Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

11 March 2017

Bagaimana Berpikir Seperti orang Genius

Mendengar kata jenius pasti tidak asing lagi bagi kita bagaimana seseorang disebut jenius. Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan jenius. Tetapi jika kita melihat tokoh-tokoh sejarah yang kebanyakan orang akan mengatakan bahwa mereka jenius, seperti Albert Einstein, Leonardo Da Vinci, dan Beethoven,kita juga dapat melihat satu hal dalam diri mereka yaitu semuanya  kesamaan: mereka semua mampu berpikir dengan cara yang berbeda dari mainstream, dan dengan demikian membuat koneksi yang tidak ada orang lain lakukan. Berdasarkan pola itu, artikel ini akan membahas beberapa cara yang dapat kita pikirkan seperti orang jenius.

     1.    Giat belajar

Apapun yang akan kita lakukan tetap kita harus belajar karna itu kunci utama dalam pengetahuan. Jenius bersemangat tentang hal-hal yang mereka lakukan. Jika kita ingin berpikir layaknya seperti orang jenius, menemukan apa yang kita sukai dan memasukkannya di kepala lebih dulu.

• Mencari tahu bagaimana gaya belajar kita dan memanfaatkannya. Jenis utama adalah auditori, visual-spasial, verbal-linguistik dan kinestetik. Percobaan dengan teknik yang berbeda untuk menyerap informasi dengan apa yang terbaik.
• Pelajari cara mendidik diri sendiri. Ada banyak sumber daya yang tersedia di internet dan melalui layanan lokal seperti perguruan tinggi dan perpustakaan yang dapat menempatkan segala macam informasi menarik di ujung jari kita.
• Jadilah pro-aktif dan mengajukan pertanyaan. Ada orang yang kita temui setiap hari yang tahu segala macam hal dan memiliki berbagai keterampilan yang berharga untuk berbagi. Sebagai jenius, tertarik pada potensi dalam segala hal.
• Jadilah lebih komprehensif dalam studi kita. Belajar segala sesuatu yang perlu kita tahu.
• Ketika kita belajar tentang berbagai disiplin ilmu, berpikir tentang bagaimana mereka terhubung satu sama lain.

     2.    Memulai proyek ambisius dan melihat mereka melalui dari awal sampai akhir

Ide jenius sering terjadi dalam mengejar sesuatu yang banyak sezaman dianggap benar-benar gila. Menciptakan peluang untuk diri sendiri untuk menemukan hal-hal baru dengan memulai perjalanan yang belum kita mulai.

     3.    Merangkul perubahan, ketidakpastian, dan keraguan

Hal ini di tepi pengetahuan bahwa inovasi dan penemuan terjadi. Jangan takut untuk mempertanyakan kebijaksanaan konvensional, karena orang-orang jenius sering yang menulis ulang konvensi saat ini.

     4.    Jadilah orang yang produktif

Cobalah kuantitas sebelum berkualitas. Untuk menghasilkan karya yang sangat baik, melakukan banyak apa pun yang kita lakukan. Hal ini meningkatkan peluang kita untuk sukses dan itu berarti akan mendapatkan lebih banyak latihan di sepanjang jalan hidup kita. Ini juga membutuhkan tekanan, mengetahui bahwa untuk sementara waktu upaya mungkin kita yang pertama, hal itu mungkin tidak akan menjadi yang terakhir. Kebanyakan jenius dalam sejarah, apa pun yang mereka lakukan, melakukan banyak banyak hal, dan tidak semua dari itu jenius!

• Ada teori yang menjadi "master" dalam berbagai subjek, Anda perlu 10.000 jam praktek. pemain orkestra profesional dan pemrogram komputer menunjukkan ide ini. (Citation: Malcolm Gladwell buku Outliers, 2009, tetapi lihat juga Kreativitas: Genius dan lainnya Mitos, Weisberg, 1986)

     5.    Pelajari tentang Taksonomi Bloom

Taksonomi Bloom adalah rincian dari enam tingkat pemikiran, dari tingkat terendah ke tertinggi. Kita dapat menggunakannya untuk membantu kita berpikir berpikir pada tingkat yang lebih dalam.

• Pengetahuan adalah menerima dan percaya fakta. Mengetahui 2 + 2 = 4, tidak berarti kita tahu bahwa 2 + 2 = 4.
• Aplikasi adalah mengetahui bagaimana menggunakan fakta. kita dapat menentukan bahwa 2 kucing ditambah 2 kucing sama 4 kucing. Kita tidak tahu apa 2 + 2 = 4, tapi kita dapat menerapkannya.
• Pemahaman adalah memahami fakta: kita memahami konsep penjumlahan dan bagaimana 2 + 2 = 4.
• Analisis mogok informasi menjadi beberapa bagian. 4 - 2 = 2; (1 + 1) + (1 + 1) = 2 + 2 = 4.
• Sintesis adalah Menciptakan sesuatu yang baru. (2 + 2) + (2 + 2) = 4 + 4.
• Evaluasi: Diskusi tentang manfaat dari 2 + 2 = 4.

     6.    Berpikir secara berbeda

Misalkan kita  berbeda. Maka kita akan berpikir secara berbeda. Setiap jenis jenius adalah berbeda dari orang lainnya. Dan setiap jenis opini memiliki sesuatu yang benar dan sesuatu yang dapat pelajari dari itu.
• Ingatlah bahwa ide-ide yang berbeda belum historis telah diterima dengan baik, dan kita mungkin tidak seperti itu. Jenius sepanjang sejarah telah biarkan ini menghalangi mereka; tidak harus kita.
           
         Dibawah ini ada beberapa tips yang harus kamu terapkan dalam hidup jika ingin berpikir seperti orang-orang jenius.

Tips

• Belajarlah untuk mengambil saran dan kritik dengan cara yang positif. Banyak hal yang bisa dipelajari dari orang-orang yang cerdas jika mendengarkan mereka.
• Jangan hanya membaca tentang jenius, tetapi juga membaca jenius apa yang ditulis, sehingga kita dapat melihat bagaimana mereka berpikir. Selalu mencari sumber-sumber primer.
• Jangan hanya membaca kisah sukses membaca cerita kegagalan; belajar dari mereka.
• Jika kita berpikir hampir sepintar orang jenius menetapkan tujuan yang lebih tinggi untuk diri sendiri.
• Carilah Sherlock Holmes dan Jim Moriarty. Mempelajari bagaimana mereka berpikir. Ini bisa membantu jika kita melihat dua yang bertentangan, jika fiksi, jenius.
• Baca tentang jenius, khususnya di bidang  yang diminati. Apa yang membuat Richard Feynman besar? Bagaimana Nikola Tesla?
• Setiap orang ialah jenius, tetapi mereka dengan cara yang berbeda. Berpikir di luar kotak.
• Jangan berhenti belajar dan mencoba hal-hal baru, bahkan jika kita seorang jenius.
• Jangan terlalu dipikirkan. Hal itu akan menyebabkan kesalahpahaman.


0 comments:

Post a Comment