Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

11 May 2016

Tips Untuk Menjadi Artis atau Seniman

Banyak orang berpikir artis atau seniman ialah orang yang hanya sering muncul di televisi. Seperti sinetron, layar lebar, maupun panggung. Kata artis juga berarti orang-orang yang terkenal di yang dikenal banyak orang. Sebenarnya siapa saja bisa jadi seorang artis dan jika kamu mau kamu juga bisa menjadi seorang artis.

         Menjadi seorang artis tidaklah susah seperti yang kita pikirkan, walaupun kita tidak bisa muncul di televisi, setidaknya kita bisa menjadi artis untuk diri sendiri, artinya jiwa kreatif akan membawa kita menuju kreativitas, makanya diharuskan menggemari kesenian. Menciptakan karya seni seperti kerajinan tangan, lukisan, musik adalah suatu cara terbaik mendatangkan perasaan kreatif. Kita tidak perlu menjadi seniman professional, bukan tak perlu menciptakan sesuatu yang bisa dipamerkan kepada orang lain. Intinya adalah dengan melibatkan diri secara aktif dalam salah satu cabang kesenian, berarti kita sudah mengambil langkah penting menuju kehidupan kreatif.

     Jika kita belum pernah mencoba menyelami kesenian atau main music secara serius, pertimbangkan manfaat kesenian bagi bermacam-macam kegiatan kreatif. Kehidupan seni itu asyik loh. Kesenian pun bisa membantu kita dalam hal-berikut.
  • Membebaskan diri dari kekangan dan mengembalikan rasa kesenangan paling dasar
      Kebanyakan kegiatan seni memang membuat kita meninggalkan peraturan-peraturan yang menguasai hidup ini, seperti tata tertip dan kerapian. Karena seni itu bebas tanpa berpatokan pada peraturan. Beberapa jenis kesenian tampaknya berantakan, misalnya ketika kita membuat kerajinan tangan dengan tanah liat atau melukis dengan cat minyak, badan kita akan menjadi kotor, demikian pula benda-benda di sekitar kita. Akhirnya ketertiban jadi terlupakan dan kita akan menuruti gerak hati kreatif. Namun walaupun begitu seorang seniman akan menjalani proses seperti ini dengan senang hati.

          Saat pertama saya mencoba kehidupan seni itu merupakan hal yang tak pernah kulupakan, saya pernah memerankan tokoh orang gila di jalan raya dengan baju sobek dan berlumpur, saya mengelilingi kota sampe 1 km dengan peran sebagai orang gila. Setahun kemudian,  di suatu acara pameran seni  tubuh saya pernah di body painting dengan cat dan menjadi pajangan di sebuah stand seni. Begitu juga tahun-tahun berikutnya. Saya selalu tidak pernah merasa malu, malah itu merupakan suatu kesenangan yang tak pernah di dapatkan orang lain, saya tidak pernah mengkuatirkan penampilan jelek saya di muka public bahkan pendapat orang lain. Saya merasa seperti kembali lagi ke masa anak-anak yang begitu menyenangkan.

         Begitulah sahabat kreatif, itu merupakan salah satu cara membebaskan diri dari kekangan, yaitu mengembalikan kesenangan hati dan proses.
  • Belajar memandang sesuatu dari sudut pandang berbeda.
      Ketika menciptakan karya seni sendiri, kita harus memandang segalanya dengan cara yang berbeda, tidak seperti pandangan orang biasanya yang tidak memiliki jiwa kreatif. Kita akan sadar bahwa tak terhingga banyaknya cara menggambar sebuah benda atau memainkan sebuah lagu, dan kerajinan tangan dengan benda apa saja, dan semua orang punya pilihan sendiri yang berbeda-beda dalam hal perspektif, warna, ukuran, bentuk, serta banyak lagi hal tersebut tergantung kenyamanan melakukannya.

