Blog ini Membahas tentang kreativitas seni seperti kerajinan tangan, ide kreatif, tutorial menggambar dan motivasi untuk untuk menjadi kreatif dan percaya diri. Salam Kreatif !!!

05 May 2016

Hal-hal Yang Bisa Membuat Percaya Diri (PD)

Kata Percaya Diri tidak asing lagi di telinga kita. Orang-orang jaman sekarang menyebutnya dengan dengan istilah PeDe. Pede adalah kebalikan kata minder, pastinya sudah tahu kan? Yaitu menganggap diri kita lemah dan memiliki kekurangan dari orang lain. Baik itu dari segi kemampuan, ketrampilan dan juga penampilan. Rasa percaya diri senatiasa harus selalu ada dalam diri kita supaya kita bisa mengutarakan sesuatu yang kita anggap benar dan melakukan sesuatu tanpa rasa takut atau pun malu. Karena seperti yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya, sikap malu-malu atau sok gengsi hanya akan membelenggu diri kita.

           Percaya diri (PD) adalah perasaan yakin terhadap kemampuan yang kita milki. Perasaan ini lahir dari hasil pengolahan terhadap sikap mental kita, dan berhubungan erat dengan konsep diri kita. Konsep diri artinya ialah bagaimana cara kita menganggap diri kita, nilai diri kita, dan mengetahui siapa kita. Itu lah gunanya kita intropeksi diri kita terhadap batas kemampuan yang kita miliki.

             Ada 3 unsur yang menyusun konsep diri berdasarkan hasil kutipan saya. Yang pertama adalah Diri ideal. Diri ideal merupakan gambaran diri kita yang ideal. Misalnya Rival, berharap suatu saat dia bisa menjadi gitaris hebat seperti idolanya John Petrucci (gitaris band Dream Theater).  Oleh karena itu, pastinya ia akan berusaha semampunya untuk mewujudkan keinginannya tersebut, latihan sungguh-sungguh dan terus mencoba mengoptimalkan kemampuannya. Setiap orang boleh-boleh saja memiliki idola masing-masing dan itu sangat wajar, melalui idola kita bisa mendongkrak motivasi untuk lebih maju dan hebat. Namun sudah selayaknya, setiap muslim seperti kita mengidolakan Rasulullah SAW. Di atas idola-idola kita yang lain.
            
       Yang kedua ialah Citra Diri atau dalam bahasa inggris self image, merupakan cara kita memandang diri kita sendiri. Coba renungkan, kita pasti pernah merasa diri kita itu belum mencapai tingkat yang kita idam-idamkan. Kita belum sukses menggeluti suatu bidang dan merasa kemampuan kita seperti itu aja. Santai aja broo! kita tidak sendiri, jadi jangan berkecil hati. Orang lain, bahkan orang-orang besar juga pernah mengalami hal seperti yang kita alami sekarang ini. Yang terpenting ialah jangan menyerah dan mau berusaha untuk menjadi lebih baik. Insya Allah pasti bisa mewujudkan keinginan kita.

            Sambil menyadari kekurangan-kekurangan yang kita miliki, kita tetap harus berpikir positif terhadap diri kita. Kalau tidak, kita akan selalu merendahkannya. Sudah pasti ujung-ujungnya kita akan terpuruk ke dalam kemalasan dan menyerah ada keadaan. Kalau bukan kita yang merubahnya siapa lagi coba. Ayo kawan-kawan ini saatnya kita berubah.

Dan yang ketiga ialah Harga Diri. Ini merupakan seberapa suka kita terhadap diri kita sendiri. Setiap kita memiliki harga diri dan harga diri harus selalu dijaga agar tidak diinjak-injak oleh lain. Harga diri yang kita miliki tadilah yang akan mendorong kita untuk bersikap rendah hati. Jikalau kerendahhatian sudah menyelimuti diri kita, kita akan menyadari bahwa kemampuan kita hanyalah karunia Allah SWT semata. Kita pun wajib untuk mengimani_Nya karena yakin bahwa allah akan senantiasa bersama kita, kapan dan dimanapun kita berada.

Harga diri juga bisa membuat kita tetap tanggung menghadapi rintangan apapun. Kita tidak takut kepada orang lain. Setiap kita itu sama di mata Allah, hanya ketaqwaan lah yang membedakan setiap manusia. Jika kita telah berusah bertaqwa, untuk apa takut kepada sesama makhluk ciptaannya. Namun kita diharuskan untuk menjaga etika, saling menghormati dan menghargai sesama.

Nah, sekarang kita sudah tahukan hal apa yang membuat kita menjadi percaya diri. Tapi kalau sudah PD kita bisa apa? Apa yang yang bisa kita lakukan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang kalau kita sudah PD
  • Setiap dari kita pasti pernah ingin menyampaikan sesuatu maksud kepada orang lain. Mengungkapkan perasaan pada seseorang, memberikan pendapat, baik itu pada sedikit orang maupun massa. Percaya Diri akan membuat kita lebih mudah untuk menyampaikannya. Karena respek dan berpikir positif terhadap sikap kita yang meyakinkan, maka mereka akan lebih mudah percaya terhadap penyampaian kita.
  • Percaya diri membuat kita mkengusahakan agar kebaikan ada dalam diri kita. Kita selalu berusaha intropeksi diri, yaitu menutup kekurangan dan memaksimalkan setiap kebaikan.
  • Selanjut Percaya Diri akan memperkuat daya tahan kita terhadap berbagai macam rintangan, tidak takut dan tegar melakukan apapun. Selain cara berpikir yang kuat, kita juga memiliki daya kendali terhadap berbagai macam keadaan dan aspek-aspek kehidupan. Daya kendali ini membantu kita untuk lebih berpikir jernih dalam mengatur tujuan hidup sehingga kita bisa mencapai keberhasilan.

Manfaat Percaya Diri

      Percaya Diri memiliki beberapa manfaat, diantaranya:
  • Menjalani hidup dengan semangat
  • Berani menerima tantangan, apapun konsekuensinya
  • Berani berbeda dengan orang lain, jika hal tersebut bermanfaat
  • Memiliki sifat suka membantu orang lain sekaligus berani berkata tidak jika memang ingin       mengatakannya
  • Mandiri, yaitu berusaha memaksimalkan kemampuan diri sendiri dahulu sebelum meminta       bantuan kepada orang lain.
  • Memilki fisik kuat dan mental tahan banting, perasaan yang selalu rileks dan ceria membuat daya tahan tubuh menjadi kuat
  • Orang PD cenderung lebih sukses dibandingkan dengan orang yang tidak PD

         Intinya, Percaya Diri itu asyik kan? Jadi untuk apa harus minder kalau kita bisa melakukannya. Oleh karena itu jangan pernah takut akan sesuatu. Pede aja keles.

         Itu lah Hal-hal yang membuat kita Percaya diri. Banyak cara-cara untuk meningkatkan percaya diri, namun akan kubagikan di postingan yang akan datang.
Baca Juga : cara meningkatkan percaya diri

Salam Kreatif !!!


Huslein Slash

0 comments:

Post a Comment