Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

23 February 2017

Cara Membuat Lampu Hias Unik dari Kardus Bekas

 Salam Kreatif..!!


        Bagaimana kabar kalian, sudah kreatifkah kalian?

lampu hias dari barang bekas         Hari ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat lampu geometrik dari barang bekas yaitu kardus. Mendaur ulang barang bekas telah menjadi keasikan tersendiri bagi saya, karena ramah lingkungan. Hal tersebut memacu kreatifitas saya untuk melakukan ekperimen terhadap barang-barang tersebut. Contohnya kardus, benda satu ini sangat mudah kita dapatkan dimana-mana tanpa harus mengeluarkan biaya pun kita bisa mendapatnya. Oleh karena itu daripada terbuang dan menjadi sampah, ada baiknya kita manfaatkan untuk membuat sesuatu yang lebih bernilai dari bentuk aslinya. Sangat banyak kerajinan tangan yang bisa kita lakukan dengan kardus. Namun kali ini saya ingin berbagi tutorial membuat lampu dari kardus bekas. Langsung saja di bawah ini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya step by step. Kamu juga bisa langsung mempersiapkan alat dan bahannya.



Apa yang kita butuhkan?

        Untuk melakukan kreatifitas tentunya kita membutuhkan alat dan bahan dasar. Oleh karena itu, untuk membuat lampu dari kardus bekas terlebih dahulu persiapan bahan dan alat-alatnya yaitu:

·         Kardus secukupnya
·         Roll
·         Pensil
·         Cutter (pemotong)
·         Lem

Adapun langkah-langah pembuatannya sebagai berikut:

1. Gambarkan 11 bentuk  pentagon atau segilima segilima dengan ukuran yang sama pada kardus. Sisi-sisinya harus sama juga karna sangat penting. Cobalah untuk seakurat mungkin! Mungkin disini akan terasa sulit menggambar bentuk segi lima yang sama sisi, jika tidak bisa menggambarnya kalian bisa print satu bentuk segilima sesuai dengan ukuran yang diinginkan kemudian potong dan jiplak di kardusmu. Setelah itu gambar ukuran kecilnya dengan ukuran 0,5 inc menjadi 5 segilima yang lebih kecil harus menjadi salah satu yang lebih kecil dari yang lain.

2. Tahap Pemotongan
Kardus yang sudah anda gambarkan tadi semuanya dipotong dengan hati hati mengikuti garis-garisnya menggunakan cutter. Tahap ini lumayan lama tidak terlalu sulit melakukannya dibandingkan langkah pertama.


3. Ketika selesai dengan proses pemotongan, selanjutnya persiapkan lem. Lem yang digunakan bisa lem panas atas pun lem putih biasa. Sekarang susunlah dan lem pentagon yang sudah terpotong berurutan dari yang terbesar hingga ukuran yang semakin kecil di atasnya. Selanjutnya lakukan cara yang sama pada 10 pentagon lainnya.

4. Apabila semua pentangon tersebut sudah dilem. Tahap selanjutnya ialah membentuk potongan-potongan tadi menjadi kap lampu dengan menggunakan lem. Susun yang rapi satu persatu hingga semua pentagon menyatu dan berbentuk seperti bola.



5. Membuat tempat fiting lampu. Pertama anda gambarkan segilima seuukuran yang pertama tadi, jika mau lebih tebal potong terserah keinginanmu. Kemudian buat pola segi lima seukuran no 3 terkecil atau berbentuk persegi, bulat tinggal sesuaikan aja sesuka anda. Oleskan lem pada semua potongan biar tebal. Lobanglah potongan tadi tepat ditengahnya, cocokkan dengan ukuran fiting lampu anda.
6. Tahap Pemasangan. Fiting yang sudah kamu sediakan dengan kabelnya dimasukkan dalam lobang tersebut. Sebelum sisi kita tutup, pastikan bola lampunya sudah kita pasang terlebih dahulu. Kemudian tutup kap tadi bisa menggunakan lem atau tadi. Untuk antisipasi ketika bola lampu rusak, jadi saya mengikatnya dengan tali.
7. Yang terakir Lampu siap digantung ke tempat yang anda inginkan dan lihatlah hasilnya.


Nahhhh.. bagaimana mudahkan cara membuatnya. Jangan lupa share dan komen biar yang lain pada kreatif juga. Selamat mencoba
lihat kreativitas seni lainnya disini:
Cara membuat aksesoris dari batu
Membuat Meja dari Bahan Bekas


Huslein Slash

0 comments:

Post a Comment