Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

09 March 2017

Cara Meningkatkan Ingatan

metode untuk meningkatkan ingatan
Banyak orang mengatakan bahwa ingatannya sangat lemah sehingga mereka sulit untuk mengingat hal-hal penting. Tidak usah pesimis karena sebenarnya tidak ada hal seperti "lemah ingatan", dan semua orang dapat meningkatkan ingatan mereka, selama tidak menderita kehilangan ingatan sebagai kondisi medis yang disebut dengan amnesia. Jika kita ingin meningkatkan ingatan, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, mulai dari makan blueberry untuk menggunakan berbagai perangkat mnemonik. Jika kita optimis dan berdedikasi, kita akan dapat meningkatkan memori kita.

Di bawah ini ada 4 metode yang harus kita jalani untuk meningkatkan memori kita. Terapin satu persatu dalam hidup.

Metode 1 : Menggunakan Mnemonic Devices

a.  Menggunakan asosiasi untuk mengingat fakta-fakta

Untuk menggunakan asosiasi efektif, kita dapat membuat gambar dalam pikiran untuk membantu mengingat sebuah kata atau gambar. Misalnya, jika kita memiliki waktu yang sulit mengingat bahwa masa masa kecil yang menyenangkan yang sekarang telah memudar, bagaimana indahnya bermain bersama teman teman.Gambar ini nyata dalam pikiran kita selamanya akan membantu kita untuk mengingat hal tersebut.

• Dengan menciptakan visual, otak kita dapat terpaku pada satu hal, mudah untuk mengidentifikasi potongan informasi. Bila kita ingat bahwa satu bentuk, kita juga bisa mengingat untai yang lebih besar dari informasi yang dapatkan dari itu. Misalnya, seperti menempatkan kunci rumah dalam tas kita, bayangkan tas kita tiba-tiba memiliki roda dan melaju pergi, hahahaha. Karena gambaran seperti itu ialah suatu yang aneh, kita lebih mungkin untuk mengingat nanti, yang juga akan membantu ingat bahwa kunci rumah ada di dalamnya.
•   Semakin unik atau tidak biasa gambaran visual kita, semakin mudah akan untuk otak kita untuk mengingat hal itu.

b.  Menggunakan asosiasi untuk mengingat angka

Katakanlah kita selalu lupa NIM mahasiswa kita atau bahkan nomor Hp kita setiap kali kita memerlukannya. Hanya memecah jumlah menjadi potongan kecil dan membuat gambar yang terkait dengan potongan mereka. Katakanlah jumlah ini 12-7575-23. Menemukan cara untuk membuat angka-angka ini bermakna. Katakanlah "12" kebetulan nomor rumah kita, "75" kebetulan usia nenek, dan jumlah "23" adalah nomor jersey Michael Jordan. Inilah yang dapat kita bayangkan untuk mengingat nomor:

•   Bayangkan rumah Anda dengan dua salinan dari nenek Anda berdiri di sebelah kanan, menunjukkan bahwa rumah lebih dulu. Lalu bayangkan Michael Jordan berdiri di sebelah kanan nenek Anda. Di sana Anda memilikinya - 12 (rumah), 7575 (double-dosis Nenek) dan 23, bintang basket.

c.  Gunakan chunking

Chunking adalah cara pengelompokan hal bersama-sama untuk membantu kita menghafal mereka. Daftar kata acak(daftar belanja, misalnya) dapat sangat sulit untuk diingat. Untuk mempermudah, coba mengelompokkan hal-hal individual dari daftar. Misalnya, daftar semua buah-buahan bersama-sama, produk susu bersama-sama, dan produk roti bersama-sama. Atau, kita dapat chunk daftar dengan huruf awal dari setiap item; kita perlu untuk mengambil telur, roti, daging, kopi, dan keju dari toko kelontong, ingat satu E, dua B, dan dua C. Selama kita mengingat nomor-nomor yang benar, kita harus dapat mengingat item dalam setiap kelompok surat. Hal ini tidak hanya akan membantu kita menghafal daftar belanjaan tersebut, tapi itu akan membuat pengalaman belanja lebih cepat.

