Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

01 May 2016

RPP Bahasa Inggris K 13 VII Semester Genap Terbaru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SMP ISLAM IBNU KHALDUN
Mata Pelajaran                         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII/Genap
KD 3.7                           :Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat  orang, binatang, dan benda.
Alokasi Waktu                         : 12 x 40 menit

A.      KOMPETENSI INTI (KI)
KI.1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4  : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional  yang diwujudkan dalam semangat belajar
1.1.1   Mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris dan manfaatnya.
2.1.   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.1.1  Menyelesaikan tugas     bahasa inggris tepat waktu
2.1.2  Menyelesaikan tugas yang menjadi bagiannya dalam kerja kelompok
2.1.3  Datang tepat waktu pada saat mengerjakan tugas kelompok di luar jam pelajaran.
2.3     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.3.1  Menunjukan perilaku percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris tentang menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda berdasarkan konteks.
3.7. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.1   Mengidentifikasikan fungsi sosial yang terdapat dalam teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.2   Menjelaskan struktur teks deskriptif yang berkaitan dengan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.3   Menerangkan unsur kebahasaan  untuk menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.4   Mendeskripsikan sifat orang, binatang, dan benda secara tertulis dengan tepat berdasarkan gambar.
3.7.5   Menemukan makna yang terdapat dalam teks atau gambar yang menyatakan sifat orang,binatang dan benda
4.8.   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.8.1  Membuat teks percakapan untuk menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8.2  Melakukan percakapan yang menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.

C.      MATERI PEMBELAJARAN
1.    MATERI REMEDIAL
a.    Fungsi sosial
            Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mencela dan mengagumi.
b.    Struktur teks
·      (ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
·      Young, old, clever, big, small, easy, difficult, diligent, tired, tall, short, beautiful, dan semacamnya.
·      It’s…,They’re..,I’m.., dan semacamnya.
·      Is it small? What is he like? What are they like? Are you tired? What do you think? dan semacamnya.
c.    Unsur kebahasaan
·      Kata tanya         : What? Which? How?
·      Nama benda-benda dan hewan yang sangat lazim di sekitar rumah dan sekolah dan terkait sifatnya.
·      Kata ganti          : it, they, this, that, those, these.
·      Kata kerja dalam simple present tense : be, have.
·      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.

2.    MATERI REMEDIAL
b.    Unsur Kebahasaan
c.    Tata Bahasa teks deskripsi

3.    MATERI PENGAYAAN
a.    Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang dan hewan

4.    TOPIK
Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.

29 April 2016

Tips Menggambar Wajah Realis

Apakah anda ingin mengembangkan bakat menggambar realis dengan pensil?

  Menggambar adalah semua bicara tentang pengamatan. Ini tentang bagaimana kita memahami apa yang kita lihat dan membuat tertarik untuk mencoba menggambar objek tersebut. Tapi jika kita tidak tahu apa yang harus dilakukan, alat apa aja yang harus dipersiapkan, bagaimana hasilnya nanti?. Namun pada dasarnya menggambar bisa menggunakan pensil apa aja selama menurut kita itu bagus dan nyaman kita gunakan untuk menggambar. Yang terpenting kita tahu bahwa beda pensil juga akan berpengaruh dengan hasil yang kita buat nantinya. Oleh karena itu, kalau kita ingin mengembangkan bakat menggambarmu dan bisa menggambar se detail mungkin sesuai objek yang kita inginkan maka hal pertama yang harus kamu lakukan ialah belajar mengamati objek, skala, bentuk, dan cara. Kalau tidak, menggambar detail dan akurat akan menjadi sangat sulit. Sebagai contoh yang paling sesuai ialah menggambar wajah. Inilah sebabnya mengapa kita perlu memahami proporsi wajah umum, merancang strategi untuk menangani tekstur, dan menggabungkan metodologi untuk memastikan ketepatan bentuk dan kelihatan asli seperti gambar aslinya. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini asal kita tidak pernah untuk menyerah, selalu ingin mencoba meskipun sering gagal karena segala sesuatu itu tidak ada yang instan tapi harus melalui dulu beberapa proses, kegagalan dan keringat

Hal yang harus kita miliki jika ingin melakukan sesuatu bidang yang kita inginkan ialah :

1.  Niat
         Niat adalah hal dasar yang harus kita punya dalam melakukan sesuatu. Seberapa besar niat kita untuk belajar sampai bisa. Karena tanpa niat apapun yang kita lakukan pasti akan sia-si

2.  Tujuan
         Tujuan disini ialah apa yang ingin kita capai setelah kita bisa nantinya. dalam segi menggambar, pasti sebelum tertarik untuk belajar, sudah lebih dulu memperhatikan karya orang lain yang luar biasa. Setiap kita pasti juga mempunyai Idola masing-masing. dan sekarang kita berpikir mengapa mereka bisa menggambar hebat seperti itu. Ingat orang hebat itu tidak instan, mungkin mereka juga pernah merasa seperti yang kita rasakan sekarang ini dan tentunya mereka juga sudah pernah menjalani proses seperti kita hanya saja mereka lebih dulu. Tidak ada yang tidak mungkin, tanamkan di pikiran kita bahwa kita pasti bisa menggambar seperti mereka. Selain itu masih banyak lagi tujuan orang belajar menggambar di antaranya ingin menjadi orang terkenal, menjadikan profesi untuk mendapatkan penghasilan dan ada yang sekedar hobi dan bahkan ada pula hanya untuk menarik perhatian seseorang.

3.  Kemauan
        Kemauan itu merupakan sesuatu yang sangat penting. orang cerdas bahkan bisa dikalahkan sama orang yang mau belajar. Rasa penasaran lah yang membuat kita ingin mencoba dan mencoba lagi, setiap ada waktu luang cobalah mengambil kertas dan pensil dan mulailah menggambar. Terkadang saya juga bingung ketika tidak ada ide untuk menggambar namun setelah mendapat saran dari guru saya akhirnya saya mengerti ketika kita tidak tau untuk menggambar apa, coba perhatikan di sekitarmu, objek apa yang paling menarik. dan jika ingin menggambar wajah, cobalah gambar orang-orang terdekat seperti keluarga, teman atau terserah siapa aja yang kamu inginkan. atau mulailah keluarin hp kamu dan buka galeri foto dan gambar salah satunya.

4. Semangat
    Bayangkan ketika badan kita kurang sehat, baik itu pikiran pasti kita agak malas melakukan apapun apalagi untuk menggambar. Itu akan membuatmu semakin lelah dan hasil gambar kitapun tak seperti yang kita harapkan. Oleh karena itu sebelum menggambar pastikan kesehatan badan dan pikiran kita tidak sedang bermasalah. 

5. Doa
     Doa adalah kunci segalanya, maka jangan lupa berdoa kepada Allah yang Maha memberi petunjuk. minta petunjuk kepadaNya.

       Di atas saya telah membahas sedikit saran bagaimana mengembangkan bakat menggambar realis. Namun tidak hanya itu aja yang harus kita punya. Tetapi kembali lagi pada diri kita sendiri, coba untuk memahami bagaimana diri kita sudahkah kita mengerti dan seberapa hebat kah kemampuan kita. Kita boleh saja berusaha untuk menjadi yang terbaik, tetapi jangan pernah berpikir kitalah yang terbaik.  Karena setinggi-tingginya gunung pasti ada yang lebih tinggi lagi.

         Baiklah karena kita bicara tentang diri sendiri, mari kita intropeksi diri lebih dalam lagi tentang kemampuan menggambar yang sudah kita geluti. 

