Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

14 September 2016

Membuat Kaligrafi dari kulit jagung

Pada musim panen jagung seperti saat ini, banyak sekali kita lihat limbah kulit buah jagung hasil panen petani yang bertumpuk dan berserakan. Oleh karena itu aku mencoba untuk memanfaatkan limbah kulit jagung tersebut untuk membuat suatu kerajinan tangan daripada hanya terbuang dan dibakar.


Sebenarnya ide ini muncul ketika aku sedang ikut memanen jagung milik orang tua saya di kampung dan saat memetik buah jagung aku melihat dengan teliti tekstur kulit jagung dan warnanya. selain itu juga memiliki serat seperti kertas. pada saat itu juga aku mendapat ide untuk membuat lukisan dari bahan kulit jagung dan saya mencoba membuat itu selang beberapa hari setelah itu.


Apakah semua kulit buah jagung bisa digunakan?

Pada dasarnya semua bisa digunakan. Namun untuk membuat kerajinan tangan dalam bentuk lukisan sebaiknya kulit jagung terlebih dahulu dipilih yaitu yang bersih, warnanya merata dan bebas dari bintik-bintik hitam biasanya kulit jagung bagian tengah sebelum kulit arinya. bentuknya lebih halus dan tidak keras sehingga mudah untuk membentuknya.

Nah percobaan pertamaku aku membuat sebuah kaligrafi dari potongann-potongan kulit jagung yang dipadukan dengan cat air dan ditempelkan di atas sebuah karton. untuk pertama kali aku rasa prosesnya memang terasa ribet dan butuh waktu lama karna selain menempelkan kita juga harus memotong dan menyambungkan kulit jagung tersebut sesuai dengan ukuran sketsa yang kita buat. jadi harus lebih teliti dan sabar.
apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan kulit jagung?


Alat dan bahan
  • Kulit jagung
  • pisau
  • gunting
  • Lem

0 comments:

Post a Comment