Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

01 May 2016

RPP Bahasa Inggris K 13 VII Semester Genap Terbaru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SMP ISLAM IBNU KHALDUN
Mata Pelajaran                         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII/Genap
KD 3.7                           :Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat  orang, binatang, dan benda.
Alokasi Waktu                         : 12 x 40 menit

A.      KOMPETENSI INTI (KI)
KI.1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4  : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional  yang diwujudkan dalam semangat belajar
1.1.1   Mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris dan manfaatnya.
2.1.   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.1.1  Menyelesaikan tugas     bahasa inggris tepat waktu
2.1.2  Menyelesaikan tugas yang menjadi bagiannya dalam kerja kelompok
2.1.3  Datang tepat waktu pada saat mengerjakan tugas kelompok di luar jam pelajaran.
2.3     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.3.1  Menunjukan perilaku percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris tentang menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda berdasarkan konteks.
3.7. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.1   Mengidentifikasikan fungsi sosial yang terdapat dalam teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.2   Menjelaskan struktur teks deskriptif yang berkaitan dengan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.3   Menerangkan unsur kebahasaan  untuk menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.4   Mendeskripsikan sifat orang, binatang, dan benda secara tertulis dengan tepat berdasarkan gambar.
3.7.5   Menemukan makna yang terdapat dalam teks atau gambar yang menyatakan sifat orang,binatang dan benda
4.8.   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.8.1  Membuat teks percakapan untuk menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8.2  Melakukan percakapan yang menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.

C.      MATERI PEMBELAJARAN
1.    MATERI REMEDIAL
a.    Fungsi sosial
            Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mencela dan mengagumi.
b.    Struktur teks
·      (ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
·      Young, old, clever, big, small, easy, difficult, diligent, tired, tall, short, beautiful, dan semacamnya.
·      It’s…,They’re..,I’m.., dan semacamnya.
·      Is it small? What is he like? What are they like? Are you tired? What do you think? dan semacamnya.
c.    Unsur kebahasaan
·      Kata tanya         : What? Which? How?
·      Nama benda-benda dan hewan yang sangat lazim di sekitar rumah dan sekolah dan terkait sifatnya.
·      Kata ganti          : it, they, this, that, those, these.
·      Kata kerja dalam simple present tense : be, have.
·      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.

2.    MATERI REMEDIAL
b.    Unsur Kebahasaan
c.    Tata Bahasa teks deskripsi

3.    MATERI PENGAYAAN
a.    Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang dan hewan

4.    TOPIK
Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.


D.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      PERTEMUAN PERTAMA
·         Menggambarkan sifat orang
1.   Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam (greeting).
b.    Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
d.   Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan. 
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.     Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.

2.   Kegiatan Inti (60 menit)
a.       Mengamati
1.    Siswa mengamati gambar tentang kegiatan yang sedang dilakukan seseorang.
2.    Siswa mengidentifikasi sifat-sifat orang yang ada di dalam gambar.
3.    Siswa menuliskan sifat-sifat orang berdasarkan gambar.
b.   Menanya
1.    Dengan pertanyaan yang diarahkan oleh guru, siswa terpancing untuk bertanya bagaimana menyatakan sifat orang-orang tersebut sesuai dengan konteks penggunaanya dalam bahasa inggris.
c.    Mengumpulkan Informasi
1.    Siswa mengidentifikasi dan menyebutkan sifat-sifat orang berdasarkan gambar.
2.    Siswa menyebutkan kegiatan yang dilakukan oleh orang di dalam gambar.
d.   Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan dari hasil mengidentifikasi sifat-sifat orang berdasarkan gambar.
e.    Mengkomunikasikan
·      Siswa membuat teks sederhana tentang kegiatan seseorang berdasarkan gambar.

3.   Penutup (10 menit)
a.    Guru beserta siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.    Guru memberikan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.   Guru memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.

                 PERTEMUAN KEDUA
·         Mendeskripsikan ciri fisik seseorang
           1.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam (greeting).
b.    Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
d.   Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan. 
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.     Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.