•   Jika kita ingat bahwa, antara lain, ingin membeli empat jenis sayuran, kita akan lebih mudah untuk mengingat semuanya.
•   Chunking adalah apa yang kita lakukan ketika kita daftar nomor telepon dengan strip. Yang terlihat lebih mudah untuk menghafal, 8564359820, atau 856-435-9820?
•   Mungkin tidak akan ingat 17761812184818651898, tapi mencoba menempatkan spasi setelah setiap empat nomor. Sekarang kita dapat melihat bahwa angka-angka itu ialah tahun, dan dapat memilih peristiwa penting dari setiap tahun untuk membantu kita mengingat angka angka itu.

d.  Gunakan sajak

Menggunakan berbagai sajak umum dan konyol dapat membantu mengingat informasi dasar. Misalnya, jika mencoba untuk mencari tahu apakah April memiliki 30 atau 31 hari, hanya mengatakan yang lama dengan keras sajak: ". Tiga puluh hari ialah September, April, Juni, dan November" Kemudian kita pasti akan ingat bahwa April memang memiliki 30 hari.

e.  Gunakan akronim

Akronim adalah alat yang menakjubkan lain untuk mengingat berbagai hal, dari nama-nama dari lima Great Lakes dengan kata-kata yang digunakan sebagai konjungsi. Anda dapat menggunakan akronim populer, atau membuat satu untuk diri sendiri. Berikut adalah beberapa akronim populer untuk digunakan:

• HOMES. satu ini digunakan untuk mengingat Great Lakes: Huron, Ontario, Michigan, Erie, dan Superior.
• ROY G. BIV. Nama orang ini dapat membantu Anda mengingat warna pelangi: Merah, Orange, yellow, Green, Blue, Indigo, Violet.
• FOIL. Ini akan membantu Anda ingat bagaimana untuk memperbanyak dua istilah binomial: First, Outer, Inner, Last.

f.    Gunakan acrostics

 Acrostics mirip dengan akronim, kecuali bukan hanya mengingat akronim, dapat juga mengingat kalimat baru yang dibuat dari huruf pertama dari serangkaian kata-kata yang harus kita hafal dalam urutan tertentu. Misalnya, kita dapat mengatakan, " Membawa Vas Bunga Mawar Yang Sudah Usang Nanti" belajar urutan planet-planet: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Anda juga dapat membuat acrostics Anda sendiri.

g.  Menggunakan metode Loci

Metode ini telah digunakan sejak zaman Yunani Kuno. Teknik ini mengharuskan kita untuk mengaitkan sesuatu dari segi tempat atau lokasi untuk membantu mengingat set lengkap informasi. Untuk menggunakan metode ini, hanya membayangkan menempatkan item yang ingin kita ingat sepanjang rute sangat akrab, atau di lokasi tertentu di ruang akrab atau bangunan. Pertama, memilih jalan yang biasa kita lalui; kemudian, membayangkan hal-hal yang ingin kita lakukan atau menghafal sepanjang jalan itu.

• Jika perlu untuk menghafal akronim HOMES, fanboys, dan FOIL, Anda dapat membayangkan rumah miniatur, di teras depan, sekelompok keras anak laki-laki penggemar bersorak pada tangga, dan beberapa foil dibungkus di sekitar tempat tidur kita.
• Ketika Anda mengatur daftar informasi dengan mengatakan, "di tempat pertama," "di tempat kedua," dan seterusnya, Anda menggunakan versi dasar metode lokus.

Metode 2: Menggunakan Pendekatan Pikiran

Berhenti berpikir bahwa kita memiliki "memori yang lebah." Yakinkan diri kita bahwa kita memiliki memori yang baik yang akan ditingkatkan. Terlalu banyak orang terjebak di sini dan meyakinkan diri memori mereka lemah, bahwa mereka hanya tidak baik dalam mengingat  nama, nomor yang hanya menyelinap keluar dari pikiran mereka untuk beberapa alasan. Menghapus pikiran mereka dan bersumpah untuk meningkatkan memori. Rayakan bahkan prestasi kecil untuk menjaga diri termotivasi.

a.  Latihan otak Anda.

