. terima kasih

by Huslein Salash

0 comments:

Post a Comment