Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

14 May 2016

Cara Mengembangkan Bakat Seni yang terpendam dalam diri

        Sering kita berpikir dan menganggap bahwa diri kita tidak memiliki bakat di bidang seni. Apakah anda sudah yakin dengan anggapan negatif yang keluar dari pikiran anda? Apakah anda tidak pernah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kesenian? Coba anda pikirkan dan renungkan apa yang telah anda ciptakan dari kecil sampai sekarang. Tanpa kita sadari kita semua memiliki bakat seni dalam diri kita yang membantu kita untuk melakukan kreativitas dengan pikiran kreatif yang kita miliki. Hanya saja kita tidak pernah mencoba membebaskan bakat tersebut dan tidak mendalaminya lebih lanjut. Pertanyaannya , berapa kali anda foto-foto dalam sehari? Bagaimana caranya mengambil foto yang bagus? Berapa anda kita berpikir untuk memperbaiki penampilan dan gaya hidup anda? Bagaimana menata kamar agar kelihatan rapi? Pernahkah anda membuat kerajinan tangan, bermain tanah liat di waktu kecil atau pun menyusun benda-benda yang berserakan menjadi sebuah bentuk yang menarik dan sebagainya. Kegiatan tersebut merupakan bentuk yang membutuhkan bakat kesenian, keindahan, kerapian, dan pemikiran yang kreatif. Sekarang masihkah kita menganggap diri kita tidak memiliki seni? Anda bisa menjawabnya sendiri. Oleh karena itu buanglah pikiran negatif yang beranggapan seperti itu, sehingga kita bisa membebaskan bakat seni yang terpendam dalam diri kita.

           Mulailah membuka mata terhadap dunia ini, gali potensi yang sebelumnya belum pernah kita lepaskan atau mencoba hal yang bersifat kreatif, gunakan minat seni alamiah kita. Jangan pernah memikirkan hasil akhir atas apa yang telah kita lakukan, tetapi cukup untuk menikmati proses yang kita lakukan. Untuk itu biarkan jiwa kreatif yang mengarahkan kita dalam menentukan media yang akan kita lakukan ( kertas, tripeks, pohon, tinta, pensil, barang bekas, kaleng, cat, tali dan sebagainya), maupun dalam menentukan warna, bentuk, dan gaya sesuai pilihan kita. Oleh karena itu bersikaplah terbuka pada spontanitas dan jangan pernah menghakimi diri sendiri atau pun merasa frustasi melihat hasil yang telah anda capai . lakukan hal tersebut untuk diri sendiri, bukan untuk kritikus dalam diri kita.

Melakukan Seni Untuk Diri Sendiri

         Bila kita belum mampu memamerkan karya seni kita, kita bisa melakukan seni untuk diri sendiri terlebih dahulu baru nantinya bisa kita pamerkan untuk orang lain. Saya sendiri telah membuktikannya lewat karya seni yang saya ciptakan itu semua berawal dari diri sendiri. Untuk itu, lakukanlah lakukan kegiatan dibawah ini untuk memperluas perkembangan seni kita. Pilihlah kegiatan yang paling menarik terlebih dahulu. Luangkan waktu sesuka anda untuk beberapa latihan berikut ini. Ulangi kegiatan yang paling anda suka.

1.   Kembalikan Kebebasan Seni Yang Pernah Kita Rasakan Di Masa Kecil
             
            Persiapan sekotak pensil warna, pulpen warna atau spidol. Letakkan peralatan tersebut di meja belajarmu, atau dimana saja agar bisa terlihat setiap hari. Pastikan setiap hari meluangkan waktu lima untuk membuka kotak tersebut dan menggambar sesuatu. Jika kamu menggambar dengan lepas, akan terlihat munculnya kebebasan kreatif seperti yang dimiliki anak kecil. Kebebasan ini akan menular pada semua yang kamu kerjakan hari itu dan kepuasaan pun akan kamu rasakan. Oleh karena itu mulai ingat lagi kebiasaan di masa kecil yang menjerumus ke bidang seni.