Langkah pertama yang bisa kita lakukan ialah Teratur "berolahraga" maka otak terus itu tumbuh dan taji perkembangan koneksi saraf baru yang dapat membantu meningkatkan ingatan kita. Dengan mengembangkan keterampilan mental baru - terutama yang kompleks seperti belajar bahasa baru atau belajar bermain alat musik baru - dan menantang otak kita dengan teka-teki dan permainan, kita dapat menjaga otak kita menjadi aktif dan meningkatkan fungsi fisiologisnya.

• Cobalah beberapa teka teki sebagai latihan sehari-hari seperti teka-teki silang, Sudoku, dan permainan lainnya yang cukup mudah bagi siapa saja.
• Keluar dari zona kenyamanan dan memilih sesuatu yang baru dan yang lebih menantang, yang bisa melenturkan otot otak kita. Cobalah untuk bermain catur atau permainan papan cepat.
• Sebagian besar otak kita diaktifkan ketika belajar keterampilan baru. Mempelajari informasi baru juga akan membantu, tapi karena keterampilan mengharuskan kedua intake dan output informasi, mereka perlu porsi latihan yang lebih besar dari otak kita.

b.  Luangkan waktu untuk membentuk ingatan

 Kenangan yang sangat rapuh dalam jangka pendek, dan gangguan bisa membuat kita cepat melupakan sesuatu yang sederhana seperti nomor telepon. Kunci untuk menghindari kehilangan kenangan tersebut, kita dapat membentuk mereka dengan fokus pada hal yang harus diingat untuk sementara waktu tanpa memikirkan hal-hal lain, jadi ketika kita mencoba untuk mengingat sesuatu, menghindari gangguan dan tugas yang rumit untuk beberapa menit.

c.  Mengambil gambar yang lebih baik

Seringkali kita melupakan hal-hal bukan karena ingatan kita buruk, melainkan karena keterampilan pengamatan kita membutuhkan pekerjaan. Satu situasi umum di mana ini terjadi (dan yang hampir semua orang dapat berhubungan dengannya) adalah pertemuan orang-orang baru. Seringkali kita tidak benar-benar belajar nama orang pada awalnya karena kita tidak benar-benar berkonsentrasi untuk mengingat mereka. Kita  akan menemukan bahwa jika kita membuat usaha sadar untuk mengingat hal-hal seperti itu, maka kita akan melakukan jauh lebih baik.

• Salah satu cara untuk melatih diri untuk lebih jeli adalah dengan melihat sebuah foto yang asing selama beberapa detik dan kemudian hidupkan foto itu dan menggambarkan atau menuliskan rincian sebanyak mungkin mengenai foto itu. Mencoba menutup mata kita dan membayangkan foto dalam pikiran. Gunakan foto baru setiap kali kita mencoba latihan ini, dan dengan latihan yang teratur kita akan menemukan bahwa kita bisa mengingat lebih detail dengan sekilas bahkan lebih pendek dari foto.

d.  Melibatkan beberapa indera

Kita dapat merangsang bagian lebih dari otak kita dengan menggunakan sebanyak mungkin indera saat menghafal informasi. Ketika bagian yang lebih besar dari otak kita aktif, kemampuan kita untuk memicu bank memori kita akan meningkat.

