RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP ISLAM IBNU KHALDUN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/Genap
KD
3.7 :Teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan
benda.
Alokasi Waktu : 12
x
40 menit
A.
KOMPETENSI
INTI (KI)
KI.1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 :
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI
DASAR dan INDIKATOR
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
|
1.1.1
Mengungkapkan rasa syukur atas
kesempatan dapat belajar bahasa Inggris dan manfaatnya.
|
2.1.
Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
|
2.1.1 Menyelesaikan tugas bahasa inggris
tepat waktu
2.1.2 Menyelesaikan
tugas yang menjadi bagiannya dalam kerja kelompok
2.1.3 Datang tepat waktu
pada saat mengerjakan tugas kelompok di luar jam pelajaran.
|
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan
cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
2.3.1 Menunjukan perilaku percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris tentang menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda berdasarkan konteks.
|
3.7. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.7.1
Mengidentifikasikan fungsi sosial yang terdapat
dalam teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.2
Menjelaskan struktur teks deskriptif yang
berkaitan dengan menanyakan sifat orang, binatang,
benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.3
Menerangkan unsur kebahasaan untuk menanyakan sifat
orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.4
Mendeskripsikan sifat orang, binatang, dan benda secara tertulis dengan tepat berdasarkan gambar.
3.7.5
Menemukan
makna yang terdapat dalam teks atau gambar yang menyatakan sifat
orang,binatang dan benda
|
4.8.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat
orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.8.1 Membuat teks percakapan untuk menanyakan
sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8.2 Melakukan percakapan yang menanyakan
sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
C.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
MATERI REMEDIAL
a. Fungsi
sosial
Mengidentifikasi,
mengenalkan, memuji, mencela dan mengagumi.
b. Struktur
teks
· (ungkapan
hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
· Young, old, clever, big, small,
easy, difficult, diligent, tired, tall, short,
beautiful, dan semacamnya.
· It’s…,They’re..,I’m..,
dan semacamnya.
· Is it small? What is he like? What
are they like? Are you tired? What do you think?
dan semacamnya.
c. Unsur
kebahasaan
· Kata
tanya : What? Which? How?
· Nama
benda-benda dan hewan yang sangat lazim di sekitar rumah dan sekolah dan
terkait sifatnya.
· Kata
ganti : it, they, this, that, those, these.
· Kata
kerja dalam simple present tense : be,
have.
· Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.
2.
MATERI REMEDIAL
b.
Unsur
Kebahasaan
c.
Tata Bahasa teks
deskripsi
3. MATERI
PENGAYAAN
a.
Teks lisan dan tulis untuk menyatakan
dan menanyakan sifat orang,
binatang dan hewan
4.
TOPIK
Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan
kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin,
jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
D.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
·
Menggambarkan
sifat orang
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru memberi salam (greeting).
b.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran.
d.
Guru memberi motivasi
belajar siswa secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari,
dengan memberikan contoh dan
perbandingan.
e.
Guru mengajukan tentang kaitan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.
Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar
yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Mengamati
1.
Siswa mengamati
gambar tentang kegiatan yang sedang dilakukan seseorang.
2.
Siswa mengidentifikasi
sifat-sifat orang yang ada di dalam gambar.
3.
Siswa menuliskan sifat-sifat orang
berdasarkan gambar.
b.
Menanya
1.
Dengan pertanyaan yang diarahkan oleh
guru, siswa terpancing untuk bertanya bagaimana menyatakan sifat orang-orang tersebut sesuai dengan konteks
penggunaanya dalam bahasa inggris.
c.
Mengumpulkan Informasi
1.
Siswa mengidentifikasi dan menyebutkan sifat-sifat
orang berdasarkan gambar.
2.
Siswa menyebutkan kegiatan yang
dilakukan oleh orang di dalam gambar.
d.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan dari hasil
mengidentifikasi sifat-sifat orang berdasarkan gambar.
e.
Mengkomunikasikan
·
Siswa membuat teks sederhana tentang
kegiatan seseorang berdasarkan gambar.
3. Penutup (10 menit)
a.
Guru beserta siswa membuat
rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.
Guru memberikan penilaian atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d.
Guru memberikan tugas ,baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan yang akan datang.
PERTEMUAN KEDUA
·
Mendeskripsikan
ciri fisik seseorang
1.
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru memberi salam (greeting).
b.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran.
d.
Guru memberi motivasi
belajar siswa secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari,
dengan memberikan contoh dan
perbandingan.
e.
Guru mengajukan tentang kaitan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.
Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar
yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
a.
Mengamati
1.
Siswa mengamati gambar, mendengar dan membaca ungkapan sederhana
tentang ciri-ciri fisik seseorang.