       Pikirkan beragam cara melukis tubuh manusia, pemandangan, bahkan satu tumpukan buah. Ketika berperan sebagai seniman, kita akan mendapatkan kemungkinan tak habis-habisnya dalam menafsirkan dunia sekitar, serta belajar mengekspresikan seni dengan cara yang paling mengena dalam hidup anda.
  • Menjelajahi Fantasi, khayalan, dan impian
         Lewat karya seni atau musik buatan sendiri, kita bisa melepaskan semangat kreatif dalam diri. Warna, bunyi, dan rasa suatu bahan atau instrument berhubungan langsung dengan jiwa. Begitu juga bagi seorang pelukis, dengan banyaknya fantasi mereka bisa memvisualisasi bentuk khalayan atau impiannya sehingga bisa membuat apa yang dilihatnya dalam mimpi tersebut. Seni sering muncul dari gagasan-gagasan, bahkan gambaran-gambaran ganjil, yang timbul dari fantasi, lamunan, dan impian. Seperti yang kita lihat dalam lagu bondan prakoso dan fade to black yang berjudul “hidup berawal dari mimpi”.
  • Menetapkan Ciri Khas
          Sebagai contoh, pada saat kita mulai melukis, memahat, atau memotret, kita menyadari bahwa kita sendirilah yang membuat semua peraturan. Kalu ingin membentuk wajah yang memiliki tiga hidung atau 4 mata, memotret gambar secara miring, ke atas ke samping, tegak, maupun melayang. Itu semua taka da yang bisa menghalangi kita. Setelah puas melakukan hal sesuai dengan kehendak, lambat laun kita akan menolak kaidah serta kebiasaan umum demi menemukan sumber kreativitas sendiri. Sumber inilah yang akan membimbing cara berpikir dalam usaha-usaha yang lain.
  • Relaks dan menghilangkan ketegangan
Terjun ke dalam bidang kesenian, baik itu music, lukis, maupun kerajinan tangan lebih bisa menenangkan dibanding dengan aktivitas seperti membaca buku atau menonton televise. Lewat proses pembuatan sebuah karya seni, pikiran terbebas dari segala kekhawatiran dan kita dengan sendirinya larut dalam kenikmatan pekerjaan tersebut. Melukis ialah sebagai sarana rekreasi dan untuk memberikan inspirasi bagi pemikiran kita, melepaskan diri dari tekanan-tekanan.
  • Menyingkirkan persoalan-persoalan yang mengganggu kreativitas
Selain itu, seni dapat berfungsi sebagai terapi atau perawatan pribadi, yaitu untuk menyesaikan masalah-masalah yang menyusahkan. Seni juga dapat digunakan untuk mengatasi perasaan seperti sedih, marah, atau bingung. Pada intinya, kita mengungkapkan perasaan lewat karya seni, dan pengungkapan itu akan membawa kita pada terobosan-terobosan kreatif dalam bidang kehidupan yang lain. Tiap bentuk seni menghasilkan jenis terapi yang berbeda. Sebagai contoh, anda mungkin merasa bahwa bermain drum, melukis dengan jari, ataupun kolase (menyusun gambar dari potongan-potongan kertas) akan membantu melenyapkan amarah, sedangkan kegiatan lainnya, seperti menganyam, merajut, bermain tanah liat dapat menghibur hati serta menghilangkan kekusutan pikiran.
  • Menyadari pentingnya proses, bukan hasil.
Apabila kita sudah sungguh-sungguh menghayati karya seni sendiri, kita akan melakukannya demi kesenangan pribadi, bukan untuk menyenangkan orang lain atau untuk mencapai hasil tertentu. Kita tidak berorientasi pada tujuan akhir, tetapi pada proses pembuatan karya seni tersebut. Bukannya menggambar untuk menciptakan lukisan yang indah, atau bermain music untuk memainkan lagu secara bagus, sebaliknya kita belajar untuk bereksperimen, melakukan percobaan, dan merasa gembira dengan apa saja yang kita lakukan. Pikiran akan terfokus pada tindakan, bukannya hasil akhir.
Sayang sekali, banyak orang menghindari seni kareana sejak dulu mereka berkata pada diri sendiri bahwa mereka tidak mampu dibidang seni. Biasanya, keengganan tersebut timbul dari pengalaman masa lalu di sekolah karena perhatian lebih difokuskan pada hasil akhir daripda pengalaman kreatif itu sendiri. Karya seni kita sering dikritik ataupun dibandingkan dengan karya orang lain. Sehingga kita akan merasa tidak akan pernah berhasil seperti mereka. Julia Cameron dalam the artist’s way, “kreativitas tidak terletak pada hasil jadi, tetapi pada proses” dan menurut John Pearson, seniman professional yang juga guru seni corat coret, kreativitas ”tidak dilihat dari pelaksanaannya, tetapi dari penjelajahan menuju kesana”.