• Menulis .Proses menulis informasi dengan tangan merangsang otak kita dan membuatnya lebih mudah untuk mengingat informasi nanti. Mengetik jauh kurang efektif, namun.
• Ketika kita melakukan mengetikkan informasi, menggunakan font yang aneh. Ketika selesai, baca kembali. Ketika sesuatu adalah perjuangan untuk membaca, kita perlu lebih berkonsentrasi, yang dapat membantu memperbaikinya ke dalam memori kita lebih tegas.
• Latih atau berhubungan dengan  informasi. Katakan pada diri sendiri atau memberitahu orang lain suatu informasi. Mendengar diri membaca informasi ini akan melibatkan rasa pendengaran. Jika kita perlu menjelaskan informasi kepada orang lain sehingga ia dapat memahaminya juga, memori dan pemahaman akan ditingkatkan lebih jauh.

e.  Menggunakan lingkungan Anda

 Mengubah lokasi normal hal yang perlu diingat untuk melakukan sesuatu. Jika kita harus ingat untuk mengambil multivitamin setiap pagi, kemudian menempatkan pemanggang pada sisinya, dan hanya meletakkannya kembali di tempat normal setelah mengambil vitamin. Melihat pemanggang roti keluar dari tempat akan mengingatkan kita bahwa ada sesuatu yang off dan bahwa ada sesuatu yang perlu Anda ingat.

• Jika Anda perlu mengingat sesuatu yang penting, seperti ulang tahun seseorang, hanya memakai jam tangan di pergelangan tangan lainnya. kita akan ingat bahwa ada sesuatu yang penting yang harus dilakukan ketika kita melihat bahwa jam tangan keluar dari posisi.
• Caranya adalah dengan berfokus pada apa yang ingin kita ingat ketika mengubah objek yang digunakan. Jika tidak fokus pada sepotong informasi, atau mungkin tidak dapat mengaitkan dengan perubahan nanti.

f.    Gunakan kartu flash

 kartu flash sangat berguna untuk belajar. Ini dasarnya kartu dengan pertanyaan di satu sisi dan jawaban di sisi lain. (kita juga dapat menempatkan dua hal yang ingin mengasosiasikan di sisi berlawanan dari kartu flash.) Dalam proses belajar topik, kita akan memiliki setumpuk kartu dan akan pergi melalui mereka menguji diri sendiri. Mereka yang punya hak akan dimasukkan ke satu sisi dan meninjau beberapa hari kemudian.
• Tempatkan istilah yang kita ingat dalam satu tumpukan, dan yang perlu diketahui di sisi lain. Terus sampai semua kartu berada di tumpukan, bahkan jika perlu istirahat sejenak.
• Kembali ke kartu flash ke hari berikutnya dan melihat apakah ada masih hafal istilah pada mereka.

g.  Jangan menjejalkan untuk ujian

Menjejalkan hanya bekerja untuk menaruh informasi dalam memori jangka pendek kita. Kita mungkin ingat informasi untuk ujian hari berikutnya, namun kita hampir tidak akan ingat unit ketika saatnya untuk ujian. Belajar melamun sangat penting karena memberikan waktu otak untuk mengkodekan informasi dan menyimpannya dalam memori jangka panjang Anda.

Metote 3 : Mencoba Trik Memori

a.  Mengatakan hal-hal yang ingin kitaingat dengan suara keras

          Jika kita memiliki kesulitan mengingat apakah kita mengambil obat setiap pagi, hanya mengatakan, "Saya hanya mengambil obat saya!" tepat setelah kita membawanya, untuk memperkuat ide ini dalam pikiran. Mengatakan kata kata ini dengan keras akan membantu kita ingat bahwa kita memang minum obat setiap pagi.

• Hal ini juga bekerja jika kita bertemu orang baru dan tidak ingin lupa namanya. Hanya mengulang nama secara alami setelah kita mengetahuinya: ". Hi, Sarah, senang bertemu denganmu"

• Hal ini juga bekerja untuk mengingat alamat atau waktu pertemuan. Hanya mengulanginya keras-keras kepada orang yang mengundang kita.

b.  Memperdalam pernapasan  ketika kita harus mengingat sesuatu

Ketika saatnya untuk belajar atau mengingat sesuatu yang baru, mengganti pola pernapasan kita menjadi lebih lambat dan lebih dalam. Lebih dalam dan lebih lambat pernapasan benar-benar mengubah cara otak bekerja, dengan menginduksi pulsa elektrik otak untuk beralih ke gelombang Theta, yang biasanya terjadi pada otak kita ketika tidur yang disebut dengan hypnogogic.