2.
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri fisik
orang yang ada di dalam gambar.
3.
Siswa menuliskan ciri-ciri fisik orang
berdasarkan gambar.
b.
Menanya
1.
Dengan pertanyaan yang diarahkan oleh
guru, siswa terpancing untuk bertanya mengenai ungkapan untuk menyatakan ciri-ciri fisik seseorang dengan
konteks penggunaanya dalam bahasa inggris.
c.
Mengumpulkan Informasi
1.
Siswa
menuliskan dan mengungkapkan ciri-ciri fisik teman sekelasnya
2.
Siswa mengidentifikasi dan menyebutkan
ciri-ciri fisik orang berdasarkan gambar.
d.
Mengasosiasi
·
Siswa membandingkan ungkapan dari
hasil mengidentifikasi ciri-ciri fisik orang berdasarkan gambar dengan bahasa sehari hari.
f.
Mengkomunikasikan
·
Siswa membuat paragrap sederhana tentang
ciri-ciri fisik seseorang berdasarkan gambar.
3.
Penutup
(10 menit)
a.
Guru beserta siswa membuat
rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.
Guru memberikan penilaian atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d.
Guru memberikan tugas ,baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan yang akan datang.
PERTEMUAN KETIGA
·
Menuliskan
karakter teman dalam tabel
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru memberi salam (greeting).
b.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran.
d.
Guru memberi motivasi
belajar siswa secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari,
dengan memberikan contoh dan
perbandingan.
e.
Guru mengajukan tentang kaitan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.
Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar
yang akan dicapai.
2. Kegiatan inti (60 menit)
a. Mengamati
1. Siswa
mengamati contoh tabel yang
berisi karakter teman sekelas
2. Siswa
mengidentifikasi kata sifat yang ada di dalam tabel.
b. Menanya
· Dengan
pertanyaan yang diarahkan oleh guru, siswa terpancing untuk bertanya tentang ungkapan menyatakan kegiatan beserta sifat
seseorang sesuai konteks penggunaanya dalam bahasa inggris.
c. Mengumpulkan
Informasi
· Siswa
mengidentifikasi satu persatu
karakter teman dan bertukar pendapat
dengan teman lainnya.
d. Mengasosiasi
· Siswa
membandingkan ungkapan dari
hasil mengidentifikasi karakter teman
yang sudah dikumpulkan
e. Mengkomunikasikan
1. Siswa
membuat tabel berdasarkan contoh
2. Siswa
menuliskan karakter teman
sesuai dengan contoh tabel yang diberikan
3.
Penutup (10
menit)
a.
Guru beserta siswa membuat
rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.
Guru memberikan penilaian atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d.
Guru memberikan tugas ,baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan yang akan datang.
PERTEMUAN KEEMPAT
• Menuliskan ciri fisik teman dalam tabel
1. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru memberi salam (greeting).
b.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran.
d.
Guru memberi motivasi
belajar siswa secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari,
dengan memberikan contoh dan
perbandingan.
e.
Guru mengajukan tentang kaitan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.
Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar
yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
inti (60 menit)
a. Mengamati
1. Siswa
mengamati contoh tabel yang
berisi ciri fisik teman sekelas
2. Siswa
mengidentifikasi kata kata sifat
yang menyatakan ciri-ciri orang yang ada di dalam
tabel.
b. Menanya
· Dengan
pertanyaan yang diarahkan oleh guru, siswa terpancing untuk bertanya tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan ciri fisik seseorang
sesuai konteks penggunaanya dalam bahasa inggris.
c. Mengumpulkan
Informasi
· Siswa
mengidentifikasi satu persatu ciri
fisik teman dan bertukar pendapat dengan
teman lainnya.
d. Mengasosiasi
· Siswa
membandingkan ungkapan dari
hasil mengidentifikasi ciri fisik
teman yang sudah dikumpulkan
e. Mengkomunikasikan
1.
Siswa membuat tabel berdasarkan contoh
2. Siswa
menuliskan ciri fisik teman
sesuai dengan contoh tabel yang diberikan
3.
Penutup
(10 menit)
a. Guru
beserta siswa membuat
rangkuman atau simpulan pelajaran.
b. Guru
memberikan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c. Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru
memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik.
e. Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.
PERTEMUAN KELIMA
· Melakukan Role play
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru memberi salam (greeting).
b.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran.
d.
Guru memberi motivasi
belajar siswa secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari,
dengan memberikan contoh dan
perbandingan.
e.
Guru mengajukan tentang kaitan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.
Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar
yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
a. Mengamati
· Siswa
mengamati beberapa percakapan
tentang menyatakan sifat dan ciri fisik seseorang.