      Tanyakan pada diri kita sendiri
          Muncul beberapa pertanyaan yang harus kita jawab!
  1. Apakah kamu tahu pentingnya struktur yang mendasari wajah dan kepala dan bagaimana hasil dari  apa yang kita gambar?
  2. Apakah kamu tahu proporsi dasar wajah dan bagaimana kamu dapat menerapkan perbedaan teori proporsional gambar dengan apa yang kita kerjakan?
  3. Apakah kamu tahu bagaimana wajah dan kepala dapat dipisahkan ke beberapa bagian khusus yang memudahkanmu untuk membuat shading (arsiran)?
  4. Apakah Anda ingin menggambar mata yang super realistis dari kedua pandangan frontal dan profil?
  5. Ingin menggambar hidung realistis dengan hanya beberapa, garis mudah, imbang dan arsirannya yang strategis?
  6. Ingin menangkap bentuk tekstur kulit yang realistis?
  7. Apakah Anda tahu rahasia untuk menggambar mulut dan gigi yang realistis?
  8. Ingin belajar bagaimana untuk menciptakan bentuk rambut yang realistis?
  9. Apakah Anda tahu rahasia tata letak yang digunakan oleh seniman potret dan ilustrator yang memastikan akurasi dengan setiap gambar?
  10. Apakah Anda yakin bahwa Anda harus "berbakat" untuk mendapatkan hasil yang profesional?

Sketsa Wajah Realis Dengan Pensil

Berikut adalah lukisan pensil terbaruku

Benedict Cumberbatch on Paper
size A3 Linen Paper
Teknik : Arsir dan Dusel

Alat dan Bahan : Pensil Faber Castell (HB, 2B, 5B, 8B) pensil mekanik, kapas, serbuk arang

Profil Benedict Cumberbatch Beserta Filmnya

            Tidak sah rasanya bila tidak memperkenalkan sosok aktor dalam lukisan ini, bagi yang belum tau profilnya saya akan menjelaskan sedikit. siapa yang tidak kenal dengan sosok aktor tampan dan tinggi satu ini. Salah satu perannya yang paling bergengsi ialah ketika memerankan Sherlock Holmes (2010). Dalam film itu dia berperan sebagai seorang detektif dengan intelektual tinggi yang mampu memecahkan berbagai kasus yang besar yang tidak mampu dipecahkan oleh orang lain. Setelah sukses di film seri pertama, namanya semakin terkenal sehingga dia masih dipercayakan memerankan tokoh Sherlock di film seri berikutnya. 

               Benedict Lahir di Inggris pada 19 juli 1996, dia merupakan putra dari aktor Timothy carlton dan ibunya seorang Aktris bernama Wanda Ventham. Ibunya pernah melarang dirinya untuk turun kedunia akting karena terasa begitu kuno bila harus mengikuti jejak orang tuanya, namun dia tetap mempertahankan keinginannya untuk berakting hingga bisa menjadi aktor yang sukses sampai sampai sekarang. 
        Setelah sukses menjadi Sherlock, dia kemudian berperan sebagai Doctor Strange (2016). Film ini sangat terkenal sekarang ini karna perannya yang luar biasa, dia menjadi seorang Doctor ahli saraf yang sangat profesional, tapi karakternya sangat arogan, angkuh dan egois. Setelah dia mengalami kecelakaan yang membuat ia lumpuh karena jaringan sarafnya rusak. Meski telah mencoba berobat di rumah sakit manapun dan menghabiskan semua uangnya untuk mendapatkan pengobatan, lumpuhnya tetap tidak bisa disembuhkan sehingga dia ingat dengan seorang pasien yang pernah ditolaknya. Dari pasiennya dia dapat informasi bahwa dia harus berobat di suatu tempat yang sangat jauh. Disana dia bertemu dengan seorang ahli sihir yang bisa melakukan apapun, guru tersebut menampakkan suatu fenomena yang belum pernah dilihatnya selama dia hidup dan tidak masuk akal karna dia seorang yang sangat fanatik dengan ilmu pengetahuan. Master itu bahkan tidak menyembuhkannya dia hanya melatih untuk menguasai ilmu magic. Lama-kelamaan dia mulai terobsesi dengan magic dan mempelajarinya lewat buku-buku sihir yang ada diperpustakaan. Akhirnya dia menguasai sebuah ilmu sihir dan bisa mengendalikan waktu dan bisa berteleportasi. Dari sifatnya yang angkuh dan somboh tadi, dia mulai berubah dan mempunyai misi menyelamatkan dunia dari kehancuran yang dilakukan oleh sihir hitam.

"when The rain splash your body"
size A3 Drawing Book
Teknik : Arsir dan Dusel

Alat dan Bahan : Pensil Faber Castell (HB, 2B, 5B, 8B) pensil mekanik, kapas, serbuk arang

mohon kritik dan sarannya