Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

06 May 2016

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Sebelumnya, saya sudah menjelaskan hal yang membuat kita menjadi Percaya Diri. Jika Rasa percaya diri sudah ada dalam diri kita, ada baiknya harus ditingkatkan lagi supaya lebih optimal. Oleh karena itu, kali ini saya akan menjelaskan sedikit tips bagaimana cara meningkatkan Percaya diri.

Seperti yang kita ketahui menjadi orang PD memang Asyik, tapi kalau rasa PD itu sudah terlanjur hilang, apa yang harus kita lakukan? Di bawah ini ada beberapa tips yang akan membuat percaya diri meningkat.

· Giat mencari ilmu yang bermanfaat, darimana pun sumbernya, pernyataan ini sama dengan pepatah arab yang artinya “Tuntut lah ilmu sampai ke negeri china”. Untuk itu, kita perlu bersikap fleksibel. Kita tidak akan pernah tahu ilmu mana yang nantinya akan bermanfaat bagi diri kita, jadi kita harus mencari dan menggali lagi ilmu yang akan kita pelajari.

·   Mengamalkan ilmu yang kita miliki. Setiap ilmu yang kita miliki senantiasa harus kita amalkan. Karena ilmu yang tidak diamalkan itu ibarat pisau belati yang tidak pernah diasah. Pada akhirnya hanya tumpul dan berkarat, tentunya anda tahu maksud dari kata ini.

·   Menjadi orang yang tepat di waktu yang tepat. Untuk itu, kita harus berusaha mendalami kemampuan tertentu sehingga menjadi spesialisasi dan profesional. Kemampuan itu akan berguna nantinya saat dibutuhkan, selain itu akan membuat kita selalu siap dalam menghadapi berbagaia macam kemungkinan.

·  Memperbaiki konsep diri. Islam mengajarkan supaya agar setiap muslim mendalami ilmu agama dan mengamalkannya. Dari sana, terciptalah keimanan. Jika keimanan semakin dalam, maka akan lahir konsep diri islami di dalam diri kita. Iman membuat kita selalu berpikir positif  terhadap diri sendiri dan tetap menyadari kelemahan-kelemahan yang kita miliki.

·  Membuat peta diri. Caranya antara lain ialah kita harus mengevaluasi setiap kekuatan, kelemahan, hambatan, dan ancaman, terhadap diri kita.

·  Berpikir positif, bersikap optimis, dan tahan kritik.
· Mengikuti event-event kompetensi, sebagai ajang pembuktian diri terhadap kemampuan yang kita miliki. Tidak harus menjadi juara, karena itu bisa menambah rasa PD

· Menjadikan kegagalan sebagai bahan evaluasi atau intropeksi diri. Setiap dari kita pasti pernah mengalami kegagalan bahkan ada yang berlipat ganda karena itu wajar, tidak ada manusia yang sempurana di dunia ini. Namun, jangan sesekali menjadikan kegagalan itu membuat anda semakin terpuruk dan kebalikannya. Pahami terlebih dahulu apa yang membuat anda gagal kemudian memperbaiki setiap kekurangannya. Bangkitlah dan coba lagi tanpa ada rasa menyerah.

· Berinteraksi dengan orang lain. Ada kalanya potensi diri kita baru terpantau setelah kita menjalin hubungan dengan orang lain. Semakin beragam orang yang kita jumpai, semakin besar pula sisi kehidupan kita yang akan terpetakan. Oleh karena itu kita tidak boleh meremehkan orang lain seperti apapun dia. Di dalam segala sesuatu, pasti ada hal yang istimewa. Yeah mana tahu kita bisa belajar dari diri tentang keterampilannya yang tidak dimiliki orang lain.

·      Membangun pesona diri. Pesona ialah daya tarik terhadap diri kita oleh orang lain. Ini tersusun oleh pesona ragawi, pesona akal, dan pesona hati. Hal tersebutlah yang membuat ketertarikan terhadap diri kita. Orang bijak berkata “lingkungan hidup hidup kita adalah cermin diri kita. Jika ingin kondisi sekitar kita baik, maka kita perlu memulainya dari diri kita sendiri


   Percaya diri itu berasal dari dalam diri. Karena keberhasilan meraih Percaya diri juga berarti berhasil mengendalikan suasana hati. Maka kita juga memiliki kesempatan untuk mengendalikan suasana lingkungan sekitar. Itu semua berkat pengaruh kekuatan positif dalam diri kita.

0 comments:

Post a Comment