· Siswa
membaca teks tersebut setelah guru membacanya
b. Menanya
1. Dengan
pertanyaan yang diarahkan oleh guru, siswa terpancing untuk bertanya tentang maksud dari teks percakapan tersebut.
c. Mengumpulkan
Informasi
· Siswa
mengidentifikasi kata sifat yang
terdapat dalam teks dan cara pengucapannya
d. Mengasosiasi
· Siswa
membandingkan ungkapan dari
hasil mengidentifikasi kata sifat yang
terdapat dalam teks.
e. Mengkomunikasikan
· Siswa
bekerja dengan pasangannya (pair work)
· Siswa melakukan role play sesuai contoh yang sudah
diberikan
· Penutup (10 menit)
a.
Guru beserta siswa membuat
rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.
Guru memberikan penilaian atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d.
Guru memberikan tugas ,baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan yang akan datang.
PERTEMUAN KEENAM
· Mengidentifikasi bentuk fisik binatang
1. Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
a.
Guru memberi salam (greeting).
b.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran.
d.
Guru memberi motivasi
belajar siswa secara
kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari,
dengan memberikan contoh dan
perbandingan.
e.
Guru mengajukan tentang kaitan antara
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.
Guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran
atau kompetensi dasar
yang akan dicapai.
2. Kegiatan Inti (60 menit)
a. Mengamati
1. Siswa
mengamati gambar tentang ciri-ciri fisik binatang.
2. Siswa
mengidentifikasi ciri-ciri fisik binatang yang ada di dalam gambar.
3. Siswa
menuliskan ciri-ciri fisik binatang berdasarkan gambar.
b. Menanya
· Dengan
pertanyaan yang diarahkan oleh guru, siswa terpancing untuk bertanya tentang ungkapan menyatakan sifat dan bentuk fisik
binatang.
c. Mengumpulkan
Informasi
· Siswa
mengidentifikasi dan menyebutkan ciri-ciri fisik binatang berdasarkan gambar.
d. Mengasosiasi
· Siswa
membandingkan ungkapan dari
hasil mengidentifikasi ciri-ciri fisik binatang berdasarkan gambar.
f. Mengkomunikasikan
a. Siswa
membuat paragrap sederhana tentang ciri-ciri fisik binatang berdasarkan gambar.
b.
Siswa mengisi
teka-teki silang tentang binatang
3. Penutup (10 menit)
a.
Guru beserta siswa membuat
rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.
Guru memberikan penilaian atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d.
Guru memberikan tugas ,baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan yang akan datang.
E. PENILAIAN
1.
Jenis/teknik
penilaian
a.
Jenis
Penilaian : Autentic assessment
b. Teknik Penilaian :
1. Sikap
: Non Tes
2. Pengetahuan : Tes tulis dan Tes Lisan
3. Ketrampilan : Tes
2. Bentuk instrumen dan instrumen
a.
Lembar
Observasi
b.
Daftar
pertanyaan
c. Unjuk Kerja
3.
Pedoman Penskoran :
a. Aspek Sikap
No.
|
Aspek yang
dinilai
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Jujur
|
· Sangat sering
menunjukkan sikap jujur
· Sering
menunjukkan sikap jujur
· Beberapa kali
menunjukkan sikap jujur
· Pernah
menunjukkan sikap jujur
· Tidak pernah
menunjukkan sikap jujur
|
5
4
3
2
1
|
2
|
Disiplin
|
· Sangat sering
menunjukkan sikap disiplin.
· Sering
menunjukkan sikap disiplin
· Beberapa kali
menunjukkan sikap disiplin
· Pernah
menunjukkan sikap disiplin
· Tidak pernah
menunjukkan sikap disiplin
|
5
4
3
2
1
|
3.
|
Percaya
diri
|
· Sangat sering
menunjukkan sikap percaya diri
· Sering
menunjukkan sikap percaya diri
· Beberapa kali
menunjukkan sikap percaya diri
· Pernah
menunjukkan sikap percaya diri
· Tidak pernah
menunjukkan sikap percaya diri
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Kerja
sama
|
· Sangat sering
menunjukkan sikap kerja sama
· Sering
menunjukkan sikap kerja sama
· Beberapa kali
menunjukkan sikap kerja sama
· Pernah
menunjukkan sikap kerja sama
· Tidak pernah
menunjukkan sikap kerja sama
|
5
4
3
2
1
|
b. Aspek
Pengetahuan
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria
|
Perolehan skor
|
1.
