Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

07 March 2017

Langkah langkah ini Bisa Melatih Pola Pikir

Kebanyakan orang di dunia ini tidak hanya berpikir secara alamiah saja, artinya membiarkan pikirannya seperti normalnya saja tanpa berpikir untuk berpikir akan hal-hal baru yang tidak terpikirkan semua orang. Akibatnya mereka menjalani hidup begitu gitu saja sehingga cenderung tertinggal dari orang lain baik itu personal, kelompok ataupun sebuah negara. Mengapa amerika, jerman, jepang, cina, singapura, korea dan negara-negara maju lainnya. Mereka terus maju dari hari ke hari karena mereka hidup terbuka, pikiran pun terbuka dan selalu melihat ke depan. Oleh karena itu, apa yang mereka pikirkan maka akan diwujudkannya.

Realitanya, satu jam saja dari peningkatan aktivitas otak kita melalui pemikiran inovatif atau mengalami rangsangan baru dapat membuat kita lebih pintar, lebih energik, lebih kreatif, lebih ramah, dan lebih terbuka untuk pengalaman baru dan cara berpikir baru.

Kamu sangat beruntung setelah membaca ini. Dalam tulisan ini akan saja jelaskan bagaimana merangsang otak kita untuk berpikir, membuat pikiran dan pandanganmu untuk mencoba pengalaman baru yang sebelumnya belum pernah kamu alami. Berikut adalah beberapa cara bagaimana melatih untuk membuka pola pikir. 

1.  Renungkan sistem keyakinan kita sendiri.

Setiap keputusan yang kita buat dalam hidup ini didasarkan pada sistem keyakinan kita. Untuk membuka pikiran, mulai daftar keyakinan dasar, dan masing-masing bertanya pada diri sendiri mengapa kita percaya akan hal tersebut. Kemudian tanyakan pada diri sendiri apakah bisa kita bayangkan jika kita tidak benar-benar percaya lagi, tapi percaya sesuatu yang sedikit berbeda. Kemudian sedikit berbeda dari itu. Misalnya kita meyakini bahwa jalan-jalan di pantai lebih asik daripada ke tempat lain. Sekarang coba tanyakan beberapa teman-teman kita apa yang mereka percaya juga dan bagaimana mereka memperoleh keyakinan mereka. Memahami ini: sistem keyakinan kita benar-benar unik untuk Anda; dan sistem keyakinan teman-teman adalah unik bagi mereka. Pikiran yang terbuka adalah disaat kita merasa nyaman dengan perbedaan dan dengan menggunakan berbagai lensa untuk melihat suatu masalah.

•   Apakah anda berpikir bahwa Nutella sandwich atau Spaghetti Bolognese adalah makanan paling lezat di dunia? Bagaimana pendapatmu tentang hal ini? Saya yakin pasti akan ada ribuan perbedaan di antara kita semua. Untuk mencoba akan keyakinan tersebut cobalah Makan sebanyak-banyaknya dan bervariasi apa yang kita inginkan! untuk sarapan, makan siang dan makan malam, dan segera kita akan memikirkan kembali ide asli kita, meragukan apakah kepercayaan kita masih konsisten seperti sebelumnya. Setelah melakukan hal tersebut berarti kita baru saja menemukan sesuatu yang baru dengan tumpukan menyenangkan sepanjang jalan! Pikirkan tentang hal ini ... makan sebanyak yang kita inginkan! Tapi tetap jangan terlalu rakus ya.

 Cobalah untuk menerima dan mengatur setiap masukan-masukan, untuk mengubah pikiran kita tentang sesuatu seminggu sekali. Apakah dengan belajar tentang sekelompok orang yang kita pikir tidak menyukai hal yang kita pikirkan, kadang-kadang kehilangan argumen dan mengakui bahwa kita salah dalam menilai, atau bahkan hanya menonton Mythbusters dan menyadari bahwa kita salah tentang salah satu mitos. Jika kita belajar untuk menikmati memperbaiki diri dan memahami lebih banyak tentang dunia, maka setiap kali kita mengubah pikiran kita maka akan terasa menyenangkan dan mencerahkan otak kita.

2.  Mendorong batas-batas tubuh kita.

Dengan menggunakan tubuh kita dalam melakukan cara-cara baru, kita akan dapat mempelajari lebih lanjut tentang diri kita dan memperluas pikiran. Berjalan mundur melalui seluruh rumah untuk perspektif ruang yang sama sekali baru (berhati-hati untuk tidak tersandung sesuatu atau jatuh dari tangga). Belajarlah untuk melakukan handstand, backflip, atau kip-up. Seperti yang ada dalam seni bela diri. Cobalah beberapa kelas hip-hop atau belajar break dance. Apakah kita dapat menyentuh jari-jari kaki kita? Coba berenang, bersepeda, mendaki ataupun marathon dan hal lain yang mendorong batas-batas dari zona kenyamanan Anda!