• Untuk mengaktifkan gelombang Theta, beralih ke pernapasan perut bagian bawah - dengan kata lain, mulai bernapas dalam-dalam dari perut.
• Setelah beberapa saat, kita harus merasa lebih tenang, gelombang Theta harus mengalir di otak kita, dan kita harus lebih mengingat informasi baru.

c.  Ingat nama seseorang

Gunakan trik populer pedoman FDR untuk menghafal nama seseorang. Ketika seseorang memperkenalkan diri kepada kita, gambar mereka dengan nama mereka tertulis di dahi mereka. Ini akan mengasosiasikan citra orang yang dengan nama mereka.


d.  Memeras bola stres

Beberapa studi menunjukkan bahwa meremas bola stres atau membuat kepalan dengan tangan kita dapat membantu mengingat sepotong informasi kemudian.

• Sebelum menghafal informasi, memeras kepalan di tangan dominan. Untuk orang kidal, ini akan menjadi tangan kanan.
• Bila kita perlu mengingat informasi, memeras bola stres di tangan berlawanan untuk setidaknya 45 detik. Tindakan sederhana ini mungkin cukup untuk membantu kita mengingat.

e.  Mengunyah permen karet

Tindakan sederhana ini dapat merangsang otak dan meningkatkan konsentrasi, terutama jika kita perlu mengingat informasi selama 30 menit atau lebih.

• Beberapa studi telah menyarankan bahwa memori visual dan auditori meningkatkan ketika seseorang mengunyah permen karet dengan menjaga individu lebih terfokus.
• Bila kita perlu mengingat sesuatu selama kurang dari 30 menit, meskipun, itu sebenarnya lebih baik untuk tidak mengunyah apa-apa.

f.    Menggerakkan mata kita dari sisi ke sisi

 Studi menunjukkan bahwa menggerakkan mata kita dari sisi ke sisi untuk hanya 30 detik sekali sehari akan menyelaraskan dua bagian dari otak kita dan membuat memori kita bekerja lebih lancar. Coba trik ini ketika kita bangun di pagi hari.

g.  Bau rosemary

Studi menunjukkan bahwa bau rosemary dapat meningkatkan recall kita. Membawa sekitar setangkai rosemary atau bau minyak rosemary sekali sehari. Yunani Kuno bahkan menaruh semi rosemary belakang telinga mereka pada hari ujian untuk membantu mereka meningkatkan ingatan mereka.


Metode 4 : Meningkatkan Gaya Hidup

a.  Mengatur hidup Anda

Menyimpan item yang sering kita butuhkan, seperti kunci dan kacamata, di tempat yang sama setiap waktu. Gunakan organizer elektronik atau rencana harian untuk melihat jadwal, tanggal jatuh tempo tagihan, dan tugas-tugas lainnya. Menyimpan nomor telepon dan alamat di buku alamat atau memasukkan mereka ke komputer atau ponsel. Peningkatan organisasi dapat membantu membebaskan kekuatan konsentrasi sehingga dapat mengingat hal-hal yang kurang rutin.

• Bahkan jika diselenggarakan tidak meningkatkan memori, kita akan menerima banyak manfaat yang sama (misalnya tidak perlu mencari kunci lagi).

b.  Memilih kesadaran bukan multitasking

Multitasking mungkin tampak seperti itu memungkinkan kita untuk menyelesaikan sesuatu lebih cepat, tetapi penelitian menunjukkan bahwa itu benar-benar menyebabkan otak untuk memperlambat keseluruhan. Kesadaran memungkinkan untuk meningkatkan fokus kita, yang meningkatkan ingatan dan mempercepat kinerja otak.

