Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

20 February 2017

Cara Membuat Meja Keren Dari Barang Bekas

Salam Kreatif !

Alhamdulillah,  satu lagi hal kreatif dan menarik yang saya lakukan hari ini dan juga dibantu oleh teman,  Ide kreatif itu ialah membuat meja dari kursi bekas. Ide ini muncul ketika saya membutuhkan meja untuk halaman, sayangnya alat dan bahan sangat terbatas dan saya pun tak punya cukup uang untuk membeli sebuah meja.

     Oleh karena itu saya harus mencari ide untuk membuat  sebuah meja. Pertanyaannya, pakai apa dan bagaimana cara membuatnya? Untuk sejenak saya berpikir dan melihat-lihat di sekitar mana tau ada bahan yang bisa dimanfaatkan, dari itu saya menemukan beberapa buah kursi bekas yang sudah terbuang di tempat penumpukan limbah kayu.  Saya Cuma mengambil  5 meja yang sudah saya pilih yang kakinya masih kokoh. Namun aku belum menemukan ide bagaimana kursi bisa kita olah.

      Akhirnya saya menemukan ide bagaimana mengolah kursi tersebut menjadi sebuah meja yang yang keren.
  • Pertama saya mengatur 5 kursi itu untuk mencari bentuk yang indah. Setelah merasa ok saya mengatur kursi dengan pola satu berada di tengah dan 4 lainnya di samping berbentuk pola plus (+).
  • Selanjutnya saya mengukur tinggi semua kursi tersebut dengan ukuran yang sama yaitu dengan tinggi 60 cm
  • Setelah itu baru saya potong dengan ukuran yang sudah saya sesuaikan.
  • Kemudian proses selanjutnya ialah dengan menempelkan dengan paku kaki semua kursi agar menyatu dan tidak goyang.
  • Pola plus saya rasa agak janggal aja untuk sebuah meja akhirnya aku bermaksud membuat meja berbentuk segi 6 yaitu dengan menambahkan kayu di semua sisi hingga berbentuk segi 6.

IMG20170219165023.jpg


IMG20170219165121.jpg
  • Tahap terakhir ialah membuat alas meja, untuk alasnya saya menggunakan triplek yang tebalnya 6,6 mm yang kebetulan saya ambil juga di tempat penumpukan limbah kayu tadi. Triplek saya potong mengikuti kerangka yang sudah saya buat dengan kelebihan 6 cm.

IMG20170219170216.jpg
   
  • Meja siap untuk digunakan, jika mau lebih cantik meja sebaiknya di cat.

IMG20170219181000.jpg
 
Bagaimana dengan ide ini, apakah kalian tertarik untuk mencobanya juga. Mencari ide itu tidaklah sulit seperti yang kita pikirkan. Yang terpenting ialah kepekaan diri dan belajar cara mengamati seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.  Selanjutnya berani mencoba dan belajar dan tidak takut salah meski belum berpengalaman. Saya membuat ini tanpa ada pengalaman tetapi langsung praktek.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

By Huslein Slash

0 comments:

Post a Comment