•  Belajar untuk memutar pensil dengan jari seperti seorang drummer dengan stiknya, memecahkan Rubik Cube, atau mencoba untuk membuat kerajinan kayu.

•  Belajarlah untuk bermain sulap (seperti sulap kartu atau sulap angka). Ini merupakan sebuah latihan besar untuk otak kita, mata dan refleks. Tiga bola terlalu mudah? Coba empat, atau lebih baik lagi, lima. Jika kita mendapatkan yang sangat baik, coba 10! 20! 50! Pikir itu mungkin? Tetap berpikiran terbuka. Coba juggling kontak untuk tantangan yang berbeda.

•   Cobalah sensasi fisik baru. Berenang di sebuah yang berarus deras

3.  Merangsang mata Kita.

Jika kita ingin merangsang mata, cobalah pergi ke sebuah galeri seni murah atau gratis (jika ada). Bahkan jika kita pikir itu seni yang buruk, hal ini masih dapat pemikiran dan memperkenalkan kita kepada orang-orang dengan selera yang berbeda dari kita sendiri. Menonton film atau acara di genre yang  biasanya kita tidak mengeksplorasi. Sesekali nikmati film dalam genre cyberpunk, horor, anime, film dokumenter, stand-up komedi, atau apa pun lah yang belum sempat kita coba atau yang kita sukai.

•   Menonton menunjukkan bahwa kita mendiskriminasikan. Apakah Anda benci (atau tidak suka)? Jangan takut mencobanya sekali atau dua kali. Lakukan hal yang sama dengan fiksi ilmiah, atau acara fantasi. Menonton saluran Spanyol, saluran agama, Discovery, Travel, atau Disney Channel, bahkan jika hanya untuk beberapa hari.

•  Cobalah untuk tidak menonton TV selama dua minggu. Isi waktu luang yang baru ditemukan dengan kegiatan baru dan menarik.

4.  Merangsang telinga.

 Setelah merangsang tubuh, mata dan sekarang saatnya untuk merangsang telinga. Salah satu cara merangsang telinga ialah denga mendengarkan musik yang jarang atau bahkan belum pernah kita dengarkan, seperti klasik, mozart, zouk, rap, hip-hop, drum dan bass, dubstep, trance, blues, jazz, eksotika, polka, internasional, mariachi, negara, atau Afro-blues. Tidak harus seperti itu pada awalnya, tetapi jika kita tetap berpikiran terbuka, tentunya masih bisa menemukan hal menarik. Mendengarkan stasiun radio yang biasanya diabaikan karena keseringan dengar MP3 di Hp atau menggunakan pemutar musik online seperti Pandora yang akan mengekspos artis baru berdasarkan minat yang diusulkan.

5.  Pelajari tentang orang yang berbeda dan gaya hidup.

Gaya hidup sangatlah berpengaruh dalam melatih pola pikir kita. Rata-rata orang berubah karena pengaruh dari gaya hidup di suatu tempat atau negara. Seperti baru-baru ini lagi maraknya gaya ala K-pop, ataupun kebudayaan Amerika dan Eropa yang tidak bisa terlepaskan lagi dengan hidup kita. Hal itu tidak masalah kita boleh mengikuti semua itu asalkan tidak melanggar norma-norma yang telah ditetapkan di daerah kita. Hal tersebut juga bisa memacu otak kita untuk bisa berpikir secara terbuka.

6.  Belajar sesuatu yang baru.

Yang terakhir ialah belajar sesuatu yang baru misalnya belajar matematika yang dulunya tidak suka,  belajar bermain musik, lihat katalog dan membuka pikiran kita untuk belajar hal-hal seperti sejarah seni, keranjang-tenun, pelatihan pertolongan pertama, atau etika bisnis. universitas lokal kita mungkin menawarkan kursus survei mudah tanpa prasyarat, seperti meteorologi, nutrisi, atau budaya pop Jepang. Anda bahkan bisa menemukan topik yang tak terduga seperti Vampir dan Manusia Serigala. Belajar bahasa yang berbeda (Jerman, Esperanto, Jepang, Perancis, Arab, Italia, Turki, Finlandia, Saami, Cina, dll), terutama mereka yang sangat berbeda dari kita sendiri. Bila kita tidak mampu, solusinya ialah internet karena Internet adalah tempat yang bagus untuk menemukan kelas jelas murah atau gratis. Carilah kuliah gratis di YouTube. 

    Open Your Mind! Ikuti dan lakukan cara-cara di atas maka akan bisa membuka pikiranmu untuk mendapatkan suatu pengalaman baru. Mungkin Cuma 6 itu dulu atau bagi yang mempunyai saran lainnya boleh tuliskan di komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih
Salam Kreatif!!

Huslein Slash

0 comments:

Post a Comment