          2.      Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Mengamati
1.    Siswa mengamati gambar, mendengar dan membaca ungkapan sederhana tentang ciri-ciri fisik seseorang.
2.    Siswa mengidentifikasi ciri-ciri fisik orang yang ada di dalam gambar.
3.    Siswa menuliskan ciri-ciri fisik orang berdasarkan gambar.
b.   Menanya
1.    Dengan pertanyaan yang diarahkan oleh guru, siswa terpancing untuk bertanya mengenai ungkapan untuk menyatakan ciri-ciri fisik seseorang dengan konteks penggunaanya dalam bahasa inggris.
c.    Mengumpulkan Informasi
1.    Siswa menuliskan dan mengungkapkan ciri-ciri fisik teman sekelasnya
2.    Siswa mengidentifikasi dan menyebutkan ciri-ciri fisik orang berdasarkan gambar.
d.   Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan  dari hasil mengidentifikasi ciri-ciri fisik orang berdasarkan gambar dengan bahasa sehari hari.
f.    Mengkomunikasikan
·      Siswa membuat paragrap sederhana tentang ciri-ciri fisik seseorang berdasarkan gambar.
      
           3.      Penutup (10 menit)
a.    Guru beserta siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.    Guru memberikan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.   Guru memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.


                 PERTEMUAN KETIGA
·         Menuliskan karakter teman dalam tabel
1.   Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam (greeting).
b.    Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
d.   Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan. 
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.     Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.

2.   Kegiatan inti (60 menit)
a.    Mengamati
1.    Siswa mengamati contoh tabel yang berisi karakter teman sekelas
2.    Siswa mengidentifikasi kata sifat yang ada di dalam tabel.
b.   Menanya
·      Dengan pertanyaan yang diarahkan oleh guru, siswa terpancing untuk   bertanya tentang ungkapan menyatakan kegiatan beserta sifat seseorang sesuai konteks penggunaanya dalam bahasa inggris.
c.    Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mengidentifikasi satu persatu karakter teman dan bertukar  pendapat dengan teman lainnya.
d.   Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan dari hasil mengidentifikasi karakter teman yang sudah dikumpulkan
e.    Mengkomunikasikan
1.    Siswa membuat tabel  berdasarkan contoh
2.    Siswa menuliskan karakter teman sesuai dengan contoh tabel yang diberikan

3.   Penutup (10 menit)
a.       Guru beserta siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.      Guru memberikan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.       Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.      Guru memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.

          PERTEMUAN KEEMPAT
•   Menuliskan ciri fisik teman dalam tabel
1.      Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam (greeting).
b.    Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
d.   Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan. 
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.     Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.

2.        Kegiatan inti (60 menit)
a.    Mengamati
1.    Siswa mengamati contoh tabel yang berisi ciri fisik teman sekelas
2.    Siswa mengidentifikasi kata kata sifat yang menyatakan ciri-ciri orang yang ada di dalam tabel.
b.    Menanya
·      Dengan pertanyaan yang diarahkan oleh guru, siswa terpancing untuk   bertanya tentang ungkapan menyatakan dan menanyakan ciri fisik seseorang sesuai konteks penggunaanya dalam bahasa inggris.
c.    Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mengidentifikasi satu persatu ciri fisik teman dan bertukar  pendapat dengan teman lainnya.
d.   Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan dari hasil mengidentifikasi ciri fisik teman yang sudah dikumpulkan
e.    Mengkomunikasikan
1.    Siswa membuat tabel  berdasarkan contoh
2.    Siswa menuliskan ciri fisik teman sesuai dengan contoh tabel yang diberikan
3.      Penutup (10 menit)
a.  Guru beserta siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.  Guru memberikan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.  Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.  Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.


PERTEMUAN KELIMA
·      Melakukan Role play
1.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam (greeting).
b.    Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
d.   Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan. 
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.     Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.

2.   Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Mengamati
·      Siswa mengamati beberapa percakapan tentang menyatakan sifat dan ciri fisik seseorang.
·      Siswa membaca teks tersebut setelah guru membacanya
b.   Menanya
1.    Dengan pertanyaan yang diarahkan oleh guru, siswa terpancing untuk bertanya tentang maksud dari teks percakapan tersebut.
c.    Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mengidentifikasi kata sifat yang terdapat dalam teks dan cara pengucapannya
d.   Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan dari hasil mengidentifikasi kata sifat yang terdapat dalam teks.
e.    Mengkomunikasikan
·      Siswa bekerja dengan pasangannya (pair work)
·      Siswa melakukan role play sesuai contoh yang sudah diberikan

·      Penutup (10 menit)
a.    Guru beserta siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.    Guru memberikan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.   Guru memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.

