Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

04 May 2016

Cara Mengembangkan Kecerdasan Emosi

          Apa sih kecerdasan emosi itu? Pernahkah anda mendengarnya? Memangnya kecerdasan emosi bisa dikembangkan?

          Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari mengerti dulu pengertiannya. Menurut Daniel goleman, kecerdasan emosi (emotional intelligence) adalah kemampuan seseorang untuk mengenali perasaannya sendiri maupun perasaan orang lain,sekaligus kemampuannya memotivasi diri sendiri, dan juga kemampuannya mengelola emosi dalam dirinya sendiri dan dalam hubungannya dengan ornag lain. 

          Sekarang sudah tahu kan? Terus bagaimana cara mewujudkan kecerdasan emosi dalam diri kita dan bagaimana mengembangkannya menjadi sebuah kecerdasan. berikut ada beberapa langkah yang harus kita miliki dalam mengembangkan kecerdasan emosi seperti yang telah saya kutip dalam sebuah buku yang berjudul ''Big Bang Spirit" yang ditulis oleh Sutan surya dan M. Hariwijaya. 

 Pengembangan kecerdasan emosi ala agus-steiner ialah sebagai berikut:

a. Membuka hati
  Mengapa kita perlu membuka hati kepada orang lain, karena hati menyimbolkan pusat emosi seseorang. pusat perasaan ini perlu dibebaskan dari rangsang dan pengaruhnya yang membatasi kita untuk menunjukkan rasa cinta kepada sesama manusia. jangan pernah ada sikap malu-malu atau sok gengsi karna itu hanya akan membelenggu kita, hubunguan kikta dengan orang lain  dana juga akan mengahambat baik dalam keluarga, teman, kekasih atau yang lain.

b. Menjelajahi daratan emosi
     Keterbukaan hati membantu kita mengetahui peran emosi dalam kehidupan. Setelah kita mengetahuinya, kita dapat melatih emosi untuk menggapai kecerdasan emosi.

        Berikut ini ada beberapa bentuk dan tujuan latihan pengembangan kecerdasan emosi:


  • Mengetahui keadaan perasaan kita, kekuatannya, dan alasan timbulnya perasaan itu. Bebagai concoh, kita pernah merasa malas untuk berangkat ke sekolah, kampus maupun kantor. dengan kecerdasan emosi, kita dapat mengukur tingkat kemalasan kita (agak malas/cukup malas/sangat malas) dan mencari tahu penyebabnya (pengaruh orang-orang sekitar/ketiadaan tujuan hidup di dalam diri).
  • Memahami aliran dan hambatan emosi kita. Kecerdasan emosi akan membantu kita untuk memahami sumber, proses, dan hasil dari rasa malas itu. Dengan begitu, kita bisa mencari celah-celah yang memungkinkan untuk lepas dari kemalasan kita.
  • Memahami emosi orang lain, mengetahui proses dalam diri kita yang dapat mempengaruhi emosi mereka. Misalnya pada saat kita sedang mendapati  teman-teman kita sedang bertengkar atau adu mulut, kecerdasan emosi bisa memudahkan kita memetakan situasi panas yang terjadi. kita bisa menggunakan kewibawaan kita untuk meredam keributan tersebut.
  • Memahami proses interaksi di antara emosi-emosi. Dengan kecerdasan emosi kita bisa menenangkan diri dan kemudian mengambil jarak terhadap amarah dan kebencian orang-orang. kita dituntut untuk lebih bisa belajar untuk lebih bijak dalam menanggapi perasaan didri sendiri dan perasaan orang lain.

c. Bertanggung Jawab
langkah ini sangat penting ketika hubungan kita dengan orang lain tengah retak dan membutuhkan perbaikan. dalam hal ini, sekedar membuka hati dan menjelajari daratan emosi saja tidaklah cukup. semua pihak yang terlibat dalam hubungan itu, khususnya kita, harus ikut bertanggung jawab. mulai dari memetakan dan memahami permasalahan, mengakui kesalahan masing-masing, melakukan perbaikan, sampai mencari cara untuk memebaiki hubungan. jika ada salah satu pihak yang bersikukuh dengan sikapnya, maka pihak yang lain perlu mengambil alih tanggung jawab dan mendekati pihak yang bersikukuh itu.