• Kita membutuhkan sekitar delapan detik fokus untuk melakukan sesuatu untuk memori. Ketika kita multitask, cenderung untuk mengatur informasi menyisihkan lebih cepat dari delapan detik, sehingga akan lebih mudah untuk melupakannya.
• Untuk melatih perhatian, semua benar-benar perlu kita lakukan adalah meningkatkan konsentrasi dan menghabiskan lebih banyak waktu berfokus pada satu tugas pada satu waktu. Ketika kita benar-benar ingin mengingat bagian tertentu dari informasi, menghabiskan setidaknya delapan detik berfokus pada informasi itu sendiri.

c.  Latihan sehari-hari

Latihan aerobik yang teratur meningkatkan sirkulasi dan efisiensi seluruh tubuh - termasuk otak - dan dapat membantu menangkal hilangnya ingatan yang datang seiring penuaan. Latihan juga membuat kita lebih waspada dan santai, dan dengan demikian dapat meningkatkan serapan memori kita, yang memungkinkan untuk mengambil mental "gambar" yang lebih baik.

• Bahkan hanya berjalan selama 30 menit sehari adalah bentuk fantastis latihan.
• Sel-sel saraf melepaskan faktor neurotropik selama latihan, dan protein ini memicu bahan kimia lain yang mempromosikan kesehatan otak.
• Olahraga juga meningkatkan aliran darah ke otak, yang meningkatkan jumlah oksigen ke otak.
• Beberapa studi menunjukkan bahwa olahraga teratur, apakah sedang atau kuat, dapat meningkatkan pusat memori otak oleh satu atau dua persen setiap tahun. Tanpa olahraga, pusat memori akan tetap stabil atau dapat menurunkan kapasitas.

d.  Mengurangi stres

 Stres kronis sebenarnya tidak secara fisik merusak otak, dapat membuat mengingat jauh lebih sulit. Setelah stres berkepanjangan, otak akan mulai menjadi terpengaruh dan memburuk. Stres tidak pernah dapat benar-benar dihilangkan dari kehidupan seseorang, tapi pasti dapat dikendalikan. Bahkan tekanan sementara dapat membuat lebih sulit untuk secara efektif fokus pada konsep dan mengamati hal. Stres kronis juga dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang ke hippocampus, yang merupakan tempat kenangan disimpan.

• Cobalah untuk rileks, teratur berlatih yoga atau latihan peregangan lain, dan konsultasi ke dokter jika memiliki stres kronis berat sesegera mungkin.
• Renungkan selama minimal 15 menit sehari. Ini akan membantu kita memperlambat pernapasan dan bersantai, dan dapat meningkatkan fokus kita.
• Kurangi asupan kafein. Kafein dapat membuat kita merasa lebih cemas dan stres.
• Beri diri kita pijatan atau mendapatkan satu dari seorang teman. Ini akan membantu tubuh lebih santai.
• Mengurangi stres dengan menghabiskan lebih banyak waktu menjadi sosial dengan teman-teman. Menjadi makhluk sosial dan berbicara dengan orang yang lebih juga akan meningkatkan ingatan kita.
• Kecemasan dan depresi juga dapat membuat kita sulit untuk berkonsentrasi dan mengingat informasi. Jika sedang berjuang dengan kecemasan atau depresi gangguan klinis, kita harus konsultasi dengan dokter untuk mencari cara untuk mengobati kondisi ini.

e.  Sering tertawa

Tertawa menyebabkan beberapa bagian dari otak kita untuk menerangi, dan bagian-bagian yang bertanggung jawab untuk memori termasuk di antara mereka.

• Tertawa menjadi lebih menguntungkan ketika orang lain yang terlibat. Beberapa studi menunjukkan bahwa bersosialisasi dengan teman-teman, kerabat dekat, dan bahkan hewan peliharaan dapat memperlambat laju keseluruhan dari penurunan ingatan karena faktor usia

f.    Makan dengan baik dan makan dengan benar
 Ada banyak suplemen herbal di pasar yang mengklaim untuk meningkatkan memori, tetapi tidak ada belum terbukti efektif dalam uji klinis. Diet sehat, bagaimanapun, memberikan kontribusi untuk otak yang sehat, dan makanan yang mengandung antioksidan - brokoli, blueberry, bayam, dan buah, misalnya - dan asam lemak Omega-3 muncul untuk mempromosikan fungsi otak yang sehat.