2.   Gerakkan Perasaan
    
             Belilah cat air atau cat minyak maupun tinta berwarna dan kertas maupun media apa aja yang lebar. Pakailah pakaian tua dan satu sore hari saja luangkan waktu untuk itu. Berilah izin kepada diri sendiri untuk mencelupkan tangan ke dalam cat dan menciptakan desain-desain paling “gila” yang bisa kamu bayangkan. Melukislah untuk bersenang-senang sambal menikmati musik yang ngebit biar tambah semangat, untuk menikmati intensitas warna dan corak yang akan dihasilkan nantinya, serta untuk menggerakkan berbagai perasaan dalam hati dan jiwa. Apa yang kamu lukis dan bagaimana bentuknya setelah selesai tidaklah penting. Yang penting kita sudah membebaskan diri kita untuk menikmati proses itu.

            Hal ini bisa juga dicoba karna menenangkan, yaitu menggambari sekitar 20 lembar kertas, lalu gantunglah kertas-kertas tersebut di tembok secara berdampingan. Sudah pasti kamu akan terkejut melihat karya seni kolase indah yang baru saja diciptakan?

                Setelah selesai, pikirkanlah tentang bagaimana proses di atas mempengaruhimu. Apakah hal itu merangsang jiwa kreatif kamu? Membuat kamu rilaks? Dapatkan kamu mengubah kesenangan yang kamu rasakan menjadi keinginan untuk mulai mengerjakan jenis kegiatan seni yang lain? Bisakah kamu menggunakan latihan ini lagi apabila kamu terbentur pada suatu masalah?

3.   Perluaskan Perspektif

                Latihan ini nantinya membantumu menyadari bahwa ada banyak cara memandang sesuatu. Ambil kamera atau handphone kamu, buatlah selusin atau lebih foto sebuah benda yang sudah biasa, tetapi kali ini cobalah membuatnya tampak tak biasa, lucu, mengejutkan, melengkung, bertambah tinggi, pendek atau sesuaikan dengan keinginanmu yang biasa dilihat orang pada benda tersebut. Ambil gambar dari berbagai sudut yang berbeda, baik itu dari bawah, lebih dekat, dari atas, dari samping dan sebagainya. Dalam tiap foto, ciptakan konteks emosional, atau cobalah membuat pernyataan melalui foto itu. Kamu juga akan terkejut melihat banyaknya gagasan kreatif yang dapat dihasilkan oleh kegiatan ini.

4.   Jelajahi Jiwa Kreatif

                Buatlah sebuah karya seni kolase untuk melambangkan jiwa kreatif yang kamu miliki. Pilih benda apa saja yang sesuai untuk mengekspresikan rahasia paling dalam dan gairah tersembunyi. Gunakan benda-benda alami atau carilah kain, serta kliping berita dan gambar dari koran atau majalah. Tempelkan semua gambar itu pada selembar karton. Kapan pun kamu merasa frustasi atau menemui rintangan, gunakan karya seni ini agar kamu ingat akan keindahan dan kekuatan jiwa kreatifmu yang sesungguhnya.

5.   Usir Masalah Lewat Melukis

             Jika kamu memiliki suatu masalah seperti masalah pacaran, keluarga, konflik dengan sahabat maupun tekanan akibat pekerjaan yang menumpuk dan masalah-masalah lainnya. Ambil cat air, cat minyak atau pun kapur berwarna. Mulailah melukis, cobalah berkonsentrasi, tuangkan semua yang kamu rasakan mengenai situasi tersebut dalam gambar atau lukisan yang kamu buat. Kamu dapat berlama-lama mengekspresikan perasaan serta menggunakan sebanyak mungkin warna yang kamu inginkan untuk mengeluarkan perasaan itu. Apa saja bisa dilukis. Orang-orang yang terlibat dalam masalah tersebut, bentuk-bentuk yang melambangkan, tempat, serta hal-hal lain yang membantu mengekspresikan konflik yang sedang terjadi.

            Kesimpulannya ada banyak cara untuk membebaskan bakat seni yang terpendam dalam diri kita hanya saja kita tidak tahu melepaskan ikatan tersebut sehingga kita hanya bisa beranggapan kalau kita tidak memiliki bakat seni. Sekarang pikiran anda sudah terbuka kan, jika sudah cobalah kegiatan-kegiatan di atas sehingga pikiran negatif tadi tidak benar dan robahlah ke hal yang lebih positif dengan pemikiran yang dewasa.

              Mungkin hanya ini saja sahabat kreatif tipsnya. Ke depannya akan membagikan hal-hal yang lebih menarik lagi. Terima kasih dan selamat mencoba.

Salam Kreatif !!!



Huslein Slash
Location: Aceh, Indonesia

0 comments:

Post a Comment