Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

01 May 2016

Cara Membuat gantungan kunci ,liontin, Ukiran dari batu

        Batu adalah salah satu benda yang sangat mudah kita temukan dimana saja. Kita berpikir batu hanya bisa kita gunakan untuk hal biasa bagaimana mestinya, tanpa berpikir untuk memanfaatkannya untuk kegunaannya untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang keatif dan bernilai seni. Kali ini saya akan membagi sedikit cara bagaimana membuat kerajinan tangan dari batu bisa berupa gantungan kunci, liontin, tidak itu saja. yang lebih menariknya ialah saya tidak hanya membuat bentuk tapi juga membuat ukiran motif sesuai keinginan. seperti nama, gambar, lambang, dll. 

   Namun dalam membuat ini tidak semua jenis batu bisa dimanfaatkan tergantung tingkat kekerasan batu itu sendiri akan membuat anda merasa kesulitan untuk membuat bentuknya atau pun mengukirnya nanti. OIeh karena itu pilihlah batu yang jenisnya lembut 

      Baiklah langsung saja kita menuju bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari batu. untuk itu terlebih dahulu mempersiapkan alat dan bahannya.


  • Alat dan Bahan
  1. Batu      
  2. Pisau Ukir
  3. cuter
  4. Amplas 
  5. Pemotong Batu 
  • Cara
  1.  Ambil lah batu yang ingin kita bentuk kemudian potong sesuai bentuk dan ukuran yang kita inginkan misalnya seperti bentuk hati, persegi, persegi panjang, segitiga ataupun lingkaran.
  2. Haluskan permukaan batu yang sudah terbentuk dengan menggunakan amplas
  3. Gunakan cuter untuk membuat pola atau motif dasar di batu tersebut 
  4. Kemudian mulailah mengukir batu sesuai dengan pola yang sudah kita buat. Ingat pada saat mengukir harus lebih hati-hati karena batu mudah pecah. jadi lakukan pelan-palan agar hasilnya juga bagus
  5. Selanjutnya apabila sudah selesai mengukir, kamu bisa melobanginya dengan menggunakn kawat yang tajam dengan cara memutarnya di batu tadi sampai tembus.
  6. Setelah lobang dibuat, kamu bisa membuat tempat gantungannya bisa dari kawat, benang atau yang sudah tersedia di toko-toko konveksi dan apabila kamu ingin memakainya sebagai kalung, bisa menggunakan benang sebagai talinya.
  7. jika ingin berwarna, anda bisa pakek cat minyak atau cat apa aja yang penting tidak cepat luntur.

          Sekian dari saya, selamat mencoba.

       Di bawah ini ada beberapa gambar batu hasil karya saya. Anda juga bisa membuatnya lebih bagus atau dengan bentuk yang lebih menarik.

Nama dari batu
Logo Teater Home

Rencong dari ukiran batu
Ukiran Rencong
  

kalung dari batu

    film one piece


kalung dari batuhuslein.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment