Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

04 March 2017

Cara Meningkatkan Kreativitas

Salam Kreatif!!

Ada beberapa artikel sebelumnya yang membahas tentang kreativitas. Ya karna memang website ini membahas tentang kreativitas jadi pembahasan tentang kreativitas tidak akan ada habis-habisnya. Dari judul di atas kita bisa lihat yaitu cara meningkatkan sebuah kreativitas. Hal ini sulit-atau bahkan mustahil-untuk mengukur kreativitas seseorang, dan semua orang kreatif dengan caranya sendiri. Namun, ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengekspresikan kreativitas Anda lebih sering dan lebih efektif. Anda akan harus berkomitmen untuk membuat kreativitas itu sebagai sebuah praktik.

      A.   Menjadi lebih kreatif dari sebelumnya
         
     Jangan merasa cukup dengan apa yang kamu peroleh sekarang ini mungkin menurut kamu sudah paling kreatif. Walaupun begitu kreativitas masih bisa kita tingkatkan yaitu dengan cara:

Biarkan diri kita untuk berbeda, bahkan jika itu tidak bisa diterima. Berbeda dari apa yang dianggap "normal". Jangan takut untuk bertanya dan berbagi pengalaman.  kita mungkin tidak pernah tahu apakah ide-ide kita dipandang sebagai kreatif oleh orang lain. Berpikir kreatif adalah tentang menjadi di luar kotak. Melepaskan setiap gagasan bahwa ide-ide kita akan dinilai, atau dianggap "benar" atau "salah". Berbicara tentang pikiran, terutama jika kita berpikir bahwa itu adalah sesuatu yang ingin berbagi dengan orang lain.

Luangkan waktu setiap hari untuk menjadi kreatif. Kreativitas bukan hanya bawaan; itu adalah sesuatu yang Anda pelajari dan berlatih setiap hari. Tidak ada novelis, pelukis, pembuat film, atau musisi yang pernah dibuat karir dengan hanya duduk dan membiarkan ide-ide mengalir. Mereka bekerja dengan kreativitas, belajar kerajinan mereka dan datang dengan ide-ide kreatif setiap hari. ide-ide kreatif hanya datang selama karya kreatif.

• Pada awalnya, sisihkan 20 menit setiap hari untuk bekerja pada kreativitas kita. Kita dapat membangun hingga komitmen waktu yang lebih besar saat mengasah kemampuan.
• Bahkan jika tidak ingin bekerja di bidang kreatif, berlatih seni kreatif (lukisan, musik, dll) setiap hari dapat membantu meningkatkan kreativitas dalam kehidupan sehari-hari.

Penasaran. Mencari apa pun yang kita tidak tahu. Membaca buku atau belajar keterampilan yang menarik. Memulai percakapan dengan orang-orang sebuah cerita yang kita ingin tahu. Semakin banyak materi yang tersimpan di kepala kita, koneksi kreatif yang lebih baik juga dapat makin bertambah dalam kehidupan kita.

Mendapatkan istirahat yang cukup. Jika kita lelah, ada gunanya mencoba untuk memeras sesuatu yang kreatif dari kepala Anda; ide-ide radikal mungkin kurang cenderung muncul ketika kita terkuras. Tidur siang atau istirahat untuk mengisi ulang energi. Maka kita dapat berpikir lebih baik ketika pikiran segar, dan kita dapat mendatangkan  ide-ide kreatif secara lebih mudah.

• Sel-sel otak kita perlu glukosa untuk bekerja dengan baik. Coba permen, cokelat, atau beberapa makanan ringan. Sebagian besar jenis makanan yang mengandung gula atau pati akan menjadi gula sederhana pada akhirnya, diserap oleh tubuh dan digunakan untuk memberi makan semua sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak, sehingga mereka dapat terus berfungsi.
• ketika kita mengalami dehidrasi, akan ada lebih sedikit koneksi di otak. Ini kadang-kadang memberi perasaan "otak-deadness".

Menyerap beragam pengaruh, termasuk yang tidak berhubungan dengan bidang Anda. Ketika kita sangat terlibat dengan hal-hal yang sangat banyak, kita mengaktifkan diri untuk menjadi benar-benar kreatif. Kreativitas adalah tentang menjembatani kesenjangan yang tak terduga - misalnya, mengambil pengaruh dari ilmu pengetahuan dan arsitektur menjadi seni.

• The Beatles adalah sebagian terkenal karena kemampuan mereka untuk membawa pengaruh Timur dan instrumen, seperti sitar, menjadi Rock dan roll. T novelis terkenal, David Foster Wallace menulis karya utamanya Tak Terbatas Jest setelah bertahun-tahun mempelajari tenis, kecanduan narkoba, matematika, dan ilmu cahaya dan optik.

• Travel adalah cara yang bagus untuk menyerap pengaruh baru. Pergi ke suatu tempat baru dan mengeksplorasi pikiran kita untuk inspirasi. Jika tidak mampu untuk pergi jauh, pergi untuk berjalan-jalan dan menuliskan apa yang kita lihat dan dengar. Atau, menarik inspirasi dari buku.