03 May 2016

Cara Menggambar Karikatur Wisuda dengan Pensil step by step

By : Huslein Slash
        Gambar karikatur ialah sesuatu yang sedang banyak diminati semua orang baik itu untuk media ataupun untuk hal lainnya seperti sebagai hadiah ulang tahun, wedding, atau sekedar mengoleksi karya seni ini. hal ini karna bentuknya unik dan klasik, beda dengan bentuk realis tapi ini lebih mementingkan bentuk wajah yang di tonjolkan selain itu cuma dimotifikasi sesuai keinginan si peminat. dalam gambar karikatur tidak hanya wajah saja tapi background juga sangat berpengaruh untuk keindahan gambar yang akan kita buat. bentuk background pun bebas dan tidak ada aturan apa-apa sehingga kita bisa berimprovisi bentuknya sesuai keinginan.



Langsung saja. Kali saya akan berbagi cara membuat karikatur dan saya memilih membuat karikatur yang bertema wisuda. Apa saja langkah-langkah untuk membuat karikatur tersebut? mari kita praktekkan bersama.

1. Siapkan sebuah gambar atau foto yang sudah dicetak sebagai objek orang yang akan kita gambar. kualitas gambar harus bagus supaya mempermudah kita untuk membuatnya terutama wajah karena kita berfokus pada wajah.





2. Ambil peralatan anda berupa kertas. kertas bisa berukuran sesuai yang kita inginkan baik itu ukuran A4 atau A3 tapi untuk hasil yang bagus gunakan kertas yang besar, kasar dan tebal. Saya biasanya menggunakan kertas linen. Selain bergaris kotak-kotak, kertas linen juga punya tekstur, tidak mudah kerut ataupun berkerut dan berserat tinggi jadi memudahkan kita untuk menggambar di atasnya.

3. Persiapkan juga beberapa jenis pensil. gunakan pensil jenis yang bagus, tingkat kehitamannya juga harus bervariasi mulai dari HB, 2B, 2B dan seterusnya bisa juga menggunakan pensil mekanik agar arsirannya halus.


4. Untuk membuat gambar di kertas, sebelumnya sesuaikan dulu ukuran kertas dengan skala foto atau bisa langsung tanpa skala. mulailah membuat sketsa kasar wajahnya terlebih dahulu dengan pensil jenis HB mulai dari alis, mata, hidung, bibir dan selanjutnya bentuk proporsi wajah.




5. Kemudian arsirlah yang tipis dibagian mata, hidung dan bibir untuk membentuk pola wajah.










6. Setelah itu jika menurut anda sudah benar, tambahkan tingkat kehitamannya, bisa juga menggunakan pensil 2b di selingkaran mata, hidung, dan bibir atau dimana tempat gelap seperti objek.









7. Hitamkan bola matanya agar terlihat lebih hidup. perhatikan bentuk mata dan bola matanya, usahakan tidak ada garis yang miring karna akan sangat berpengaruh dengan kemiripan gambar termasuk hidung dan bibir juga harus diperhatikan.








8. Setelah wajah terbentuk tambahkan topi toganya karna tema kita tentang wisuda pilih gambar yang sesuai dengan bentuk wajah dan pandangannya. kemudian buat juga bagian bawahnya terserah bagaimana pun bentuk dan posisinya baik itu sambil berdiri ataupun duduk. hitamkan topi toga dan bajunya dengan pensil yang lebih gelap sesuai pencahayaan.







9. Jika sudah selesai, sekarang pikirkan background yang akan anda buat. background bisa berupa objek bangunan, taman, ataupun pemandangan. saya disini lebih dalam bentuk formal yang ada lemari buku-buku karna sesuai permintaaan. 








10. Selanjutnya tambahkan objek yang ingin di tambahkan seperti gorden atau pun meja supaya tidak kelihatan kosong









Karikatur Wisuda

11. Nikmati hasilnya. selamat mencoba.

     










        Oke cukup sekian dulu tips dari saya, mungkin gambar yang saya buat cukup sederhana dan masih banyak kekurangan, maklum karena masih pemula. Next time saya akan berbagi lagi.