• Umpan otak Anda dengan suplemen seperti tiamin, Niacin dan Vitamin B-6.
• Beberapa makanan yang disarankan untuk otak ialah teh hijau, kari, seledri, brokoli, kembang kol, kenari, kepiting, buncis, daging merah, blueberry, dan lemak sehat (termasuk mentega organik, minyak zaitun, minyak kelapa, kacang-kacangan, alpukat, dan salmon atau ikan berlemak lainnya). Masing-masing makanan mengandung antioksidan yang dapat melindungi otak Anda dan mendorong produksi sel-sel otak baru.
• Meningkatkan jumlah asam lemak omega-3 yang kita konsumsi tetapi menurunkan lemak omega-6. Lemak omega-3 biasanya ditemukan pada ikan salmon dan hewan sejenis sumber, sementara omega-6 lemak biasanya ditemukan dalam minyak sayur olahan.
• Kita juga harus menghindari gula dan karbohidrat gandum karena makanan ini negatif dapat mempengaruhi otak Anda. lemak jenuh dan makanan tinggi kalori yang sama diyakini menghambat memori kita, terutama dalam jangka panjang.
• Anggur merah dapat meningkatkan memori kita bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Jika kita mengkonsumsi lebih dari satu gelas sehari sebagai wanita atau dua gelas sebagai manusia, alkohol dapat mulai merusak ingatan kita. Dalam jumlah kecil, meskipun, resveratrol flavonoid dalam anggur dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. jus anggur, jus cranberry, buah segar, dan kacang dikatakan untuk memberikan efek yang sama.
• Grazing, atau makan 5 atau 6 makanan kecil sepanjang hari bukan 3 kali makan besar, juga tampaknya meningkatkan fungsi mental (termasuk memori) dengan membatasi dips gula darah, yang negatif dapat mempengaruhi otak. Pastikan itu hal yang sehat.

g.  Coba meningkatkan asupan vitamin D

Studi menunjukkan bahwa vitamin D yang rendah dapat dikaitkan dengan kinerja kognitif menurun. Ketika reseptor vitamin D di otak diaktifkan, pertumbuhan saraf di otak meningkat. Beberapa jalur metabolisme vitamin D yang terletak di area otak yang bertanggung jawab untuk membentuk kenangan baru.

• Sementara terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, dalam jumlah sedang dapat menyediakan semua vitamin D yang dibutuhkan oleh rata-rata orang dewasa.
• Vitamin suplemen D3 adalah metode alternatif lain untuk mendapatkan vitamin yang cukup D.

h.  Tidur nyenyak

Tidur meningkatkan kemampuan kita. Neuroplastisitas otak tumbuh-yang meningkatkan kemampuan otak untuk mengontrol perilaku dan ingatan. Jumlah tidur kita mendapatkan mempengaruhi kemampuan otak untuk mengingat informasi baru-baru belajar. Mendapatkan tidur malam yang baik - minimal tujuh jam malam - dapat meningkatkan memori jangka pendek dan memori jangka panjang relasional kita, menurut studi terbaru yang dilakukan di Harvard Medical School.

• Cobalah untuk tidur di mana saja 7-10 jam setiap malam. Ideal untuk orang dewasa yang paling sehat adalah delapan jam.
• Pergi tidur pada waktu yang sama dan bangun pada waktu yang sama setiap malam. Ini akan membuat kita merasa jauh lebih beristirahat.
• Menghabiskan setidaknya setengah jam membaca di tempat tidur dan berkelok-kelok turun sebelum kita tidur. Mematikan TV, komputer, dan stimulan visual lainnya setidaknya satu jam sebelum tidur.
• Ambil catnaps siang hari. Mereka dapat membantu kita mengisi ulang baterai dan meningkatkan memori.
• Otak Anda juga mengkonsolidasikan informasi ke bank memori jangka panjang saat tidur. Jika tetap terjaga, proses ini tidak akan dapat terjadi.


0 comments:

Post a Comment