Saya sedikit ingin bercerita tentang kemampuan menggambar yang saya miliki. Saya bukanlah orang yang sudah bisa atau suka menggambar sejak kecil. Dari kecil menggambar adalah hobi yang paling membosankan, dengan berduduk diam sampe berjam-jam itu membuat saya hilang waktu bermain. Oleh karena itu waktu kecil saya lebih suka bermain dengan teman-teman daripada menggambar. Saya menyukai seni lukis ini Cuma beberapa tahun terakhir ini. Pertama sekali saya punya banyak teman yang hobi di bidang kesenian, baik itu music, teater, maupun seni rupa. Setiap kali teman menghasilkan karya lukisnya. Saya sangat menyukai hasil tersebut. Sehingga rasa suka tersebut malah mendorongku untuk mencoba bukannya menikmati.

Pertama-tama saya hanya melihat setiap kali prosesnya dan itu sangat membuatku penasaran. Dia berkata. Kenapa cuma lihat saja, ini kertas dan pensil. Dia segera memberiku selembar kertas dan sebatang pensil beserta penghapus. Saat itu sungguh saya terkejut karena saya tidak bisa menggambar dan tidak punya ide sedikit pun mau menggambar apa. Namun satu nasehat yang saya terima dan telah menjadi sumber motivasiku yaitu “kalau kamu tidak punya ide untuk menggambar, gambarlah apa yang kamu lihat di sekitarmu” mulai saat itu saya pun mulai mencoba dan terus mencoba mendalami seni menggambar atau coret-coret. Hari demi hari pun kritikan orang sangat pedas terdengar di telinga saya yang mungkin saja mematahkan semangat saya untuk belajar, namun saya punya prinsip untuk tidak setengah-setengah jika ingin menyelami sebuah bidang oleh karena itu saya banyak belajar dari internet seperti youtube ataupun web. Saya melajar satu persatu tentang cara menggambar. Sebulan hingga tiga bulan gambar yang kubuat belum ada yang bagus dan masih banyak cacian yang saya terima, saya berpikir itulah proses dan saya tidak akan berubah pikiran untuk mewujudkan impian saya menjadi seorang pelukis.

Setalah lima bulan belajar barulah saya menemukan titik terang atas apa yang saya buat dan itu pastinya membuat saya tambah bersemangat menjalaninya dan begitu pun pembimbing saya yang sudah mulai melontarkan pujiannya kepadaku. Dan sampai sekarang alhamdulillah saya sudah bisa menggambar realistic dan ini bukan akhir perjuanganku tetapi merupakan awal bagi kreativitas diriku.

Oke sahabat kreatif, mungkin saya terlalu banyak bercerita. Intinya jangan hanya ingin mendapatkan hasil yang bagus, namun nikmati dulu proses, kritikan, cacian, barulah kita bisa merasakan betapa indahnya proses tersebut. Jangan pernah menyerah dan lakukan sesuatu yang kamu suka sampai tuntut, sehingga tidak berhenti di tengah jalan.

Cukup sekian dulu sahabat kreatif, semoga bermanfaat bagi sahabat. Selanjutnya saya akan berbagi post yang lebih menarik lagi. Terima kasih
Salam Kreatif!!!


Huslein Slash

0 comments:

Post a Comment