Bersantai. kita tidak akan memiliki ide-ide kreatif setiap menit ,setiap hari, pernah tapi itu tidak apa-apa. Ketika mencoba untuk memaksa kreativitas, kita dapat secara efektif memblokir. Jangan menendang diri sendiri untuk ide-ide yang buruk, karena mereka adalah bagian alami dari proses kreatif. Hanya terus berusaha untuk menjadi kreatif setiap hari, dan ide-ide yang baik akhirnya akan datang.

B. Meningkatkan Kreativitas pada Proyek Tertentu

          Selain kreativitas dalam hidup kita, kita juga bisa juga meningkatkan kreativitas pada proyek-proyek tertentu seperti:

Percobaan bebas. Menjadi kreatif adalah tentang mengambil lompatan imajinasi, mencoba hal-hal baru, dan melihat apa yang terjadi. Mencoba ide baru dan gila atau teknik, mengubah alur kerja normal kita, dan memotong dan menyisipkan pekerjaan dengan cara baru dan menarik. Banyak dari percobaan ini akan gagal, tetapi kreativitas adalah tentang menemukan satu keterlaluan-hal baru yang berhasil.

Jangan menilai ide sementara curah pendapat. Tidak setiap ide kreatif akan menjadi salah satu yang baik, dan tidak apa-apa! Jika kita takut gagal, atau memiliki ide yang buruk, kita tidak akan pernah menjadi  lebih baik. Berhenti menilai ide-ide saat kita pergi; sebaliknya, menuliskan sebanyak mungkin. Setelah selesai, barulah kita akan memilih melalui menemukan ide-ide untuk yang baik. Ide mungkin berpikir buruk mungkin benar-benar fantastis ketika dipasangkan dengan sebuah ide yang menyerang kita di kemudian hari. tapi kita tidak akan pernah tahu jika kita menghapus ide.

Mencampur dan mencocokkan ide-ide lama. "Sebuah gagasan tidak lebih dan tidak kurang dari kombinasi baru dari unsur lama.  Ambil dari apa pun yang kita bisa. Bermutasi itu, clone, dan menggabungkannya sampai kita memiliki sesuatu yang kreatif yang dapat kita hubungi sendiri. Kita tidak perlu berpikir itu sebagai mencuri; ini adalah bagaimana seni itu dimulai:

• The Rolling Stones mencampur delta blues dengan rock Inggris and roll untuk baru, gaya honky-tonk.
• William Faulkner, pemenang Hadiah Nobel penulis, mengambil alur, gaya memabukkan James Joyce dan dikombinasikan dengan sejarah spiritual dan ras dari rumahnya di Amerika Selatan.
• Kubisme, bentuk seni Picasso, yang dikembangkan dari percobaan dengan Impresionisme dan topeng bergaya Afrika dan patung Asia.

Mengubah lingkungan kita ketika merasa terbatas atau stres. Stres bisa menjadi penghalang untuk kemampuan untuk mengekspresikan kreativitas. Jika merasa terbatas, stres, atau tertekan, pindah ke lokasi lain yang mungkin lebih santai, seperti taman atau balkon. Cobalah mendengarkan musik untuk merangsang sel-sel otak untuk membuat koneksi. Menempatkan pada beberapa musik, menuju luar, atau beralih meja dapat memecahkan suasana yang membosankan dan membuat kita kembali bekerja.

Bekerja dengan proyek-proyek orang lain. Kadang-kadang, hanya meminta masukan dapat memberikan "Eureka!" Saat Anda cari. pikiran setiap orang berbeda, dan pengaruh yang menginspirasi orang lain mungkin sekali berbeda dari seluk-beluk lingkungan mental kita sendiri. Seseorang dapat membuat komentar yang jelas diberikan latar belakang mereka, tetapi kita tidak pernah memikirkannya. Mendapatkan orang lain yang terlibat akan menyebabkan lebih banyak pengaruh dan ide-ide berbenturan, yang dapat memacu kreativitas yang lebih besar.

• Ini tidak berarti kita tidak bisa bekerja sendiri. Mengembangkan sebuah proyek dalam kesendirian, kemudian mengirim draft ke teman terpercaya sedikit dan meminta kritik.

Coba freewriting atau menggambar. Ini berarti bahwa setelah pena berjalan pada halaman kertas, kita tidak melepasnya. Buatlah diri Anda bekerja tanpa berhenti atau menilai untuk lima menit meledak waktunya. Ini adalah besar pemanasan untuk kreativitas: dibutuhkan pikiran dari penghakiman, dan dapat menyebabkan ide-ide baru yang tak terduga sebagai ras otak untuk terus mengisi halaman. Hal ini juga mendapat otak kita bekerja kreatif setiap hari.

Luangkan waktu untuk bekerja pada proyek-proyek lainnya. Hal ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi mengambil beberapa waktu jauh dari proyek kreatif kita saat memberi kita ruang untuk berpikir. Ketika kembali, kita akan datang itu dengan sepasang mata segar. Hai ini mungkin dapat lebih melihat bidang perbaikan atau untuk membuat sambungan yang tidak bisa kita bayangkan sebelumnya.


Itulah beberapa tips untuk meningkatkan kreativitas kita. Semoga bacaan ini bisa bermanfaat dan bisa mengubah pola pikir kita ke arah yang lebih kreatif.

0 comments:

Post a Comment