PERTEMUAN KEENAM
·      Mengidentifikasi bentuk fisik binatang
1.  Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Guru memberi salam (greeting).
b.    Guru memeriksa kehadiran siswa.
c.    Guru menyiapkan  peserta  didik  secara  psikis  dan  fisik  untuk  mengikuti proses   pembelajaran.
d.   Guru memberi  motivasi  belajar  siswa  secara  kontekstual  sesuai  manfaat dan  aplikasi  materi  ajar  dalam  kehidupan  sehari-hari,  dengan memberikan  contoh  dan  perbandingan. 
e.    Guru mengajukan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
f.     Guru menjelaskan tentang tujuan  pembelajaran  atau  kompetensi  dasar  yang  akan dicapai.

2.    Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Mengamati
1.    Siswa mengamati gambar tentang ciri-ciri fisik binatang.
2.    Siswa mengidentifikasi ciri-ciri fisik binatang yang ada di dalam gambar.
3.    Siswa menuliskan ciri-ciri fisik binatang berdasarkan gambar.
b.    Menanya
·      Dengan pertanyaan yang diarahkan oleh guru, siswa terpancing untuk bertanya tentang ungkapan menyatakan sifat dan bentuk fisik binatang.
c.    Mengumpulkan Informasi
·      Siswa mengidentifikasi dan menyebutkan ciri-ciri fisik binatang berdasarkan gambar.
d.   Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan dari hasil mengidentifikasi ciri-ciri fisik binatang berdasarkan gambar.
f.     Mengkomunikasikan
a.    Siswa membuat paragrap sederhana tentang ciri-ciri fisik binatang berdasarkan gambar.
b.    Siswa mengisi teka-teki silang tentang binatang

3.    Penutup (10 menit)
a.    Guru beserta siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran.
b.    Guru memberikan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
c.    Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d.   Guru memberikan tugas ,baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.

E.      PENILAIAN
1.    Jenis/teknik penilaian
a.    Jenis Penilaian      : Autentic assessment
b.    Teknik Penilaian   :
1.    Sikap                 : Non Tes
2.    Pengetahuan      : Tes tulis dan Tes Lisan 
3.    Ketrampilan      : Tes

2.    Bentuk instrumen dan instrumen
a.    Lembar Observasi
b.    Daftar pertanyaan
c.    Unjuk Kerja

3.    Pedoman Penskoran    :
a.    Aspek Sikap
No.
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor
1
Jujur
·      Sangat sering menunjukkan sikap jujur
·      Sering menunjukkan sikap jujur
·      Beberapa kali menunjukkan sikap jujur
·      Pernah menunjukkan sikap   jujur
·      Tidak pernah menunjukkan sikap jujur
5
4
3
2
1
2
       Disiplin
·      Sangat sering menunjukkan sikap disiplin.
·      Sering menunjukkan sikap disiplin
·      Beberapa kali menunjukkan sikap disiplin
·      Pernah menunjukkan sikap   disiplin
·      Tidak pernah menunjukkan sikap disiplin
5
4
3
2
1
3.
Percaya diri
·      Sangat sering menunjukkan sikap percaya diri
·      Sering menunjukkan sikap percaya diri
·      Beberapa kali menunjukkan sikap percaya diri
·      Pernah menunjukkan sikap   percaya diri
·      Tidak pernah menunjukkan sikap percaya diri
5
4
3
2
1
4
Kerja sama
·      Sangat sering menunjukkan sikap kerja sama
·      Sering menunjukkan sikap kerja sama
·      Beberapa kali menunjukkan sikap kerja sama
·      Pernah menunjukkan sikap   kerja sama
·      Tidak pernah menunjukkan sikap kerja sama
5
4
3
2
1

b.    Aspek Pengetahuan

No.
Aspek yang dinilai
Kriteria
Perolehan skor
1.
Tujuan
Komunikatif
·    Sangat Memahami
·    Memahami
·    Cukup Memahami
·    Kurang Memahami
·    Tidak Memahami
5
4
3
2
1
2.
Keruntutan Teks
·    Struktur teks yang digunakan sangat runtut
·    Struktur teks yang digunakan runtut
·    Struktur teks yang digunakan cukup runtut
·    Struktur teks yang digunakan kurang runtut
·    Struktur teks yang digunakan tidak runtut
5