|
Tujuan
Komunikatif
|
· Sangat
Memahami
· Memahami
· Cukup Memahami
· Kurang
Memahami
· Tidak Memahami
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Keruntutan Teks
|
· Struktur teks
yang digunakan sangat runtut
· Struktur teks
yang digunakan runtut
· Struktur teks
yang digunakan cukup runtut
· Struktur teks
yang digunakan kurang runtut
· Struktur teks
yang digunakan tidak runtut
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Pilihan Kosa
kata
|
· Sangat
variatif dan tepat
· Variatif dan
tepat
· Cukup variatif
dan tepat
· Kurang
variatif dan tepat
· Tidak variatif
dan tepat
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Pilihan Tata
Bahasa
|
· Pilihan tata
bahasa sangat tepat
· Pilihan tata
bahasa tepat
· Pilihan tata
bahasa cukup tepat
· Pilihan tata
bahasa kurang tepat
· Pilihan tata
bahasa tidak tepat
|
5
4
3
2
1
|
c. Aspek
Keterampilan (Writing Skill)
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria
|
Perolehan skor
|
1.
|
Keaslian
penulisan
|
· Sangat
Original
· Original
· Cukup Original
· Kurang
Original
· Tidak Original
|
5
4
3
2
1
|
2
|
Kesesuain isi dengan judul
|
· Isi sangat
sesuai dengan judul
· Isi sesuai
dengan judul
· Isi cukup
sesuai dengan judul
· Isi kurang
sesuai dengan judul
· Isi tidak
sesuai dengan judul
|
5
4
3
2
1
|
3
|
Keruntutan Teks
|
· Keruntutan
teks sangat tepat
· Keruntutan
teks tepat
· Keruntutan
teks cukup tepat
· Keruntutan
teks kurang tepat
· Keruntutan
teks tidak tepat
|
5
4
3
2
1
|
4
|
Pilihan kosa
kata
|
· Pilihan kosa
kata sangat tepat
· Pilihan kosa
kata tepat
· Pilihan kosa
kata cukup tepat
· Pilihan kosa
kata kurang tepat
· Pilihan kosa
kata tidak tepat
|
5
4
3
2
1
|
5
|
Pilihan Tata
Bahasa
|
· Pilihan tata
bahasa sangat tepat
· Pilihan tata
bahasa tepat
· Pilihan tata
bahasa cukup tepat
· Pilihan tata
bahasa kurang tepat
· Pilihan tata
bahasa tidak tepat
|
5
4
3
2
1
|
6
|
Penulisan
kosa kata
|
· Penulisan kosa
kata sangat tepat
· Penulisan kosa
kata tepat
· Penulisan kosa
kata cukup tepat
· Penulisan kosa
kata kurang tepat
· Penulisan kosa
kata tidak tepat
|
5
4
3
2
1
|
7
|
Kerapihan
tulisan
|
· Tulisan rapih
dan mudah terbaca
· Tulisan tidak
rapih tetapi mudah terbaca
· Tulisan rapih
tetapi mudah terbaca
· Tulisan tidak
rapih dan sulit terbaca
|
5
4
3
2
|
d.
Aspek
Keterampilan (Speaking Skill)
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria
|
Perolehan skor
|
1.
|
Pengucapan
(pronunciation)
|
· Hampir
sempurna
· Ada beberapa
kesalahan namun tidak menggangu makna
· Ada beberapa
kesalahan dan menggangu makna
· Banyak
kesalahan dan menggangu makna
· Terlalu banyak
kesalahan dan menggangu makna
|
5
4
3
2
1
|
2.
|
Intonasi
(intonation)
|
· Hampir
sempurna
· Ada beberapa
kesalahan namun tidak menggangu makna
· Ada beberapa
kesalahan dan menggangu makna
· Banyak
kesalahan dan menggangu makna
· Terlalu banyak
kesalahan dan menggangu makna
|
5
4
3
2
1
|
3.
|
Kelancaran
(fluency)
|
· Sangat lancar
· Lancar
· Cukup lancar
· Kurang lancar
· Tidak lancar
|
5
4
3
2
1
|
4.
|
Ketelitian
|
· Sangat teliti
· Teliti
· Cukup teliti
· Kurang teliti
· Tidak teliti
|
5
4
3
2
1
|
F.
METODE
PEMBELAJARAN
· Scientific
Approach
·
Problem
Based Learning.
G.
MEDIA
PEMBELAJARAN
· Gambar, white
board, board marker.
H.
SUMBER
BELAJAR
· Buku
paket siswa ‘When English Rings a Bell’.
Mengetahui;
Guru Pamong
Miksalmina
NIP
:
|
|
Banda Aceh, 2 April 2016
Guru Praktikan
Huslaini
NPM : 1111080060
|
0 comments:
Post a Comment