Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

18 February 2017

Cara Mentransfer Foto Pada Papan Kayu

Foto merupakan salah satu benda yang sangat berharga bagi semua orang untuk menyimpan kenangan-kenangan berharga ataupun momen yang tidak bisa kita lupakan. seperti foto keluarga, teman, sahabat dan sebagainya. kurang pas rasanya jika tidak mengambil foto ketika berada di suatu tempat atau sedang bersama seseorang.


Namun, seperti yang kita ketahui foto apabila kita simpan dalam bentuk file pastinya tidak bertahan lama dan bisa hilang seketika akibat kehilangan data, termakan virus ataupun rusak. Begitu juga halnya foto hasil cetakan belum tentu bisa bertahan bertahun-tahun karena medianya hanya berupa kertas yang mudah sobek, basah dan terbakar.


Oleh karena itu tutorial yang ku berikan ini ialah solusi dari semua permasalahan di atas. bagaimana foto-foto tadi bisa bertahan lama dengan mentransfernya pada media kayu yang sudah pasti dijamin kualitas dan tingkat ketahanannya terhadap perubahan segala cuaca.


Mau tahu cara langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini:


Alat dan Bahan


  • Foto yang sudah dicetak
  • Lem PVA
  • Air
  • Lem decoupage
  • papan atau kayu
  • kuas


Adapun langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah siapkan lem PVA. Lem PVA ialah lem putih biasanya digunakan untuk perekat kayu, kertas dan sebagainya contohnya lem merk Fox, Badak, Puma.
  2. Masukkan lem secukupnya dalam sebuah wadah kemudian tambahkan air untuk mengencerkan lem sehingga mudah dioleskan nantinya
  3. Gunakan Papan atau kayu yang sudah kamu siapkan tadi, sebaiknya permukaan papan dibersihkan dan digosok sampai licin dan ukuran kayu disesuaikan saja dengan ukuran foto.
  4. Ambil Lem yang sudah diencerkan tadi kemudian oleskan lem tersebut di papan atau kayu dengan menggunakan kuas lembut.
  5. Selanjutnya tempelkan foto pada papan tersebut dan didiamkan selama 24 jam.
  6. Setelah 24 jam basahkan dan hancurkan kertas foto yang tertempel dengan merata hingga terlihat foto yang kita tempelkan sudah berpindah ke papan.
  7. Kemudian untuk polesan terakir, oleskan lem decopage pada gambar tersebut agar tampak kilat dan tahan lama.
  8. Foto siap untuk dipajangkan sesuai keinginan

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di video ini

0 comments:

Post a Comment