Terima kasih

Salam Budaya

Cara Membangun Jaringan Relasi


    Meskipun banyak orang mengaku mengenali pentingnya bersosialisai dengan orang lain, bergabung dengan komunitas kecil atau organisasi dan membangun realsi, tetepi hanya sedikit yang benar-benar termotivasi untuk melakukan hal tersebut. Karena sebagian boring merasa kesulitan akibat rasa malu atau segan, sedangkan sebagian lain tidak cukup keberanian untuk mendekati orang orang asing atau orang-orang baru, atau orang yang mereka anggap lebih penting meskipun mengeluti hobi atau bidang sama. Banyak orang tidak menyukai kegiatan membangun jaringan relasi karena mereka merasa sedang memanfaatkan orang lain. Padahal coba kita piker, kita tidak bisa hidup sendiri apa saja yang kita lakukan pasti membutuhkan bantuan orang lain. Namun belajar mengambil manfaat dari pengetahuan orang lain dan membuat komitmen untuk memanfaatkan hubungan merupakan bagian penting dari meniti hidup yang lebih baik.
    
Meningkatkan ketrampilan membangun jaringan relasi bias membantu kita mengatasi kesulitan. Membangun jaringan relasi adalah ketrampilan yang bias dipelajari. Seperti berbicara di depan umum.

        Ada beberapa langkah yang perlu kita ketahui sebagai pembangun relasi yang lebih handal

1. Berinteraksilah lebih dahulu
         Ambil inisiatif untuk bertemu orang lain yang sebelumnya belum pernah berinteraksi dengan kita. Apabila memiliki rasa takut ditolak, ingatlah bahwa hal terburuk yang bisa terjadi saat mencoba berhubungan dengan orang yang kurang bersimpati adalah penolakan halus.

2. Olah hubungan anda
            Apabila kita sudah menemukan orang-orang baru yang kita jumpai tadi, coba lah memberikan identitas kita dan sebaliknya minta identitas mereka seperti nomor Hp, alamat Email, pin BB agar kita bisa berhubungan kembali dengan orang-orang yang pernah kita temui sembari membangun jaringan relasi. Lalu, tentukan jajni bertemu untuk sekedar minum kopi atau makan.

3. Tetap lakukan kontak dalam situasi apapun
       Perkuat hubungan secara terus-menerus baik melalui telpon, sms, chat ataupun dengan mengirimi email kepadanya. Berikan informasi yang menurut anda menarik bagi kenalan baru. Ajak lah mereka buntuk ikut dalam acara khusus yang kita berdua sukai. Seperti hobi yang mungkin sama

4. Jadilah pembangun relasi bagi orang lain
       Maksudnya disini kita bisa saja memperkenalkan orang lain kepada kenalan kita untuk menambah keakraban kita dan saling mengenal satu sama lain. Jadikan diri kita sebagai pembuka pintu yang bermanfaat yang mampu menolong orang lain menemukan orang yang mereka cari.

01 May 2016

Cara Membuat gantungan kunci ,liontin, Ukiran dari batu

        Batu adalah salah satu benda yang sangat mudah kita temukan dimana saja. Kita berpikir batu hanya bisa kita gunakan untuk hal biasa bagaimana mestinya, tanpa berpikir untuk memanfaatkannya untuk kegunaannya untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang keatif dan bernilai seni. Kali ini saya akan membagi sedikit cara bagaimana membuat kerajinan tangan dari batu bisa berupa gantungan kunci, liontin, tidak itu saja. yang lebih menariknya ialah saya tidak hanya membuat bentuk tapi juga membuat ukiran motif sesuai keinginan. seperti nama, gambar, lambang, dll. 

   Namun dalam membuat ini tidak semua jenis batu bisa dimanfaatkan tergantung tingkat kekerasan batu itu sendiri akan membuat anda merasa kesulitan untuk membuat bentuknya atau pun mengukirnya nanti. OIeh karena itu pilihlah batu yang jenisnya lembut 

      Baiklah langsung saja kita menuju bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari batu. untuk itu terlebih dahulu mempersiapkan alat dan bahannya.