4
3

2

1
3
Pilihan Kosa kata
·    Sangat variatif dan tepat
·    Variatif dan tepat
·    Cukup variatif dan tepat
·    Kurang variatif dan tepat
·    Tidak variatif dan tepat
5
4
3
2
1
4
Pilihan Tata Bahasa
·    Pilihan tata bahasa sangat tepat
·    Pilihan tata bahasa tepat
·    Pilihan tata bahasa cukup tepat
·    Pilihan tata bahasa kurang tepat
·    Pilihan tata bahasa tidak tepat
5
4
3
2
1

            c.      Aspek Keterampilan (Writing Skill)

No.
Aspek yang dinilai
Kriteria
Perolehan skor
1.
Keaslian penulisan
·    Sangat Original
·    Original
·    Cukup Original
·    Kurang Original
·    Tidak Original
5
4
3
2
1
2

Kesesuain isi dengan judul
·    Isi sangat sesuai dengan judul
·    Isi sesuai dengan judul
·    Isi cukup sesuai dengan judul
·    Isi kurang sesuai dengan judul
·    Isi tidak sesuai dengan judul
5
4
3
2
1
3
    Keruntutan Teks
·    Keruntutan teks sangat tepat
·    Keruntutan teks tepat
·    Keruntutan teks cukup tepat
·    Keruntutan teks kurang tepat
·    Keruntutan teks tidak tepat
5
4
3
2
1
4
Pilihan kosa kata
·    Pilihan kosa kata sangat tepat
·    Pilihan kosa kata tepat
·    Pilihan kosa kata cukup tepat
·    Pilihan kosa kata kurang tepat
·    Pilihan kosa kata tidak tepat
5
4
3
2
1
5
Pilihan Tata Bahasa
·    Pilihan tata bahasa sangat tepat
·    Pilihan tata bahasa tepat
·    Pilihan tata bahasa cukup tepat
·    Pilihan tata bahasa kurang tepat
·    Pilihan tata bahasa tidak tepat
5
4
3
2
1
6
Penulisan kosa kata
·    Penulisan kosa kata sangat tepat
·    Penulisan kosa kata tepat
·    Penulisan kosa kata cukup tepat
·    Penulisan kosa kata kurang tepat
·    Penulisan kosa kata tidak tepat
5
4
3
2
1
7
Kerapihan tulisan
·    Tulisan rapih dan mudah terbaca
·    Tulisan tidak rapih tetapi mudah terbaca
·    Tulisan rapih tetapi mudah terbaca
·    Tulisan tidak rapih dan sulit terbaca
5
4
3
2

d.   Aspek Keterampilan (Speaking Skill)

No.
Aspek yang dinilai
Kriteria
Perolehan skor
1.
Pengucapan (pronunciation)
·    Hampir sempurna
·    Ada beberapa kesalahan namun tidak menggangu makna
·    Ada beberapa kesalahan dan menggangu makna
·    Banyak kesalahan dan menggangu makna
·    Terlalu banyak kesalahan dan menggangu makna
5
4

3

2

1
2.
Intonasi (intonation)
·    Hampir sempurna
·    Ada beberapa kesalahan namun tidak menggangu makna
·    Ada beberapa kesalahan dan menggangu makna
·    Banyak kesalahan dan menggangu makna
·    Terlalu banyak kesalahan dan menggangu makna
5
4

3

2
1
3.
Kelancaran (fluency)
·    Sangat lancar
·    Lancar
·    Cukup lancar
·    Kurang lancar
·    Tidak lancar
5
4
3
2
1
4.
Ketelitian
·    Sangat teliti
·    Teliti
·    Cukup teliti
·    Kurang teliti
·    Tidak teliti
5
4
3
2
1

F.       METODE PEMBELAJARAN
·      Scientific Approach
·      Problem Based Learning.

G.      MEDIA PEMBELAJARAN
·      Gambar, white board, board marker.

H.      SUMBER BELAJAR
·      Buku paket siswa ‘When English Rings a Bell’.



Mengetahui;
Guru Pamong


Miksalmina
NIP :

Banda Aceh, 2 April 2016
Guru Praktikan


Huslaini
NPM : 1111080060


0 comments:

Post a Comment