  • Alat dan Bahan
  1. Batu      
  2. Pisau Ukir
  3. cuter
  4. Amplas 
  5. Pemotong Batu 
  • Cara
  1.  Ambil lah batu yang ingin kita bentuk kemudian potong sesuai bentuk dan ukuran yang kita inginkan misalnya seperti bentuk hati, persegi, persegi panjang, segitiga ataupun lingkaran.
  2. Haluskan permukaan batu yang sudah terbentuk dengan menggunakan amplas
  3. Gunakan cuter untuk membuat pola atau motif dasar di batu tersebut 
  4. Kemudian mulailah mengukir batu sesuai dengan pola yang sudah kita buat. Ingat pada saat mengukir harus lebih hati-hati karena batu mudah pecah. jadi lakukan pelan-palan agar hasilnya juga bagus
  5. Selanjutnya apabila sudah selesai mengukir, kamu bisa melobanginya dengan menggunakn kawat yang tajam dengan cara memutarnya di batu tadi sampai tembus.
  6. Setelah lobang dibuat, kamu bisa membuat tempat gantungannya bisa dari kawat, benang atau yang sudah tersedia di toko-toko konveksi dan apabila kamu ingin memakainya sebagai kalung, bisa menggunakan benang sebagai talinya.
  7. jika ingin berwarna, anda bisa pakek cat minyak atau cat apa aja yang penting tidak cepat luntur.

          Sekian dari saya, selamat mencoba.

       Di bawah ini ada beberapa gambar batu hasil karya saya. Anda juga bisa membuatnya lebih bagus atau dengan bentuk yang lebih menarik.

Nama dari batu
Logo Teater Home

Rencong dari ukiran batu
Ukiran Rencong
  

kalung dari batu

    film one piece


kalung dari batuhuslein.blogspot.com

Sketsa Wajah





Di atas adalah beberapa hasil karya sketsa wajah realis.

Bingung mau kasih kado ultah, wisuda, anniversary, wedding.
Huslein Slash bisa membuat kado unik dan klasik yang dibuat dengan tangan (handmade) tanpa menggunakan digital seperti kebanyakan.
Yaitu lukisan pensil realis, semi karikatur, dll

Bagi kamu yang ingin memesan sketsa wajah seperti ini bisa langsung menghubungi kontak saya dibawah ini

No hp : 082367147244
pin BB : 5cea65ba









RPP Bahasa Inggris K 13 VII Semester Genap Terbaru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SMP ISLAM IBNU KHALDUN
Mata Pelajaran                         : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII/Genap
KD 3.7                           :Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat  orang, binatang, dan benda.
Alokasi Waktu                         : 12 x 40 menit

A.      KOMPETENSI INTI (KI)
KI.1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4  : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1.   Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi Internasional  yang diwujudkan dalam semangat belajar
1.1.1   Mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris dan manfaatnya.
2.1.   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.1.1  Menyelesaikan tugas     bahasa inggris tepat waktu
2.1.2  Menyelesaikan tugas yang menjadi bagiannya dalam kerja kelompok
2.1.3  Datang tepat waktu pada saat mengerjakan tugas kelompok di luar jam pelajaran.
2.3     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
2.3.1  Menunjukan perilaku percaya diri dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris tentang menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda berdasarkan konteks.
3.7. Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.1   Mengidentifikasikan fungsi sosial yang terdapat dalam teks untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.2   Menjelaskan struktur teks deskriptif yang berkaitan dengan menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.3   Menerangkan unsur kebahasaan  untuk menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.7.4   Mendeskripsikan sifat orang, binatang, dan benda secara tertulis dengan tepat berdasarkan gambar.
3.7.5   Menemukan makna yang terdapat dalam teks atau gambar yang menyatakan sifat orang,binatang dan benda
4.8.   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.8.1  Membuat teks percakapan untuk menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.8.2  Melakukan percakapan yang menanyakan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya.

C.      MATERI PEMBELAJARAN
1.    MATERI REMEDIAL
a.    Fungsi sosial
            Mengidentifikasi, mengenalkan, memuji, mencela dan mengagumi.
b.    Struktur teks
·      (ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan tata bahasanya)
·      Young, old, clever, big, small, easy, difficult, diligent, tired, tall, short, beautiful, dan semacamnya.
·      It’s…,They’re..,I’m.., dan semacamnya.
·      Is it small? What is he like? What are they like? Are you tired? What do you think? dan semacamnya.
c.    Unsur kebahasaan
·      Kata tanya         : What? Which? How?
·      Nama benda-benda dan hewan yang sangat lazim di sekitar rumah dan sekolah dan terkait sifatnya.
·      Kata ganti          : it, they, this, that, those, these.
·      Kata kerja dalam simple present tense : be, have.
·      Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan.

2.    MATERI REMEDIAL
b.    Unsur Kebahasaan
c.    Tata Bahasa teks deskripsi

3.    MATERI PENGAYAAN
a.    Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan sifat orang, binatang dan hewan

4.    TOPIK
Orang, binatang, benda di sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.